BerandaTeknoTujuan dan Fungsi dari Teknologi Informasi

Tujuan dan Fungsi dari Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan sebuah teknologi yang sangat berkaitan dengan zaman, teknologi ini pun membantu bidang-bidang lain untuk menjalankan tugasnya dan layak dikembangkan.

Maka akan sangat perlu untuk mengembangkan teknologi informasi dengan menghadirkan inovasi cerdas.

Saat teknologi informasi berkembang pesat, maka negara tersebut akan semakin maju.

Implementasi, studi perancangan, dukungan, managemen sistem informasi berbasis komputer serta pengembangan merupakan pengertian teknologi informasi secara umum.

Dari yang tercantum di Wikipedia, bahwa teknologi informasi merupakan sebuah istilah untuk membantu manusia dalam mengubah, membuat, menyimpan, mengkomunikasikan, dan menyebar informasi.

Kemudian daripada itu, teknologi informasi berfungsi sebagai pengolah data, pemroses data, memperoleh, menyimpan, menyusun, mengubah data agar tercapai informasi yang bermanfaat juga berkualitas.

Fungsi lainnya dari teknologi informasi adalah pemecahan suatu masalah, meningkatkan efektivitas, membuka kreativitas, serta efisiensi dalam aktivitas sehari-hari manusia.

Apa Saja Tujuan dari Adanya Teknologi Informasi?

Teknologi informasi terdiri dari fasilitas berupa hardware dan software agar tingkat kualitas informasi bagi masyarakat terdukung dengan baik serta cepat dan berkualitas.

Hadirnya teknologi informasi bukan hanya penting sebagai alat komunikasi via elektronik.

Melainkan sebuah perangkat yang harus ada dalam bisnis sebagai sarana untuk berkoordinasi dan mengarsip dokumen penting.

Pemecahan suatu masalah, meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja serta membuka kreativitas merupakan tujuan utama adanya teknologi informasi di sekitar kita.

Diciptakannya teknologi informasi adalah sebuah keleluasaan untuk meningkatkan efektivitas kerja, meningkatkan efisiensi kerja agar tercapai suatu hasil yang diimpikan.

Teknologi informasi juga bertujuan untuk membuat pekerjaan yang tadinya sulit menjadi lebih mudah, yang tadinya lambat menjadi lebih cepat, tentunya menghemat waktu dan tenaga.

Teknologi ini menjadi sebuah solusi, kreativitas, efektivitas, efisiensi yang amat dibutuhkan seluruh kalangan terutama pekerjaan.

Teknologi informasi juga sangat bermanfaat di kehidupan manusia sehari-hari, dan merupakan sebuah penunjang kehidupan yang lebih baik karena teknologi ini dapat membantu aktivitas menjadi lebih efisien dan efektif.

Berdasarkan kebutuhan manusia di kehidupan sehari-hari, teknologi informasi digolongkan menjadi beberapa manfaat.

Manfaat pertama adalah di jenjang pendidikan, adanya teknologi informasi membuat siswa siswi yang bersekolah serta mahasiswa yang tengah kuliah membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan terorganisir.

Sarana yang memberi kemudahan dan menumbuhkan kreativitas siswa atau mahasiswa ini layak dikembangkan dan disebarluaskan.

Di bidang manufaktur dan industri, teknologi informasi sangat membantu dalam perancangan desain sebuah produk yang dikeluarkan pada industri serta bisa mengontrol mesin produksi dengan ketepatan yang amat baik.

Dengan begitu, hasil yang dihasilkan akan jauh lebih banyak dibandingkan memakai tenaga manusia, selain hasil pengerjaan menjadi lebih cepat.

Di bidang militer, teknologi informasi sangat berguna untuk navigasi pada keadaan mendesak contoh kapal selam, pengendalian pesawat luar angkasa dengan kemudi atau tanpa kemudian atau berbagai akses saat berada di keadaan yang sangat genting.

Di bidang bisnis dan perbankan, penting dalam membantu transaksi, menyimpan file penting atau berkas yang lebih aman serta membuat sistem perbankan jadi lebih maju.

Akses untuk mencapai juga terbatas serta terkontrol dengan baik. Di bidang kedokteran, teknologi ini juga bermanfaat sebagai pengambilan gambar semua organ tubuh dengan komputer.

Untuk pemerintahan, teknologi dapat diaplikasikan ke dalam pengolahan sebuah data atau informasi yang ditujukan kepada masyarakat luas.

Juga dapat menambah ikatan hubungan antar pemerintah dan masyarakat, juga keadaan suatu daerah tertentu dapat diketahui dengan cepat karena menggunakan teknologi.

Dalam pengetahuan dan teknik, teknologi informasi dapat digunakan sebagai pembelajaran struktur tanah, angin, dan cuaca juga dapat membantu dalam proses hitung menghitung.

Akses ilmu pengetahuan juga dapat diakses dengan mudah melalui internet.

Apa Saja Fungsi dari Adanya Teknologi Informasi?

Penerapan teknologi informasi adalah sebagai pengelolaan informasi yang menjadi bagian penting karena tingkatan kompleksitas dari tugas managemen, pengaruh ekonomi internasional, response time, dan berbagai tekanan dari persainan bisnis.

Berikut adalah fungsi dari adanya teknologi informasi dan mengapa teknologi informasi diciptakan.

Processing and Capture

Capture atau menangkap, merupakan fungsi teknologi informasi yang berguna sebagai penginputan data.

Penerima input data dapat bermacam-macam, dari keyboard, mic, scanner dan lain sebagainya.

Fitur capture telah familiar dipakai untuk menyimpan informasi termasuk dokumen, tugas sekolah, atau file penting lainnya.

Processing adalah fungsi teknologi informasi yang mengkompilasikan catatan rinci aktivitas, misal menerima data input dari scanner, mic, keyboard dan lain sebagainya.

Adanya fitur ini mengolah file atau data akan jadi lebih mudah.

Data yang diterima tersebut akan menjadi sebuah informasi baik di masa depan atau masa sekarang.

Ditinjau dari bentuk pengolahan atau pemrosesan data yang dapat berupa analisis kondisi, kalkulasi atau perhitungan, penggabungan atau sintesis, pengubahan data ke bentuk yang lain atau konversi. Fitur processing akan mempermudah user.

Generating and Storage

Teknologi di zaman sekarang berperan sebagai alat yang berguna untuk mengorganisir suatu informasi ke dalam bentuk terarah dan mudah dipahami, inilah fungsi teknologi yang bernama generating.

Generating dapat mengolah informasi dalam bentuk grafik dan tabel. Fungsi generating membuktikan bahwa teknologi memiliki peran penting di kehidupan.

Ditinjau dari fungsi penyimpan atau storage, teknologi informasi bersungsi sebagai perekam, penyimpan data dan informasi dalam suatu media yang biasa dipergunakan untuk keperluan lainnya.

Media penyimpanan yang biasa dipakai adalah tape, disket, CD, dan hardisk.

Retrieval and Transmission

Pencari kembali atau retrieval merupakan fungsi teknologi informasi yang berguna untuk penelusuran, mendapat kembali informasi yang hilang, menyalin data dan informasi yang tersimpan.

Di antaranya adalah mencari supplier yang telah lunas.

Pada satu kesempatan, data yang telah tersimpan akan sulit untuk ditemukan karena berbagai faktor salah satunya data yang terlalu banyak. Fungsi retrieval juga memudahkan user dan menghemat waktu.

Fungsi teknologi informasi lainnya adalah transmission, fungsi ini berguna untuk mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer.

Misalnya pengiriman data ke orang lain, jika menggunakan fungsi ini maka tidak perlu repot menyalin banyak data, cukup membagikannya atau sharing saja.

Hardware, software dan brainware (kecerdasan user), data, pengetahuan dan informasi merupakan komponen yang digunakan dalam teknologi informasi.

Satu kesatuan tersebut adalah bentuk perwujudan teknologi informasi.

Dampak positif yaitu berguna untuk hiburan dan permainan (pembuatan animasi, periklanan, audiovisual agar sarana hiburan lebih maju).

Hingga berdampak positif pada kasus kriminal, pelanggaran yang dilanggar oleh kriminal dapat mudah diatasi.

Apabila ada dampak positif tentu akan ditemukan dampak negatif, tidak sedikit dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya teknologi informasi yang tengah berkembang saat ini.

Hadirnya teknologi informasi berdampak negatif salah satunya pada kejiwaan seseorang, cyber bullying salah satu hal yang perlu dikecam dan patut dipermasalahkan di kehidupan.

Hal ini sangat berbahaya bagi mental anak-anak bangsa, pengguna teknologi juga harus menyikapi dengan bijak untuk menghindari dan mengatasi dampak negatif.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer