BerandaMovieTips Tingkatkan Skill Berbahasa Inggris dengan Menonton Film

Tips Tingkatkan Skill Berbahasa Inggris dengan Menonton Film

Bagi Anda yang saat ini telah mahir berbahasa Inggris, baik itu secara aktif maupun pasif tentunya akan setuju jika dikatakan bahwa belajar bahasa Inggris cukup mudah. Namun berbeda lagi bagi Anda yang sampai saat ini masih belum bisa bahasa Inggris.

Berbagai cara telah Anda lakukan untuk menguasai bahasa Inggris, baik dari segi grammar, tenses maupun vocabulary. Namun pasti beberapa dari Anda sekali pun telah melakukan kursus sekian lama masih juga merasa tidak mahir dalam berbahasa Inggris secara aktif.

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tahun 2021 Beserta Sinopsisnya

Mengenai kenapa Anda masih belum bisa mahir bahasa Inggris, mungkin itu disebabkan oleh cara belajar Anda yang kurang tepat sehingga Anda merasa bosan dan kurang berkonsentrasi. Oleh karena itu Anda perlu membuat proses belajar tersebut lebih menyenangkan agar Anda lebih mudah dalam menyerap pelajaran.

Anda bisa belajar secara otodidak untuk menguasai bahasa Inggris. Yaitu dengan cara Anda menonton film. Namun Anda tidak hanya sekedar nonton saja, di sini ada teknik-teknik khusus yang perlu Anda lakukan, supaya Anda bisa mahir bahasa Inggris dengan hanya melihat atau menonton film. Berikut adalah tips meningkatkan skill berbahasa Inggris melalui film :

Apa saja tips yang perlu dilakukan untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris dengan menonton film?

Pilih film kartun

Tips pertama yang perlu Anda lakukan yaitu pilihlah jenis film kartun. Banyak film kartun yang bisa Anda pilih dan cukup bagus untuk ditonton. Terlebih jika memang Anda mulanya memang sangat suka kartun, maka hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Mengenai alasan kenapa lebih disarankan menggunakan film kartun, yaitu karena film kartun umumnya menggunakan jenis dialog yang masih sederhana, karena memang film ini ditujukan untuk penonton anak-anak.

Sehingga Anda akan sangat cocok untuk menggunakan film ini guna meningkatkan skill bahasa Inggris Anda. Dengarkan dengan saksama percakapan yang terjadi di dalam film. Usahakan Anda fokus dalam melakukannya.

Gunakan subtitle bahasa inggris

Tips selanjutnya yaitu gunakan subtitle berbahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan antara kalimat yang terucap oleh para tokohnya dengan yang ada pada subtitle bahasa Inggris tersebut.

Dengan melakukan ini Anda akan mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu Anda akan tahu bagaimana cara penulisan kata bahasa Inggris serta Anda juga akan mengetahui bagaimana pelafalan yang benar untuk kata-kata dalam bahasa Inggris.

Jangan lupa pula sertakan subtitle bahasa Indonesia sehingga dengan begitu Anda tidak akan kebingungan mengenai apa arti dari suatu kalimat yang kebetulan Anda tidak pahami. Biasanya suatu film akan memiliki banyak subtitle dari beragam bahasa yang disediakan. Terlebih jika film tersebut termasuk film box office maka Anda akan mudah mendapatkan subtitlenya.

Tonton film berulang-ulang

Tips berikutnya untuk meningkatkan skill bahasa Inggris Anda menggunakan media film yaitu dengan cara menonton film yang sama secara berulang-ulang. Jadi semisal saat ini Anda telah menonton film kartun dengan judul A, maka upayakan Anda menonton film kartun tersebut sekali lagi di lain waktu.

Dengan Anda menonton berulang-ulang tersebut, otomatis secara tidak sadar Anda akan mulai hafal dengan dialog-dialog yang dilakukan oleh para tokoh di dalam film tersebut.  Saat Anda sudah mulai hafal dengan dialognya.

Anda bisa mulai menonton film kartun itu tanpa menggunakan subtitle sama sekali. Dengan begitu kosa kata bahasa Inggris Anda otomatis akan bertambah sehingga hal itu juga akan meningkatkan skill Anda dalam berbahasa Inggris.

Ingat bagian punch line

Tentunya dari setiap film akan memiliki bagian punch line. Bagian ini akan otomatis mudah teringat di otak kita. Oleh karena itu saat Anda menonton film dengan tujuan untuk memperdalam bahasa Inggris Anda, maka Anda perlu memperhatikan punch line dari film tersebut.

Perbendaharaan kosakata Anda akan semakin bertambah dengan Anda mengingat hal tersebut. Terlebih jika Anda termasuk salah satu orang yang gemar sekali update di media sosial.

Karena tentunya bagian punch line dari film akan selalu menarik untuk dijadikan status media sosial. Hal ini memang terkesan remeh namun percayalah ini dapat membuat Anda semakin mahir dalam bahasa Inggris.

Perhatikan Percakapan

Menonton film dengan tujuan untuk memperkaya kosa kata serta memperdalam kemampuan bahasa Inggris Anda maka yang perlu diperhatikan dengan betul-betul adalah percakapan atau dialog yang terjadi antara para tokoh dalam film yang tengah Anda tonton.

Sebab dengan memperhatikan dialog-dialog para tokoh itu otomatis Anda akan sering menemui kata-kata baru yang tidak pernah Anda dengar sebelumnya. Dengan memperhatikan dialog tersebut selain juga dapat memperkaya kosakata Anda, juga dapat mempelajari bagaimana cara pelafalan yang benar.

Pelafalan dalam bahasa Inggris adalah hal yang sangat krusial. Karena jika Anda salah mengucapkan suatu kata, bisa saja kata tersebut nantinya akan memiliki arti yang jauh berbeda dari yang Anda maksud sebelumnya.

Tirulah gaya para tokoh tersebut dalam mengatakan suatu kalimat bahasa Inggris. Sedikit demi sedikit pastinya nanti Anda akan mulai terbiasa.

Mengapa harus menonton bersama teman?

Tonton bersama teman

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu tontonlah film tersebut bersama dengan kolega, sahabat, pasangan ataupun keluarga Anda. Dengan menonton film bersama mereka tentunya Anda akan bisa melakukan diskusi.

Anda bisa melakukan diskusi soal jalan cerita, latar, tokoh, pesan yang ingin disampaikan oleh film tersebut atau mungkin soundtrack yang digunakan dalam film itu.  Anda juga bisa menanyakan mengenai dialog-dialog yang Anda kurang pahami pada saat diskusi tersebut.

Baca juga: Perlu Anda Ketahui! Dampak Positif dan Pengaruh Buruk Menonton Film

Sehingga ketika ada seseorang yang merasa paham, dia dapat menjelaskannya kepada Anda. Hal tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif. Selain Anda bisa mempererat hubungan bersama teman-teman Anda, hal itu juga dapat meningkatkan skill berbahasa Inggris Anda.

Pastikan Anda mencatat

Crop shot of woman taking notes in notepad sitting at desk with laptop and calculating machine

Tips selanjutnya yang tak kalah penting untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris Anda dengan menonton film yaitu jangan lupa untuk mencatat. Anda perlu siapkan buku serta bolpoin, lalu Anda catat apa saja kata-kata atau kalimat yang menurut Anda cukup sulit untuk dipahami.

Dengan melakukan hal ini bisa dibilang Anda tengah menabung perbendaharaan kata supaya semakin banyak dan variatif. Anda tidak perlu malu untuk membawa catatan tersebut ke manapun Anda pergi.

Baik itu di sekolah, di tempat umum dan lain-lain. Gunakan waktu luang Anda membuka catatan-catatan tersebut. Dengan begitu Anda bisa lebih produktif lagi sehingga bahasa Inggris Anda akan semakin lebih cepat berkembang.

Itulah tadi tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris Anda dengan cara menonton film. Cara satu ini bisa dibilang sangat menguntungkan karena dengan sekali dayung dua pulau telah Anda lalui. Selain Anda bisa menikmati jalan cerita film tersebut Anda juga bisa semakin meningkatkan skill berbahasa Inggris Anda. Terapkan tips tersebut di rumah Anda. Pastikan film yang Anda pilih adalah film yang benar-benar Anda sukai. Dan pastinya film tersebut menggunakan bahasa Inggris dalam dialognya

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer