BerandaTeknologi Tepat Guna ? Ini Manfaat dan Karakteristik

Teknologi Tepat Guna ? Ini Manfaat dan Karakteristik

Pemanfaatan teknologi tepat guna akan memberi kemudahan serta keuntungan yang besar, dengan begitu kondisi ekonomi masyarakat akan stabil ketika teknologi digunakan secara optimal.

Teknologi tepat guna dalam tanda kutip harus sesuai dengan pekerjaan yang dikerjakan masyarakat.

Majunya teknologi harapannya mampu membantu pekerjaan masyarakat menjadi lebih mudah.

Jika masyarakat sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani, maka apabila zaman lampau memakai cangkul, ternak sapi atau kerbau.

Di zaman sekarang telah ada traktor untuk membajak sawah.

Baca juga: Begini Cara Reset Wifi Indihome

Sehingga tersisa banyak waktu untuk melakukan pekerjaan lainnya.

Adanya teknologi berupa mesin perontok padi juga mempermudah kinerja masyarakat petani.

Pada bidang industri, contohnya bidang industri pembuatan tempe, pembuatan tahu, dan penjualan kacang mete mentah dan matang.

Proses awal pengupasan kulit kedelai menggunakan cara tradisional yaitu dengan cara menginjak-injak.

Proses tersebut telah diperbaharui dengan adanya teknologi tepat guna, yaitu dengan menggunakan mesin. Hal ini tentu menghemat waktu dan produksi jadi lebih cepat.

Apa saja manfaat dari teknologi tepat guna di kehidupan sehari-hari?

Apa saja manfaat dari teknologi tepat guna

Manfaat sebenarnya dari teknologi tepat guna adalah mempermudah dan membuat praktis kerja masyarakat serta mengurangi sumber daya manusia dan pengeluaran berlebihan yang sebenarnya tidak perlu.

Baca juga: Cara Cek Tagihan Wifi IndiHome

Adanya teknologi tepat guna juga diharapkan dapat memunculkan inovasi dan gagasan baru untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

Lebih lengkapnya, simak uraian berikut ini:

  • Kebutuhan masyarakat yang dari ke hari meningkat dapat terpenuhi secara maksimal dan optimal. Pendapatan masyarakat yang selalu meningkat dari waktu ke waktu, oleh sebab itu penggunaan teknologi tepat guna dipercaya dapat meningkatkan pendapatan apabila pemanfaatan serta penggunaan technology ini digunakan secara optimal.
  • Kemampuan masyarakat akan meningkat (bagi masyarakat yang mampu mengoperasikan dan memanfaatkan teknologi tepat guna).
  • Terciptanya masyarakat yang sejahtera melalui bidang pemenuhan kebutuhan. Teknologi tepat guna memberikan nilai tambah produk, membantu mewujudkan usaha yang efektif, usaha produktif serta memperbaiki mutu agar lebih berkualitas.
  • Menyelesaikan masalah yang kerap dialami masyarakat khususnya masalah pendapatan.
  • Sesuai dengan kearifan lokal, teknologi tepat guna digunakan untuk dapat memberi manfaat sesuai kebutuhan dan mempermudah masyarakat dalam hal mencari mata pencaharian.
  • Masalah mudah terpecahkan. Untuk membuat segala aspek sumber daya lokasi optimal, maka technology tepat guna menjadi sebuah solusi. Karena dalam skala pengimplementasian teknologi tepat guna merupakan sebuah strategi agar segala aspek sumber daya lokal optimal dan mampu memberi nilai tambah. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat akan meningkat.
  • Hasil produksi yang semakin meningkat dari sebelumnya. Ini disebabkan oleh technology tepat guna yang lebih menghemat waktu dalam pengerjaannya dan pengoperasiannya yang relatif  mudah. Sehingga, pelaku usaha akan semakin produktif dan kompeten dalam proses memproduksi.
  • Memberi nilai tambah pada produk. Nilai produk akan bertambah, karena hematnya waktu pekerja dapat memikirkan selera masyarakat atas produk yang dikonsumsi, sehingga mencoba dan menciptakan inovasi baru.
  • Memberikan standar keamanan produk. Keamanan produk pun terjaga, BPOM pastinya akan lebih percaya keamanan produksi produk jika produk tersebut steril dan higienis.
  • Meningkatkan efisiensi kerja.
  • Higienitas produk jadi lebih terjaga dan meningkatkan daya saing produk. Produk yang diproduksi oleh teknologi tepat guna akan selalu meningkat, karena lahirnya inovasi baru dan ciptaan baru serta rasa-rasa yang populer sesuai zaman membuat konsumen tidak berhenti penasaran akan produk yang didistribusikan.
  • Membuka lapangan kerja baru dengan nilai sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas.
  • Sebagai penunjang percepatan pencapaian program pemerintah di sejumlah sektor.

Karakteristik apa yang ada di dalam teknologi ini?

Karakteristik apa yang ada di dalam teknologi tepat guna?

Karakteristik technology tepat guna yaitu  terdesentralisasi, padat karya, hemat energi, berpelukan erat dengan kondisi lokal serta berskala relatif kecil.

Teknologi tepat guna merupakan inovasi yang bagus dan gerakan ideologis berikut manifestasinya.

Di berbagai bidang ilmu dan penerapannya, teknologi tepat guna merupakan sebuah teknologi yang dipilih dan menciptakan karakteristik yang sebenarnya.

Salah satu karakteristik teknologi tepat guna adalah berpelukan erat dengan kondisi lokal, maksudnya adalah menyesuaikan dengan aspek lingkungan dan mata pencaharian masyarakat.

Apabila masyarakat bekerja sebagai petani maka teknologi tepat guna yang harus dikembangkan adalah alat-alat untuk meningkatkan produksi petani tersebut.

Perancang teknologi tepat guna harus menyesuaikan dengan aspek keetisan, kebudayaan, sosial, lingkungan, politik serta ekonomi masyarakat setempat.

Harapannya, teknologi tepat guna ini dapat membantu percepatan program yang lebih menghemat waktu dan membuat produksi produk lebih produktif dengan sumber daya yang kompeten.

Karakteristik teknologi tepat guna dapat dikembangkan dengan membuat teknologi pengurai sampah organik menjadi pupuk, atau dengan bagaimana membuat pengatur sistem technology pemilahan sampah rumah tangga.

Gagasan teknologi tepat guna untuk kebutuhan sesuai lingkungan masih dibutuhkan agar masyarakat lebih sejahtera dan tercipta masyarakat dengan pendapatan stabil sesuai kebutuhan.

Kreativitas generasi muda telah ditunjang oleh kemajuan informasi dan komunikasi serta inspirasi yang melimpah ruah.

Begitulah sejarah mengapa teknologi tepat guna ada dan maju dari waktu ke waktu.

Menyusun berbagai macam aspek dan menyesuaikannya tentu bukanlah hal yang mudah, namun memberi jalan keluar di setiap masalah yang ada di tengah masyarakat merupakan sebuah inovasi luar biasa.

Baca juga: Mengatasi Whatsapp yang sudah Kadaluarsa

Teknologi tepat guna ada bukan untuk menyingkirkan teknologi yang telah ada sejak dulu, melainkan technology ini ada untuk membantu perkembangan tanpa menyingkirkan teknologi yang sejak dulu dipakai.

Dengan memperbaharui teknologi, membuat kinerja menjadi lebih maksimal, lebih menghemat waktu dan lebih kompeten dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.

Alat-alat di zaman dahulu adalah teknologi sederhana yang tidak mampu melakukan tugasnya atau beroperasi secara efektif dan sulit menangani operasi berskala besar.

Maka perubahan yang harus dilakukan adalah mengubah alat tersebut dengan mempercanggih ya agar mampu menangani operasi skala besar.

Akhir tahun 1960, negara Indonesia masih melakukan panen hutan dengan menggunakan alat pemanenan hutan dari teknologi yang sangat sederhana.

Teknologi tersebut diakui tidak mampu beroperasi secara efektif serta tidak dapat beroperasi di pemanenan hutan yang lebih besar.

Teknologi sederhana ini tidak efektif dan sangat tidak menghemat waktu.

Pada tahun 1970, Indonesia telah menggunakan alat pemanenan hutan yang jauh lebih canggih.

Tidak sama seperti teknologi sederhana yang lamban, teknologi jenis ini justru lebih cepat bekerja tetapi memiliki kekurangan yaitu sangat merusak hutan dan tanah hutan.

Akhirnya gagasan lainnya muncul untuk mengenyahkan kekurangan dari kedua teknologi tersebut.

Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan kehutanan merupaka sebuah gagasan yang sesuai, yaitu alat pemanenan hutan tingkat technology tepat guna.

Hasil dari teknologi tepat guna telah terbukti baik dan menekan kerugian serta hemat waktu.

Teknologi ini memiliki banyak keunggulan yang harusnya mendapat apresiasi penuh dari masyarakat.

Keunggulan dari technology tepat guna adalah biayanya yang jauh lebih murah, dibuat oleh masyarakat Indonesia, hasil inovasi masyarakat Indonesia, ramah lingkungan, dan memiliki partisipasi masyarakat yang sangat besar.

Dorongan dari pemerintah diperlukan untuk membantu pengembangan dan penggunaan technology tepat guna di kehidupan masyarakat

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer