BerandaFinansialStrategi Investasi Saham Agar Keuntungan Maksimal

Strategi Investasi Saham Agar Keuntungan Maksimal

Strategi Investasi Saham Agar Keuntungan Maksimal – Investasi saham saat ini banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat.

Karena memang menjanjikan imbal hasil yang lebih tinggi jika dibanding dengan investasi lain seperti deposito, reksadana dan lain sebagainya.

Namun bagi seorang investor saham pemula, jarang menyadari bahwasannya seiring dengan peluang untung yang makin besar, maka tingkat resiko yang dimiliki juga semakin tinggi.

Oleh karena itulah penting juga bagi setiap investor pemula dalam mengenali profit resikonya masing-masing sebelum memulai investasi saham.

Baca juga: Mengenal Tentang Apa itu Investasi Syariah

Hal tersebut bertujuan agar investor bisa menentukan strategi investasi paling tepat untuk dirinya sendiri yang mungkin berbeda bagi orang lain.

Berikut ini adalah tiga strategi investasi yang bisa Anda terapkan agar memperoleh keuntungan yang maksimal, antara lain :

Apa Saja Tiga Strategi Investasi Saham yang Bisa Diterapkan?

Income Investing

Income investing adalah strategi investasi yang mana lebih berfokus pada pencarian saham yang bisa memberikan pemasukan secara rutin dengan nilai yang cukup.

Pemasukan yang dimaksud yaitu berasal dari perusahaan yang rutin dalam membagikan deviden setiap tahunnya dengan jumlah tertentu bagi para investor.

Strategi tersebut memiliki tujuan untuk memperoleh pendapatan rutin dari saham.

Dengan Anda menjalankan strategi tersebut, maka memungkinkan untuk mengambil pensiun yang lebih cepat serta menerima pemasukan rutin dari deviden saham untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Investasi Syariah untuk Kalangan Anak Muda

Perusahaan yang membagikan dividen secara rutin adalah perusahaan mapan serta mampu memberikan keuntungan secara konsisten.

Growt Investing

Strategi yang satu ini lebih berfokus terhadap pencarian saham dari perusahaan yang tengah bertumbuh.

Pertumbuhan dari suatu perusahaan bisa dilihat dari laba yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Selain itu dari laba yang terus bertumbuh, penting juga untuk memastikan tingkat deviden yang dibagikan apakah juga meningkat seiring dengan pertumbuhan laba.

Pertumbuhan harga saham perlu dilihat guna memastikan bahwasannya perusahaan memperoleh apresiasi yang cukup dari investor sehingga di masa depan diharapkan harga dari saham mengalami peningkatan.

Baca juga: Investasi Saham itu Aman, Tak Usah Takut

Saham dengan jenis ini diharapkan mampu untuk menghasilkan pertumbuhan pendapatan dan juga harga saham yang tinggi di masa mendatang.

Oleh karena itulah valuasi perusahaan tidak menjadi fokus utama dari strategi ini.

Sekalipun harga saham sudah dinilai cukup tinggi, namun jika dinilai mampu untuk memberikan pertumbuhan pendapatan di masa yang akan datang, maka sangat layak untuk diinvestasikan.

Value Investing

Untuk strategi yang terakhir ini lebih berfokus pada pencarian saham yang dinilai berada di bawah nilai wajar, sehingga nantinya diharapkan akan kembali menyentuh nilai wajar.

Dasar dari strategi ini yaitu penilaian pada harga wajar suatu saham.

Dalam menjalankan strategi yang satu ini investor akan membeli saham yang mana harga berada jauh dari nilai wajarnya atau dengan kata lain di anggap murah.

Dengan memakai strategi ini resiko yang didapat kecil, karena saham yang dipilih memang harganya terlampau murah.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Investasi

Namun meski begitu pastikan bahwa perusahaan juga mempunyai fundamental yang bagus baik itu dari segi konsisten menghasilkan laba, manajemen, tingkat deviden, tingkat utang, prospek bisnis serta hal – hal lainnya.

Hal itu dikarenakan salah satu faktor yang mendorong meningkatnya harga suatu saham yaitu kondisi fundamental saham itu sendiri.

Nah, itu tadi beberapa uraikan yang dapat kami jelaskan mengenai strategi dalam investasi saham agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

Daftar AJAIB Investasi DISINI

ajaib investasi
Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer