BerandaTravelRekomendasi Tempat Wisata Keren di Jawa Timur

Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Jawa Timur

Anda yang hobi sekali travelling tentunya telah banyak mengenal tempat-tempat wisata yang paling menarik untuk dikunjungi di seantero Indonesia. Karena seperti kita ketahui bahwa Indonesia menyajikan pemandangan alam yang memang begitu indah. Tak terkecuali di salah satu provinsinya, yaitu Jawa timur.

tempat wisata keren
tempat wisata keren

Banyak sekali terdapat destinasi wisata bagi Anda pecinta travelling. Destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Jawa timur seperti misalnya daerah Jogjakarta dan Bali. Namun perlu Anda ketahui bahwasannya masih banyak tempat wisata lain di Jawa timur yang tak kalah menarik dan bisa Anda kunjungi.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Apa saja tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Jawa Timur?

Berikut adalah tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat Anda berada di Jawa timur.

Arosbaya Pelelangan

Tempat wisata ini terdapat di pulau Madura. Sebenarnya tempat ini merupakan bekas penambangan batu kapur yang mana sudah tidak lagi digunakan. Ketika Anda mengunjungi tempat ini maka Anda akan mendapati sebuah tempat wisata yang memiliki banyak sekali spot foto menarik dan tentunya sangat indah.

Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan mendapati sebuah tempat wisata yang memiliki banyak sekali spot foto menarik dan tentunya sangat instagramable. Batu-batu kapur yang begitu indah akan terlihat semakin memukau saat Anda datang ke tempat ini menjelang fajar.

Air Terjun Tumpak Sewu

Wisata yang selanjutnya yaitu berupa air terjun. Air terjun ini memiliki nama Tumpak Sewu. Merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di wilayah Jawa timur. Banyak wisatawan-wisatawan domestik yang datang ke tempat ini.

Air terjun tumpak Sewu juga masuk dalam salah satu air terjun terbaik di provinsi Jawa timur. Jika Anda lihat sekilas, maka Anda akan mendapati kemiripan antara air terjun ini dengan air terjun Niagara.

Baca juga: 16 Tempat Wisata Malang Terbaik dan Rekomended

Anda bisa datang ke tempat ini untuk sekedar bersantai, bermain air bersama teman ataupun keluarga, atau  mungkin juga Anda bisa sekedar berfoto di tempat ini, karena memang pemandangan yang disuguhkan oleh air terjun tumpak Sewu sangatlah memukau.

Gili Ketapang

Destinasi wisata ke tiga ini merupakan sebuah pulau yang kecil. Jika Anda berangkat dari pusat kota Surabaya, maka Anda membutuhkan waktu kurang lebih empat jam untuk sampai ke tempat ini. Anda bisa datang ke tempat ini dengan menyeberang melalui pelabuhan yang ada di kota Probolinggo.

Kegiatan yang dapat Anda lakukan selain tentunya berfoto di tempat ini yaitu Anda juga bisa melakukan snorkling. Tempat ini kaya akan terumbu karang indah sehingga aktivitas snorkling Anda akan semakin menarik dan seru.

Banyak tempat penyewaan untuk peralatan snorkeling di tempat ini dan harganya juga cukup terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir dompet Anda akan terkuras habis.

Desa Jodipan

Destinasi wisata yang cukup populer selanjutnya di wilayah provinsi Jawa timur yaitu terletak di kabupaten Malang. Tempat wisata ini bernama Desa Jodipan. Terletak tak jauh dari alun-alun kota Malang, sehingga Anda bisa sekaligus berlibur di pusat kota Malang.

Sebagian besar orang menjuluki Desa Jodipan sebagai kampung pelangi. Hal itu dikarenakan desa ini memiliki banyak sekali bangunan yang dicat dengan warna yang beraneka ragam. Anda akan menemukan nuansa ceria saat datang ke desa ini.

Oleh karena itu ketika Anda berada di kabupaten Malang, maka disarankan untuk Anda mampir sebentar ke desa jodipan ini.

Seperti Apakah Air Terjun Madakaripura?

Air Terjun Madakaripura

Jika di atas tadi telah diulas mengenai keindahan air terjun tumpak Sewu, maka untuk wisata air terjun yang ini juga tak kalah menarik seperti air terjun tumpak Sewu. Air terjun Madakaripura berasal dari sumber air gunung Bromo. Tentunya tempat wisata ini sangatlah dekat dengan wisata gunung Bromo.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan air terjun yang begitu indah. Banyak cerita yang beredar mengenai tempat ini yang mengatakan bahwasanya tempat ini dulunya merupakan salah satu tempat di mana Patih Gajah Mada dari Majapahit pernah bersemedi.

Oleh karena itulah jika Anda berkunjung ke tempat ini, di pintu masuk Anda akan disambut oleh patung dari Patih gajah Mada. Air Terjun Madakaripura diketahui termasuk dalam air terjun yang paling tinggi di seluruh pulau Jawa. Mencapai 200 meter ketinggian air terjun yang begitu elok ini.

Kawah ijen

Destinasi wisata yang tak kalah keren juga dapat Anda temui di salah satu kabupaten di Jawa timur, yaitu tepatnya di kabupaten Bondowoso. Mungkin bagi masyarakat Jawa Timur, kawah Ijen bukan lagi tempat yang asing. Karena memang tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat digemari oleh masyarakat sekitar.

Kawah Ijen ini terletak di perbatasan antara kabupaten Bondowoso serta kabupaten Banyuwangi. Anda tidak perlu khawatir ketika datang ke tempat ini, karena akses jalan untuk menuju kawah Ijen sudah dilakukan perbaikan. Itulah yang membuat kawah ini semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Di tempat ini Anda akan menemukan pemandangan kawah biru yang begitu memukau. Selain itu daya tarik utama yang ditawarkan oleh kawah Ijen adalah fenomena alam blue fire. Jika Anda termasuk salah satu orang yang suka mendaki, maka disarankan untuk datang ke tempat ini, karena rute tempat ini memerlukan pendakian yang cukup lama.

Namun bagi Anda yang tidak kuat mendaki nantinya banyak jasa antar dengan becak tarik. Anda tinggal duduk di atas becak maka seseorang akan menarik becak tersebut hingga sampai di kawasan kawah Ijen.

Gunung Bromo

Anda pasti sudah pernah mendengar mengenai keindahan gunung yang satu ini. Gunung ini sering dijadikan sebagai lokasi syuting film layar lebar. Hal itu wajar saja karena memang pemandangan alam yang disajikan oleh gunung Bromo ini begitu memukau mata Anda.

Anda yang malas untuk mendaki maka tidak perlu khawatir ketika datang ke tempat ini karena Anda bisa menggunakan mobil Jeep yang banyak disewakan di area tersebut. Selain terdapat penyewaan Jeep, di sana juga disediakan tempat sewa kuda bagi para wisatawan yang ingin naik kuda untuk sampai ke puncak.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Terbaik dan Termurah di Indonesia

Hal yang paling menakjubkan dari Bromo yaitu ketika menjelang matahari terbit. Anda akan melihat pemandangan yang paling indah dan sangat memanjakan mata. Tempat wisata ini berada di kabupaten Probolinggo. Letaknya berdekatan dengan air terjun Madakaripura.

Karena memang sumber air dari gunung ini nantinya akan mengalir ke air terjun tersebut. Sehingga ketika Anda berkunjung ke gunung Bromo, Anda juga bisa sekalian pergi ke air terjun Madakaripura. Waktu tempuh dari gunung Bromo ke air terjun tersebut kurang dari satu jam saja.

Itulah tadi beberapa tempat wisata populer yang ada di Jawa timur selain wilayah seperti Bali ataupun Yogyakarta. Anda bisa datang ke tempat ini untuk merilekskan pikiran Anda. Jangan takut kecewa, karena pemandangan yang di suguhkan di tempat-tempat wisata tersebut memang sungguhlah memukau mata Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer