BerandaRekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung- Berbagai aktivitas yang anda lakukan sehari-hari terkadang bisa membuat anda stres. Meskipun begitu, anda tetap harus melakukan aktivitas tersebut agar kehidupan bisa berjalan. Ada banyak cara untuk mengatasi stres yang menimpa anda.

tempat wisata
tempat wisata

Salah satunya dengan mengadakan liburan ke berbagai tempat wisata. Liburan sangat penting agar kesehatan fisik dan mental anda tetap terjaga dengan baik.Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata ialah Bandung.

Kota ini memiliki tempat wisata alami yang asri dan sejuk. Bandung juga memiliki banyak tempat wisata kekinian untuk generasi milineal. Di jamin, liburan di Bandung akan terasa sangat menyenangkan sehingga stres anda bisa terobati.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Jawa Timur

Tempat wisata di Bandung tidak hanya diminati oleh wisatawan lokal saja, namun juga dari wisatawan manca negara. Ada banyak jenis wisata di kota Bandung, mulai dari wisata alam hingga wisata kekinian. Anda bisa memilih berbagai tempat wisata sesuai dengan selera anda. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Bandung yang bisa anda kunjungi.

Apa Saja Tempat Wisata di Bandung?

Curug Dago

Curug Dago merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bandung, tepatnya di Desa Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi berada di bukit Dago. Air terjun ini berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut.

Curug Dago terbentuk dari aliran sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya ke kota Bandung. Curug Dago memiliki pemandangan sekitar yang sangat indah. Selain itu, anda juga bisa melihat peninggalan Kerajaan di wisata alam Bandung ini.

Di sana ada dua prasasti batu tulis peninggalan tahun 1818. Kedua prasasti tersebut kabarnya merupakan peninggalan dari Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) dari dinasti Chakri yang pernah berkunjung ke Curug Dago.

Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas di Curug Dago, mulai dari hiking hingga berburu foto untuk diunggah diberbagai akun sosial media. Biaya masuk ke Curug Dago sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per orang. Objek wisata air terjun ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB atau jam 5 sore. Di sana juga disediakan tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan anda.

Curug Sawer

Objek wisata air terjun berikutnya ialah Curug Sawer. Wisata air terjun ini terletak di Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Di bawah air terjun ini ada kolam untuk menampung tumpahan air yang bisa digunakan untuk berenang atau hanya merendam kaki saja.

Curug Sawer juga memiliki pemandangan sekitar yang masih alami. Anda bisa mengobati stres di objek wisata air terjun ini. Selain itu, anda juga bisa mengelilingi area Curug Sawer dengan berkuda dan juga mengikuti kegiatan outbound dan flying fox. Anda bisa piknik dan berburu foto dengan keluarga tercinta. Untuk tiket masuk Curug Sawer dikenai tarif sebesar Rp. 7.500 per orang.

Curug Cimahi

Curug Cimahi merupakan objek wisata air terjun tertinggi di Bandung dengan ketinggian 87 meter. Objek wisata air terjun ini terletak di Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Curug Cimahi dilengkapi dengan lampu warna-warni yang akan menyala bagaikan pelangi di malam hari. Keunikan tersebut membuat Curug Cimahi dijuluki Curug Pelangi.

Di area Curug Cimahi juga dibangun gardu pandang yang bisa dimanfaatkan para wisatawan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan air terjun dari kejauhan. Di gardu pandang ini, anda juga bisa berburu foto dengan latar belakang air terjun yang sangat indah.

Curug Cimahi dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 21.00 WIB. Anda bisa menikmati objek wisata air terjun ini hingga malam hari karena sudah disediakan lampu berwarna-warni di sekitar air terjun. Untuk masuk ke area Curug Cimahi dikenai biaya mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 17.000 per orang.

Seperti Apa Tempat Wisata Danau di Bandung?

Danau Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah danau yang terletak di Ciwidey, Bandung. Suasana di danau ini masih asri dan sejuk. Di sana ada hamparan dauh teh dan juga pepohonan yang sangat indah. Tempat wisata ini sangat bagus untuk berlibur bersama keluarga.

Dengan berlibur ke danau Situ Patenggang, dijamin bisa meredakan stres sehingga perasaan anda bisa tenang kembali. Pemandangan di sekitar danau Situ Patenggang sangat indah sekali. Ada bisa bisa berburu foto di tempat wisata ini.

Di tepi danau juga disediakan gazebo untuk istirahat sambil menikmati keindahan area Situ Patenggang. Di Situ Patenggang terdapat persewaan perahu hingga hotel bintang lima. Di sana juga ada banyak restoran dengan berbagai menu makanan. Tak jauh dari danau ini juga ada kebun stroberi dan kebun teh.

Objek wisata danau ini buka setiap Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB. Biaya untuk masuk ke area wisata Situ Patenggang mulai dari Rp. 18.000 hingga Rp. 22.500 per orang. Objek wisata Situ Patenggang selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik dalam maupun dari luar negeri.

Situ Cukul

Danau berikutnya ialah Situ Cukul. Danau ini terletak di Desa Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Danau ini berada di area perkebunan teh Cukul. Danau alami ini memiliki ketinggian kurang lebih 1.500 meter di atas permukaan laut sehingga daerah ini sangat cocok untuk perkebunan teh.

Pemandangan di sekitar danau ini begitu asri dan alami. Di Situ Cukul terdapat sebuah bangunan megah, yaitu sebuah villa yang konon penuh dengan misteri. Lokasi villa tersebut berada tepat di sebelah Situ Cukul. Orang-orang menyebutnya Villa Merah, ada juga yang menyebutnya Villa Jerman Cukul.

Villa tersebut milik PT. Apm yang merupakan anak perusahaan dari  PT. Sosro. Villa ini tidak disewakan untuk umum, bahkan villa ini dijaga ketat dan juga sudah dipasang CCTV. Apabila ada yang mendekat, penjaga akan segera mengusirnya.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Jawa Timur

Situ Ciburuy

Situ Ciburuy merupakan danau yang sangat indah. Danau ini terletak di Desa Pamalayan, Kecamatan Bayongbong, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat atau sekitar 25 km dari pusat Kota Kembang. Selain keindahan alamnya, danau ini juga menyimpan cerita sejarah yang menarik.

Pada zaman dahulu danau ini digunakan oleh Raden Kian Santang putra Pabru Siliwangi sebagai tempat pertarungan dengan jawara-jawara di Pulau Jawa. Di Situ Ciburuy terdapat peninggalan sejarah antara lain keris, bende, kujang yang merupakan senjata Prabu Siliwangi, trisula, tombak, dan tulisan Jawa Kuno yang ditulis oleh Raden Kian Santang di atas daun nipah dan daun lontar.

Masyarakat sekitar mengadakan upacara pencucian keris yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Muharam sekali. Di bagian tengah danau ini terdapat bagian yang tidak terendam air sehingga membentuk seperti pulau kecil.

Untuk pergi ke sana, anda harus menyewa perahu atau sepeda air dengan biaya sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 75.000. Di Situ Ciburuy juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan khas tanah sunda. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta.

Berapa Biaya yang Peerlu Disediakan untuk Berkunjung ke  Wisata Kekinian di Bandung?

Little Seoul Bandung

Little Seoul Bandung merupakan bagian dari Chingu Café yang sangat terkenal di Bandung. Ketika berada di Little Seoul Bandung, anda akan merasakan sensasi seperti berada di Korea Selatan. Little Seoul Bandung berada di luar ruangan dari Chingu Café.

Di sana terdapat petunjuk arah, papan iklan, lampu ala Korea, hiasan pohon, mural, dan tembok yang dibuat warna-warni agar suasananya terasa seperti Kota Seoul. Di area Little Seoul Bandung juga dijual makanan khas Korea seperti orndog, hotteok, tteokbokki, jjampong, bibimbab, dan lain sebagainya. Di sana juga ada penyewaan baju Hanbok yang sangat murah.

Anda hanya perlu membayar Rp. 30.000 untuk pemakaian selama 15 menit. Anda bisa berburu foto dengan memakai baju tersebut. Little Seoul Bandung terletak di Jalan Sawunggaling No.10, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Upside Down World Bandung

Tempat wisata kekinian berikutnya ialah Upside Down World Bandung. Tempat ini sangat unik dan sangat digemari oleh kalangan anak muda. Anda bisa berburu foto yang unik di tempat ini. Upside Down World Bandung memiliki konsep ruangan terbalik yang terinspirasi dari film Hollywood yang berjudul “Upside Down”.

Ruangan terbalik ini sudah teruji tingkat keamanannya. Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai furniture di sana. Untuk bisa masuk ke lokasi Upside Down World Bandung, biaya yang dikenakan untuk orang dewasa sebesar Rp 100.000 per orang dan untuk anak-anak yang tingginya lebih dari 120 cm dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 per orang.

Upside Down World Bandung buka setiap hari. Untuk hari Senin sampai Sabtu dibuka mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB, sedangkan untuk hari Minggu dibuka mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB. Tempat wisata kekinian ini terletak di Jalan H. Wasid No 31, Lebakgede, Kabupaten Coblong, Bandung.

Rabbit Town Bandung

Rabbit Town Bandung juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata untuk mengisi liburan anda. Tempat wisata kekinian ini menjadikan kelinci sebagai ikon utamanya. Dekorasi tempat ini dibuat selucu mungkin. Di sana juga terdapat banyak kelinci yang lucu.

Anda juga bisa memberi makan kelinci-kelinci tersebut. Rabbit Town Bandung menyediakan banyak spot foto yang menarik. Anda bisa berburu foto sepuasnya di sana. Untuk mengunjungi Rabbit Town Bandung, anda wajib mengeluarkan biaya untuk mengisi saldo E-card Rabbit Town minimal sebesar Rp. 35.000.

Saldo tersebut nantinya bisa digunakan untuk membeli aneka kuliner dan souvenir di Rabbit Town Bandung. Saat ini, Rabbit Town hanya buka setiap hari Jumat-Minggu mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Tempat wisata kekinian ini terletak di Jalan Ranca Bentang No. 30-32, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut bersama keluarga tercinta. Semoga liburan anda menyenangkan.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer