BerandaRekomendasi Kuliner Khas Padang Citarasa Maknyus

Rekomendasi Kuliner Khas Padang Citarasa Maknyus

Rekomendasi Kuliner Khas Padang Citarasa Maknyus – Padang adalah salah satu kota besar dipulau sumatera yang terkenal dengan keluhuran budayanya.

Orang-orang Minang memiliki prinsip yang kuat. Salah satu bentuk kuatnya budaya Minang, bisa kita lihat dari khasanah kuliner yang ditawarkannya.

Baca juga: Jajanan Berbahan Ketan yang Enak

Kuliner Padang tidak hanya dikenal di Indonesia saja, tapi sudah menembus tingkat Internasional. Rendang masuk sebagai salah satu masakan terenak di dunia.

Restoran-restoran Padang juga lazim kita temukan. Untuk lebih mengenal tentang kuliner Padang, mari simak artikel berikut ini:

Rendang

Icfam90, CC BY-SA 4.0 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0, via Wikimedia Commons

Rempah-rempah khas bumi Lampung meresap pada daging sapi yang sudah diberi santan. Rendang adalah nama dari kuliner ini.

Rendang bisa dibilang sebagai masakan paling populer kota Padang. Perlu proses yang lama, hingga berjam-jam agar rendang matang.

Baca juga: Makanan Khas Bandung! Cocok untuk Oleh – oleh

Namun akan terbayar dengan rasa yang didapatkan. Rendang masuk kedalam rekomendasi kuliner khas padang terenak dunia versi CNN pada tahun 2011 lalu.

Rendang juga pas untuk dijadikan oleh-oleh karena bisa diawetkan dalam waktu lama. Rendang di banderol mulai harga 20.000 saja.

Sate Padang

Sakurai Midori, CC BY 3.0 https://creativecommons.org/licenses/by/3.0, via Wikimedia Commons

Sate Padang menawarkan sensasi berbeda daripada sate lainnya, terutama dalam hal bahan dasarnya.

Sate Padang biasanya terbuat dari lidah sapi, jeroan, usus, jantung maupun tetelan.

Baca juga: 5 Kuliner Indonesia Terpopuler

Renyahnya sate akan semakin nikmat dengan Baluran kuah saus kacangnya. Cita rasa gurih, manis dan pedas dikombinasikan dengan tekstur sate yang renyah, benar-benar spesial.

Sedikit saran, santaplah sate Padang dalam keadaan panas, atau pada musim dingin. Kuliner ini juga bisa dijadikan penghangat.

Soto Padang

Midori, CC BY 3.0 https://creativecommons.org/licenses/by/3.0, via Wikimedia Commons

Jika sahabat membawa uang 15.000 – 20.000 dipadang lantas apa yang bisa didapatkan? Tenang sahabat bisa mendapatkan seporsi hangat soto Padang.

Keunikan kuliner ini terletak pada kuahnya yang dipenuhi rempah-rempah. Sajian perkedel kentang juga menambah nikmat pada soto ini.

Baca juga: 3 Resep Aneka Sambal Penyet Mudah Dibuat

Seruput sedikit saja, tubuh akan kembali bertenaga. Soto Padang akrab digunakan masyarakat Minang sebagai kuliner penghangat tubuh.

Dendeng Balado

Midori, CC BY-SA 3.0 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/, via Wikimedia Commons

Salah satu ciri utama dari kuliner Padang adalah rasa pedasnya. Banyak sekali makanan pedas yang bisa sahabat temui disini.

Salah satunya adalah kuliner dendeng balado. Suiran tipis daging sapi kering disajikan dengan sambal balado yang pedas.

Baca juga: Bubur Hayam, Spot Menikmati Bubur Terbaik

Dendeng balado juga tersedia jadi 2 jenis yaitu: versi kuah dan versi kering. Balado kuah menggunakan minyak hasil penggorengan Cabai sedangkan yang kering tidak.

Dengan balado ini memiliki citarasa manis, gurih dan pedas yang maknyus.

Dendeng Batokok

Rus Akbar, CC BY-SA 4.0 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0, via Wikimedia Commons

Sebagai penutup ada kuliner padang yang bernama dendeng batokok. Diberi nama “batokok” karena cara pembuatannya yang dipukul-pukul.

Daging sapi dipukul berulang kali hingga tipis, dan teksturnya lebih lembut.

Baca juga: Taiger Sprung, Spot Menyantap Dimsum Terbaik di Jogja

Irisan daging kemudian dilumuri dengan bumbu khas minyak Tanak dan cabai rawit pedas. Rasa yang dihasilkan begitu beraneka ragam.

Satu gigitannya kita akan merasakan gurih, manis, dan pedas secara bersamaan. Menu ini bisa didapatkan dari harga 15.000 – 25.000

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer