BerandaMoviePerlu Anda Ketahui! Dampak Positif dan Pengaruh Buruk Menonton Film

Perlu Anda Ketahui! Dampak Positif dan Pengaruh Buruk Menonton Film

Perlu Anda Ketahui! Dampak Positif dan Pengaruh Buruk Menonton Film- Menonton film merupakan salah satu hobi  yang banyak disukai oleh orang. Baik anak kecil, muda maupun orang tua.

Menonton Film adalah hal yang sangat menyenangkan. Ada banyak hal yang bisa dipelajari sambil menonton film. Selain itu, film memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan sosial seseorang. Kesan yang berbeda untuk setiap judul, akan memberikan pelajaran yang berbeda pula. Berikut ini merupakan beberapa Dampak Positif dari menonton film :

Apa Saja Dampak Positif dari Menonton Sebuah Film ?

Menghilangkan kelelahan

Dampak positif dari menonton film bisa menghilangkan rasa penat. Alur cerita yang asyik diiringi dengan pemandangan menakjubkan yang bisa membuat kamu lupa kalau kamu penat di hari-hari biasa.

Nonton film bisa menghilangkan rasa penat lebih baik lagi jika memiliki tempat duduk yang nyaman, suhu ruangan yang sejuk, makanan ringan seperti popcorn dan minuman, dan lain sebagainya.

Jika ingin kepenatan hilang, maka sebaiknya pilih jenis film yang ringan tapi cukup menghibur dan seru, seperti komedi, petualangan, animasi, aksi, dan lain-lain. Genre film tersebut dapat membuat pikiran menjadi fresh kembali.

Meningkatkan Pengetahuan dan Informasi

Dampak positif berikutnya, menonton film juga bisa menambah pengetahuan Anda. Karena sangat banyak informasi baru yang bisa diperoleh dari film yang anda tonton. Maka, anda harus memilih film yang bekualitas dimana film tersebut di produksi oleh rumah produksi dengan reputasi baik.

Di beberapa jenis film seperti action, adventure, family, dan lainnya biasanya terdapat sejumlah informasi baru. Namun, Anda juga perlu memeriksa kebenaran informasinya.  Contohnya, pada film tentang ilmuwan, disana akan ada informasi singkat tentang eksperimen ilmiah.

Apabila anda merasa informasi tersebut benar, maka kemungkinan itu akan bermanfaat suatu saat bagi anda. Tetapi anda harus jeli memilih informasi di film tersebut. Andaikan ada informasi yang buruk seperti mencuri, memeras dan lain sebagainya jangan anda ikuti.

Pertajam Keterampilan Analitis

Film dengan genre petualangan atau spionase yang mengisyaratkan teka-teki bisa mendatangkan keuntungang. Dampak positif menonton film yang memiliki misteri atau teka-teki dapat melatih kemampuan menganalisis.

Banyak orang yang penasaran dan tertantang untuk menemukan jawaban atas misteri yang belum terpecahkan sambil menonton Film jenis ini membuat penonton jadi bertanya-tanya, siapa pelaku kejahatan sebenarnya dan apa tujuan yang ingin dicapai. Keterampilan analitis Anda dapat diasah dengan menganalisis beberapa informasi petunjuk.

Sebagai Inspirasi

Inspriras bisa datang lewat film yang anda tonton. Banyak orang yang bisa mendapatkan insprirasi setelah menonton sebuah film. Nggak percaya kalau manfaat nonton film bisa memberi kamu inspirasi? Anda bisa melihat beberapa bukti bahwa film bisa menginspirasi penontonnya.

Beberapa bukti yang bisa Anda lihat, seperti bagaimana film-film tertentu bisa menginspirasi seorang desainer dalam mendesain fashionnnya. Dengan menonton film bisa memberi informasi pula kepada si penulis.

Orang-orang bisa terinsprirasi seperti meniru gaya berpakaian, tingkah lahi, bahkan  tatanan rambut, setelah menonton sebuah film. Namun, perlu Anda ingat bahwa inspirasi ini tidak mengubah siapa Anda. Cukup mengambil inspirasi produktif untuk karir atau pendidikan Anda. Oleh karena itu, penting untuk merespon inspirasi yang ada secara positif dan bijak.

Terapi Kesehatan atau Cinematherapy

Sineterafi atau atau sinematerapi adalah terapi kesehatan yang dilakukan dengan menonton film. Mungkin hal ini tidak masuk akal bagi Anda, namun sineterafi telah dilakukan dan dapat mengobati beberapa pasien yang merasa memiliki gangguan mood, depresi, frustasi, atau lainnya, karena manfaat menonton film dapat mengurangi stres.

Meningkatkan Kesadaran

Ada film-film tertentu yang sengaja dibuat untuk menyampaikan pesan moral yang penting kepada penonton. Misalnya, ada film yang menceritakan kisah di mana kesombongan dan keserakahan menghancurkan diri sendiri.

Selain itu, ada juga film yang menampilkan adegan bahwa perbuatan baik akan berbuah manis dan kembali kepada pelaku kebaikan. Anda bisa menangkap pesan kebaikan yang disajikan.

Sebagai Motivasi Diri

Pernahkah Anda merasa kurang antusias dengan hidup? Mungkin hal ini disebabkan berbagai masalah pelik yang sedang Anda alami. Biasanya orang yang sedang dalam kondisi ini perlu menghibur diri sendiri. Salah satu hiburan menarik yang mudah diakses adalah menonton film.

Namun, siapa sangka jika tujuan menonton sebuah film sebelumnya hanyalah hiburan, justru memberikan manfaat yang cukup penting. Manfaat menonton film ternyata bisa meningkatkan motivasi diri untuk menjadi kuat dan ulet dalam menghadapi segala permasalahan yang sedang mendera.

Anda bisa mendapatkan keuntungan ini dengan menonton film aksi, drama, keluarga, petualangan, dan lainnya. Umumnya film-film tersebut menghadirkan cerita yang seperti kehidupan nyata. Dalam plot film juga terdapat plot dimana sang protagonis memiliki sejumlah masalah yang cukup berat dan hampir menyerah.

Namun seringkali hampir semua plot membuat cerita dari sang protagonis yang akhirnya berhasil menghadapi segala permasalahannya karena memiliki motivasi yang kuat. Sekalipun hanya sebuah film, Anda bisa mendapatkan dampak psikologis ini.

Meningkatkan kemampuan bahasa asing

Upaya meningkatkan kemampuan bahasa asing tidak selalu dilakukan melalui buku atau kursus. Jika Anda sudah mengetahui tata bahasa dasar bahasa asing tertentu, Anda bisa menonton film dengan audio atau subtitle dalam bahasa asing tersebut.

Banyak orang menonton film berbahasa asing dengan tujuan untuk melatih ketrampilan mereka dalam menggunakan bahasa asing tersebut. Hal tersebut benar adanya karena manfaat menonton film dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa asing tersebut.

Apa Pengaruh Buruk dengan Menonton Film?

Setelah mengetahui tentang dampak positif dari menonton sebuah film, ada baiknya anda juga mengetahui dampak negatifnya. Supaya pengetahuan anda semakin luas dan bisa mengambil pelajaran dari keduanya. Agar Anda bisa menyeimbangkannya. Berikut ini merupakan pengaruh buruk menonton film bagi kesehatan :

Menurunkan kesehatan mata

Menonton film memang menyenangkan, apalagi jika itu film favorit Anda. Namun, pernahkah Anda merasakan bahwa ada bahaya yang mengintai kesehatan mata Anda? Bahaya nonton film bisa membuat mata kering dan lelah.

Paparan cahaya dan radiasi yang dipancarkan layar monitor akan menurunkan kesehatan mata sehingga mata menjadi cepat lelah dan cepat kering. Tentunya kondisi ini kurang baik untuk penglihatan Anda.

Meningkatkan risiko penyakit degeneratif

Apakah Anda yakin jika bahaya menonton film bisa meningkatkan risiko terserang penyakit degeneratif? Hampir semua orang yang menonton film melakukannya sambil duduk dan bukan saat beraktivitas. Hal ini membuat orang yang sering menonton film menjadi kurang aktif bergerak.

Kurangnya aktivitas fisik ini menyebabkan lemak menumpuk karena lebih jarang dibakar. Jika hal ini terus berlanjut, tubuh cenderung mengalami obesitas seiring berjalannya waktu. Ironisnya, tak hanya kelebihan berat badan, bahaya menonton film juga bisa memicu diabetes dan bisa mengancam kesehatan jantung.

Kekurangan cairan

Sama seperti orang yang bekerja di depan komputer, menonton film yang dilakukan dengan duduk cukup lama bisa membuat Anda lupa minum. Akibatnya tubuh menjadi dehidrasi.

Tentu saja dehidrasi atau kekurangan cairan tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda, terutama untuk kesehatan ginjal dan kulit yang sangat erat kaitannya dengan sistem ekskresi. Menonton film dengan kesenangan sesaat dapat membuat Anda berada dalam bahaya jangka panjang.

Pikiran Merasa Lelah

Menonton film memang tidak menghabiskan banyak tenaga tetapi efek sampingnya bisa membuat Anda lelah. Kelelahan yang dimaksud dengan kelelahan pikiran. Bayangkan, Anda perlu mengolah informasi dalam film yang Anda tonton.

Belum lagi, jika film yang Anda pilih adalah jenis film yang menuntut pemikiran lebih keras, semacam film misteri. Tentunya hal ini akan menguras pikiran dan ingatan Anda. Dampaknya, pikiran menjadi lelah dan kurang bisa melakukan hal-hal positif lainnya.

Kurangnya Sosialisasi dan Pergaulan

Bahaya menonton film justru bisa membuat Anda kurang tertarik bersosialisasi atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Anda menjadi terlalu asyik dengan sains dan larut dalam kisahnya yang menarik. Ini bisa membuat Anda menjadi orang yang “manis” atau mudah bergaul.

Dampak yang satu ini kurang baik bagi perkembangan Anda karena dapat membuat Anda kehilangan kesempatan untuk mempraktikkan komunikasi, sosial, interpersonal, dan keterampilan lainnya.

Masa depan Anda bisa mengalami kendala jika hobi menonton film tidak ditangani dengan bijak. Tuntutan mensosialisasikan dunia karir atau lingkungan tempat tinggal Anda dapat menjadikan hidup Anda lebih baik dan nyaman.

Memiliki Penyimpangan Perilaku

Tidak semua film itu buruk, tetapi kebanyakan film memiliki suguhan yang dapat mempengaruhi perilaku penontonnya. Film dengan genre tertentu biasanya memiliki adegan kekerasan atau adegan lain yang memancing hawa nafsu.

Adegan-adegan ini, yang sering dianggap sebagai bagian yang menyenangkan, akan memasuki pikiran bawah sadar Anda tanpa Anda sadari. Otak Anda akan merekam adegan tersebut dan kemungkinan besar ketika Anda mengalami kondisi serupa, Anda akan menirunya.

Dapatkah Anda bayangkan jika film tersebut memuat karakter atau tindakan yang menyimpang dari norma sosial, moral, dan aturan agama? Secara bertahap, hal-hal tersebut dapat mengubah karakter Anda sehingga Anda dapat memiliki perilaku menyimpang tersebut.

Mendapatkan Kosakata yang Buruk

Tidak semua film memiliki kosakata yang baik. Jika Anda menonton film dengan teks film yang memiliki pemahaman bahasa yang tinggi dan positif maka itu tidak masalah. Akan tetapi terkadang ada film dengan teks yang vulgar dan pemahaman bahasa yang rendah.

Dan itu malah membuat orang yang menonton menjadi ikut menggunakan kosakata tersebut. Tata bahasa yang buruk dan kata-kata informal menjadi lebih melekat dari yang seharusnya.

Mendapatkan Missed informasi

Tidak semua film yang didasarkan atau diilhami oleh kisah nyata sesuai dengan fakta sejarah. Ada film yang dengan sengaja mengubah fakta dari cerita aslinya untuk tujuan tertentu. Perubahan ini sengaja dilakukan karena ingin membuat filmnya lebih dramatis, memiliki jalan cerita yang bagus, atau bahkan menjadi propaganda.

Jika perubahannya kecil dan tidak penting, maka tidak akan berpengaruh. Namun, bagaimana jika ceritanya telah berubah cukup banyak atau pada bagian yang sangat fatal untuk diubah. Anda dan penonton lainnya juga cenderung menganggap sejarah orisinal serupa dengan cerita yang difilmkan.

Hal ini cukup fatal dan berdampak negatif pada pemahaman fakta sejarah, biografi, atau peristiwa tertentu. Tak heran nantinya akan semakin banyak perdebatan karena ada orang-orang tertentu yang menjadi rujukan film

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer