BerandaPenyebab Kanker Payudara pada Wanita dan Cara Mencegahnya

Penyebab Kanker Payudara pada Wanita dan Cara Mencegahnya

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang lebih sering mengancam kesehatan wanita dibandingkan pria. Kanker ini dikenal sebagai penyakit berbahaya yang dapat mematikan, sehingga di khawatirkan oleh semua orang.

Seseorang yang mengalami penyakit kanker payudara akan mengalami suatu gejala, seperti keluarnya darah dari puting, adanya benjolan di payudara, dan terjadinya perubahan bentuk atau tekstur pada puting atau payudara.

Kanker payudara terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali di payudara. Sedangkan faktor lain yang menyebabkan munculnya penyakit ini, sebagai berikut :

Apa Saja Penyebab Terjadinya Penyakit Kanker Payudara?

Jarang Berolahraga

Penyebab munculnya kanker payudara yang pertama adalah jarang berolahraga. Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Tips Gaya Hidup Sehat Bagi Remaja

Sistem kekebalan yang lemah akibat kurangnya intensitas olahraga dapat memicu terjadinya penyakit, seperti kanker payudara. Bisa dikatakan bahwa olahraga sangat berpengaruh pada kesehatan, sehingga jarang berolahraga menjadi salah satu menyebab munculnya penyakit kanker payudara.

Mengonsumsi Rokok

Merokok merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh seseorang. Rokok itu sendiri adalah kertas dengan ukuran panjang yang berisi tembakau dan dikonsumsi oleh bayak orang, baik pria maupun wanita.

Rokok memiliki banyak kandungan yang tidak baik bagi tubuh, seperti kandungan nikotin, tar, karbon monoksida, benzena, arsenik, hidrogen sianida, dan masih banyak lagi kandungan lainnya.

Peneliti menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat dapat memperburuk kesehatan organ tubuh lainnya, termasuk mempercepat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Bisa dikatakan bahwa merokok juga menjadi penyebab munculnya penyakit kanker payudara.

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau disebut dengan Obesitas juga dikenal sebagai penyebab terjadinya penyakit kanker payudara, terutama wanita lansia. Ini terjadi karena disebabkan oleh penumpukan lemak jahat yang mampu membentuk lebih banyak hormon estrogen.

Faktor Genetik

Faktor lain yang menjadi penyebab kanker payudara adalah faktor genetik / keturunan. Seseorang yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit kanker payudara, baik dari dirinya maupun garis dari keturunannya.

Maka risiko terkena kanker payudara, meski telah dilakukan operasi pengangkatan sel tumor payudara. Sehingga disarankan bagi Anda yang memiliki riwayat kanker payudara, sebaiknya hati – hati agar penyakit tersebut tidak menurun.

Mengnsumsi Alkohol

Selain dari beberapa penyebab yang sudah dijelaskan di atas, munculnya kanker payudara juga disebabkan karena mengonsumsi alkohol. Alkohol merupakan suatu istilah umum untuk kandungan senyawa organik yang memiliki gugus hidroksil yang terikat pada atom karbon.

Selain itu, alkohol dikenal sebagai kandungan yang terdapat pada minuman keras yang biasanya dikonsumsi oleh sebagian orang. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi alkohol baik itu sedikit maupun banyak dapat memperburuk kesehatan.

Bagaimana Cara untuk Mencegah Munculnya Penyakit Payudara?

Dari beberapa penyebab munculnya penyakit kanker yang sudah kami jelaskan, tentunya Anda sebagai manusia yang ingin memiliki tubuh sehat dan kuat akan selalu menajaga kesehatan tubuhnya.

Tujuanya agar dapat mencegah munculnya penyakit kanker payudara yang menyerang kesehatan wanita. Dalam hal ini akan dijelaskan mengenai cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Berikut ulasanya, diantaranya meliputi :

Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit payudara adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat dapat menurunkan risiko beberapa jenis penyakit yang mengancam kesehatan, seperti kanker, dan penyakit lainnya.

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Herbal Bermanfaat untuk Kesehatan

Salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi adalah mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun extra-virgin yang berfungsi untuk menurunkan risiko kanker payudara. Mediterania disajikan dalam bentuk makanan seperti buah – buahan, sayur – sayuran, biji – bijian, kacang – kacangan dll.

Bagi Anda yang ingin mencegah terjadinya kanker. Solusi tepat yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi dan mengikuti pola makan Mediterania dengan memilih lemak sehat, seperti ikan.

Olahraga

Cara kedua yang dapat dilakukan agar bebas dari penyakit berbahaya seperti kanker payudara adalah melakukan olahraga secara rutin. Olaharaga merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan sistem imun.

Sistem imun atau disebut dengan sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi yang sangat sentral dalam pertahanan tubuh manusia. Bisa dikatakan tanpa sistem imun, tubuh akan mudah terserang kuman, dan virus. Fungsi lain dari imun adalah melawan serangan berbagai jenis patogen, sehingga tubuh Anda tetap dalam kondisi yang sehat.

Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Anda juga dapat mencegah munculnya beberapa penyakit yang berbahaya dan mematikan seperti penyakit kanker payudara.

Kontrol Berat Badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kelebihan berat badan atau disebut dengan Obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Sehingga disarankan bagi Anda yang ingin tetap sehat dan bebas dari penyakit tersebut. Anda bisa mencegahnya dengan mengendalikan berat badan.

Berat badan disebabkan karena beberapa faktor seperti faktor genetik, pola makan yang buruk, gaya hidup, dan obat – obatan. Mengatasi berat badan dapat dilakukan dengan cara menjaga pola makan, pola tidur, olahraga, mengonsumsi makanan yang tepat, dan minum sebelum sarapan.

Baca juga: Jenis Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan

Sehingga dengan mengontrol berat badan tidak hanya mencegah penyakit kanker payudara saja. Akan tetapi, manfaat lain yang bisa diperoleh adalah meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol diabetes, dan menurunkan risiko penyakit stroke.

Hindari merokok

Selain mengontrol berat badan, menghindari rokok adalah hal tepat yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker payudara. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan yang terdapat pada rokok, seperti nikotin dapat meningkatkan risiko kanker.

Jika Anda ingin tetap memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Mulailah mencoba untuk berhenti mengonsumsi rokok secara perlahan. Jika Anda perokok pasif, sebaiknya hindari diri Anda  dari paparan asap rokok dan polusi di sekitar Anda. Penelitian menunjukkan bahwa perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan dengan perokok aktif yabg hanya mengeluarkan asap rokok.

Hindari Alkohol

Cara terakhir yang perlu dilakukan untuk mencegah munculnya kanker payudara adalah hindari Alkohol. Tidak sedikit orang yang meranggapan bahwa alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan. Semakin banyak alkohol yang Anda minum, maka semakin besar pula risiko Anda terkena kanker payudara.

Uraian ini dihasilkan berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh seorang ahli tentang pengaruh alkohol terhadap risiko kanker payudara. Sehingga disarankan, bagi Anda yang ingin mencegah munculnya penyakit berbahaya sebaiknya hindari minuman yang memiliki kandungan alcohol.

Nah, itulah beberapa uraian yang dapat kami jelaskan mengenai penyebab kanker payudara dan bagaimana cara mencegahnya. Dari pembahasan tersebut, semoga kita bisa menjaga kesehatan dengan baik dan dijauhkan dari penyakit yang berbahaya. Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami dan semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer