BerandaManfaat Teknologi AI di Smartphone

Manfaat Teknologi AI di Smartphone

Manfaat Teknologi AI di Smartphone – Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini beberapa smartphone banyak yang sudah di percanggih dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) di software dan hardwarenya.

Banyak produk smartphone yang telah dibekali dengan teknologi AI. Tak hanya di smartphone kelas atas, yang mana smartphone kelas menengah juga banyak yang dibekali dengan teknologi AI.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur View Once di Whatsapp

Beberapa teknologi AI sering tersemat di smartphone keluaran tahun 2017. Dan hingga saat ini tren AI di hp smartphone terus mengalami perkembangan.

Berikut ini merupakan beberapa yang telah kami rangkum mengenai manfaat teknologi AI di Hp smartphone, antara lain yaitu :

Apa Saja Manfaat Teknologi AI di HP Smartphone ?

Kamera Hp Bisa Lebih Baik Mendeteksi Obyek

Dengan adanya AI di kamera smartphone akan semakin membuat inovasi dari kamera smartphone menggeliat tiap tahunnya.

Adanya AI di smartphone bisa membuat antarmuka kamera smartphone bisa mendeteksi objek di dalam frame foto.

Baca juga: Fitur Video Estetik di HP Oppo Reno 6

Baik itu untuk pemandangan yang diambil dengan cara landscape atau objek bunga dengan detail yang tentu akan lebih tajam.

AI juga dapat meningkatkan kualitas foto bokeh yang biasanya sebelumnya hanya dapat dihasilkan lewat kamera digital. Teknologi AI juga dapat mengenal fitur wajah dengan adanya teknologi facial recognition.

Penerjemah Real Time Tanpa Internet

Beberapa aplikasi penerjemah dapat menerjemahkan gambar, teks, suara, dan video secara real time atau saat itu juga.

Walaupun perlu adanya koneksi internet. Namun dengan adanya teknologi AI saat ini, proses penerjemah dapat dilakukan secara offline.

Baca juga: Perlu Diketahui! Fitur Canggih pada iPhone

Contohnya seperti di dalam aplikasi iTranslate yang dapat menerjemahkan dalam beberapa bahasa tertentu.

Membantu Tugas Harian

Teknologi AI didesain untuk beradaptasi dan belajar setiap kali digunakan. Sistem AI di smartphone bisa mempelajari pola pemakaian si pengguna, lalu mengaplikasikannya ke dalam penggunaan sehari – hari.

Baca juga: Review HP iPhone terbaru, iPhone 12 Pro Max

Contohnya seperti mengaktifkan bluetooth, menonaktifkan nada dering, atau menutup aplikasi yang sedang berjalan di background setiap beberapa jam.

Pemindai Wajah

Saat pertama kali diperkenalkan oleh apple, teknologi face ID pada Hp iPhone X ini akhirnya menimbulkan skeptisme.

Terutama bagi Anda para penggemar iPhone yang mana  mereka lebih aman memakai touch ID di hp mereka.

Apple juga berargumen bahwa face ID pada Hp iPhone X dapat memindai dengan kamera TrueDepth yang memakai 30.000 titik infra red dan gambar infra red 2D dalam memetakan kontur wajah.

Baca juga: Review HP iPhone 11 Pro Max, Flagship Terbaik Apple

Kemudian, teknologi ini juga telah hadir di beberapa vendor smartphone lainnya dengan nama yang berbeda-beda. Facial recognition atau pemindai wajah juga dapat mengenali pemilik wajah hanya dari sebuah foto.

Di beberapa smartphone ada yang mengumpulkan fitur selfie contohnya seperti di hp oppo F5 fitur beauty recognition yang dapat mengenali usia, jenis kelamin, warna kulit, dan jenis kulit pada obyek secara detail.

Voice Assistant

Beberapa asisten digital yang dapat menerima perintah suara, saat ini banyak sekali yang bermunculan di beberapa hp smartphone flagship.

Seperti yang sudah kita ketahui beberapa diantaranya yaitu, google assistant, Alexa, Bixby, Cortana, atau Siri berapa tahun belakangan ini.

Baca juga: Review Hp Android Terbaru, Xiaomi Redmi Note 10

Asisten digital dapat merespon suara agar melakukan beberapa tugas seperti menjawab pesan singkat, membacakan isi berita, atau memutarkan lagu. Teknologi AI di voice assistant selalu menjadi tren hingga saat ini.

Itulah beberapa manfaat teknologi AI di smarphone yang dapat kami jelaskan. Semoga dapat membantu!

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer