BerandaKelebihan Teknologi Pada Masa Digital Saat Ini

Kelebihan Teknologi Pada Masa Digital Saat Ini

Sebuah benda dan objek yang berupa bahan dan wujud yang berbeda dibanding dengan manusia biasa adalah teknologi. Arti lainnya dari teknologi adalah suatu proses yang dapat meningkatkan nilai tambah.

Proses yang dimaksud dapat menghasilkan macam – macam produk tertentu, yang mana produk yang bersangkutan tidak terpisah dari produk yang telah ada sejak dahulu.

Salah satu metode untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan, keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia juga dapat diartikan sebagai teknologi.

Baca juga: Mengenal NFC dan manfaatnya untuk Hp Android

Sementara komunikasi merupakan proses ketika seseorangan, kelompok, beberapa orang, organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung.  

Komunikasi juga didefinisikan sebagai cara pengiriman komunikasi, ide emosi, keterampilan, dan lain – lain dengan menggunakan simbol, kata-kata, foto, gambar, angka, video dan sebagainya.

Telekomunikasi adalah proses meningkatkan nilai tambah untuk memudahkan pengiriman informasi baik secara verbal maupun non verbal dan berhubungan dengan komunikasi jarak jauh dengan pengirim dan penerima pesan.

Apa saja kelebihan teknologi pada masa digital saat ini?

Teknologi pada masa digital saat ini adalah teknologi komunikasi digital atau komunikasi online yang merupakan komunikasi berbasis komputer untuk mengirim dan menerima pesan atau bertukar kabar lewat platform digital.

Baca juga: Tujuan dan Fungsi dari Teknologi Informasi

Teknologi komunikasi ini selalu berkembang dan bergantung pada penemuan alat berbasis teknologi internet, kita pun dapat berkomunikasi secara tidak langsung karena teknologi ini.

Kelebihan teknologi pada masa digital saat ini adalah sebagai berikut :

  1. Teknologi digital memiliki alat-alat canggih yang lebih stabil, praktis serta memiliki daya tahan yang lama dalam pemakaiannya. Biaya pemeliharaan dan perawatan dari teknologi digital juga lebih hemat, keandalan dan fungsinya juga lebih baik, pun dalam pemakaian ruang yang lebih kecil serta konsumen daya yang relatif rendah.
  2. IC atau teknologi integrated circuit atau yang lebih akrab dijuluki chips membuat penggunaan teknologi digital lebih praktis karena ukuran atau diameternya kecil. Kualitas komunikasi pun menjadi lebih mudah dan tidak bergantung pada jarak karena adanya teknologi digital pada masa atau zaman ini.
  3. Hematnya lagi alat-alat yang ada pada teknologi digital cenderung lebih stabil, praktis dan memiliki data tahan yang lama dalam pemakaiannya. Ini menyebabkan biaya pemeliharaan menjadi jauh lebih sedikit. Teknologi digital juga memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan benar dan baik.

Selain beberapa kelebihan di atas. Selanjutnya Anda juga perlu mengetahui kekurangannya.

Adapun kekurangan teknologi pada masa digital saat ini adalah sebagai berikut :

  1. Teknologi digital tidak mewakili emosi pengguna, dan pengguna teknologi digital menjadi lebih terbatas untuk berekspresi.
  2. Teknologi digital memerlukan perangkat tertentu dan kerap terjadi kesalahan ketika digitalisasi.
  3. Teknologi digital didominasi dunia oleh teknologi analok, teknologi digital juga bentuk dari investasi publik.
  4. Rangkaian elektronika dari teknologi digital cenderung lebih rumit atau kompleks.

Teknologi komunikasi digital memang memiliki kekurangan, namun siapa sangka bahwa banyak orang yang menggunakan teknologi komunikasi digital ini.

Ini dikarenakan teknologi komunikasi digital cenderung membantu orang untuk berkomunikasi karena dapat digunakan oleh siapa pun tanpa batas tempat dan waktu.

Baca juga: Mengenal Tentang Komponen Teknologi Informasi

Selain itu, Anda juga tetap dapat berkomunikasi dengan orang terdekat menggunakan teknologi.

Itulah yang dapat kami jelaskan mengenai kelebihan teknologi pada pada masa digital saat ini.

Semoga artikel ini bermanfaat .

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer