BerandaJenis Kuliner yang Paling Banyak Diminati di Indonesia

Jenis Kuliner yang Paling Banyak Diminati di Indonesia

Bagi Anda para pecinta kuliner tentunya sangat suka untuk upmencoba bermacam-macam kuliner yang enak dan khas dari seluruh Indonesia. Indonesia yang memiliki banyak sekali suku serta budaya tentunya akan memiliki banyak makanan-makanan khas dari masing-masing daerah tersebut.

jenis kuliner
Jenis kuliner

Dan dari beberapa makanan khas tersebut, tentunya ada beberapa makanan yang paling diminati dan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang lezat.

Baca juga: Taiger Sprung, Spot Menyantap Dimsum Terbaik di Jogja

Indikator sebuah kuliner bisa dikatakan paling banyak diminati yaitu dengan cara melihat seberapa banyak makanan tersebut dijual, baik itu di restoran maupun di pinggir-pinggir jalan kaki lima.

Apa saja kuliner khas Indonesia yang paling banyak diminati?

Berikut kami telah merangkum beberapa makanan khas Indonesia yang paling diminati oleh masyarakat di berbagai daerah. Jika Anda belum pernah merasakan salah satu dari makanan yang disebutkan berikut, maka Anda perlu untuk membuat mulai mencoba mencicipinya. Kuliner khas tersebut antara lain yaitu:

Nasi goreng

Makanan ini sangatlah mudah ditemukan oleh Anda, karena memang makanan ini sangatlah populer di berbagai daerah di Indonesia. Banyak warung-warung di pinggir jalan yang menyediakan nasi goreng.

Terbukti nasi goreng diminati oleh banyak warga Indonesia dari sekian banyaknya para pedagang yang menjual makanan ini. Hampir semua daerah di Indonesia yang menjualnya. Nasi goreng diminati tidak hanya oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah, namun juga masyarakat malah ke atas tak kalah doyan mengonsumsi kuliner ini.

Soto

Kuliner berikutnya yang juga merupakan kuliner paling banyak diminati yaitu soto. Soto merupakan makanan khas dari Indonesia. Soto terbuat dari beberapa campuran seperti kubis, daging, toge, mie putih dan beberapa rempah-rempah sebagai penyedap rasa.

Baca juga: Bubur Hayam, Spot Menikmati Bubur Terbaik

Yang membuat soto ini semakin terasa enak yaitu kuahnya yang menggunakan kaldu ayam maupun kaldu sapi. Di masing-masing daerah, soto memiliki rasa yang berbeda antara satu sama lain.

Jadi jika Anda sedang berkunjung di suatu daerah lain di Indonesia, maka Anda perlu mencoba soto daerah tersebut. Bisa saja soto daerah tersebut jauh lebih enak dari soto dari daerah Anda.

Opor ayam

Yang perlu Anda ketahui dari opor ayam yaitu makanan ini biasanya hanya muncul pada momen-momen tertentu saja seperti misalnya pada saat hari raya idul Fitri. Anda yang sangat suka sekali dengan makanan berupa ayam maka patut untuk mencoba opor ayam ini.

Baca juga: Es Campur Pak Bejo

Akan terasa lebih nikmat jika makanan ini disajikan persamaan dengan ketupat serta ditambah sambal goreng. Bagi Anda yang mungkin belum pernah mencoba opor ayam maka sebaiknya Anda coba makanan ini saat lebaran nanti.

Gudeg yogyakarta

Kuliner yang satu ini berasal dari daerah Yogyakarta. Namun tidak hanya terkenal di daerah Jogjakarta saja, makanan ini juga terkenal di banyak daerah karena rasanya yang memang lezat. Makanan ini memiliki cita rasa manis sehingga banyak wisatawan yang memburu kuliner satu ini.

Terutama saat para wisatawan tersebut berkunjung ke Jogja. Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia memang umumnya sangat menyukai makanan-makanan yang terasa manis seperti misalnya kupat tahu, tahu bacem serta gudeg ini.

Baca juga: Kenikmatan Brownies Honabelle yang Fenomenal

Jadi disarankan ketika Anda berkunjung ke daerah Jogjakarta, maka cobalah untuk mencicipi rasa gudeg. Umumnya gudeg akan disajikan pada Anda bersama dengan nasi hangat ayam kampung serta ditambah telur kecap.

Dengan tambahan-tambahan tersebut gudeg akan terasa lebih nikmat lagi di lidah Anda. Oleh karena itulah sangat wajar jika makanan ini menjadi makanan yang paling diminati di Indonesia.

Dimanakah letak makanan rawon?

Rawon

Kuliner selanjutnya merupakan kuliner khas dari provinsi Jawa timur yaitu rawon. Jika Anda berasal dari luar daerah Jawa timur maka tidak ada salahnya ketika datang ke daerah ini Anda mencoba untuk mencicipi rawon yang memang terkenal sangat nikmat.

Baca juga: Burger Mbah Dinar, Burger Fenomenal di Jogja

Makanan ini memiliki warna kuah hitam dan agak kecoklatan, di dalamnya terkandung campuran-campuran daging sehingga memiliki rasa perpaduan antara asin, asam serta manis yang akan terasa begitu nikmat di lidah Anda saat Anda mulai menyantapnya. Saat Anda berada di daerah Jawa timur maka Anda tidak akan kesusahan untuk menemukan kuliner yang satu ini.

Rendang

Makanan selanjutnya yang juga paling diminati oleh masyarakat Indonesia yaitu rendang. Nyatanya rendang tak hanya terkenal di Indonesia saja namun juga di dunia kuliner ini sudah mulai banyak dikenal.

Saat Anda menyantap kuliner ini, maka Anda akan merasakan rasa rempah yang begitu kuat khas Indonesia.  Bahan baku pembuatan rendang ini yaitu daging sapi. Daging tersebut dimasak dengan kuah kental yang merupakan campuran dari rempah-rempah dan dimasak dalam proses yang cukup lama.

Baca juga: Roti Gembong Gembul, Roti Berbagai Varian Rasa Nikmat

Proses yang memakan waktu cukup lama tersebut akhirnya membuat daging sapi akan terasa begitu empuk serta bumbu-bumbu rempah akan meresap hingga ke bagian dalam daging.

Kuah rendang yang terasa amat kental semakin membuat makanan ini terasa begitu nikmat, sajikan makanan ini bersama dengan nasi hangat maka Anda akan menemukan sensasi lezat yang luar biasa.

Mie ayam

Kuliner berikutnya yaitu mie ayam. Mungkin semua masyarakat Indonesia telah mengenal menu makanan yang memang banyak dijual di banyak daerah-daerah Indonesia. Penyajian makanan ini tergolong sangatlah cepat.

Namun jangan salah makanan ini amat diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia. Mie ayam umumnya banyak ditemukan di daerah-daerah Jawa, namun Anda juga bisa menemukan menu ini di daerah lain selain pulau Jawa.

Baca juga: 6 Makanan Sehat dan Bergizi Serta Khasiatnya Bagi Tubuh

Dari namanya saja Anda akan mengetahui bahwa mie ayam memiliki bahan baku berupa mie yang dicampur dengan ayam kampung.  Namun jangan salah, mie ayam ini memiliki rasa yang tidak sama seperti mie instan. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya Anda wajib untuk sekali mencoba.

Kerak telor

Mungkin bagi sebagian orang kuliner ini masih terasa asing. Kuliner yang satu ini banyak memiliki peminat. Makanan ini termasuk makanan khas daerah Betawi, Jakarta. Dari namanya saja Anda pasti dapat menebak bahwa bahan baku dari kerak telor yaitu berupa telur.

Pembuatan makanan ini tidak memakai minyak, sehingga terbilang cukup unik. Saat Anda memakan makanan ini, maka Anda akan merasakan sensasi gurih disertai dengan bumbu-bumbunya yang nikmat.

Jika Anda berkunjung ke daerah Jakarta, Anda akan banyak menemukan penjual yang menyediakan kerak telur di menunya. Cobalah sesekali makanan ini, siapa tahu Anda akan ketagihan dibuatnya karena memang rasanya yang begitu nikmat.

Gulai ikan patin

Kuliner berikutnya yang juga paling diminati di Indonesia yaitu gulai ikan. Makanan ini terasa sangat nikmat serta khas Indonesia. Ada banyak sekali jenis gula yang bisa Anda pilih seperti contohnya gulai ayam, gulai sapi, gulai kambing serta gulai ikan patin.

Bagi Anda yang ingin mencoba gulai ikan patin, maka Anda arus siap-siap dengan nikmatnya makanan tersebut. Ikan patin yang disediakan umumnya ikan patin yang masih segar. Gulai ikan patin merupakan makanan yang khas daerah Jambi.

Cara memasak makanan ini yaitu dengan menggunakan daging dari buah durian yang sudah dilakukan fermentasi sebelumnya. Namun saat ini karena bau dari fermentasi buah durian tersebut begitu menyengat, maka mulai diganti dengan menggunakan santan kelapa.

Baca Juga : 13 Jenis Kuliner yang Wajib Dicoba

Rasanya pun tak kalah nikmat seperti sebelumnya. Bagi Anda yang belum pernah mencoba gulai ikan patin, maka ketika Anda berkunjung ke daerah Jambi sebaiknya Anda mencoba untuk mencicipi makanan ini. Karena dijamin Anda tidak akan menyesal oleh kelezatannya.

Apa yang dimaksud dengan makanan Bandeng Presto?

Bandeng presto

Makanan khas selanjutnya yaitu bandeng presto yang memiliki cita rasa yang begitu nikmat. Makanan ini menggunakan bahan baku ikan bandeng di mana ikan tersebut nantinya akan dimasak dengan panci presto menggunakan tekanan yang tinggi.

Hal tersebut akan membuat daging dari ikan bandeng menjadi lunak hingga ke bagian tulangnya. Agar lebih nikmat bandeng nanti akan digoreng serta dimakan bersama dengan bahan-bahan lain seperti misalnya sambal.

Ikan bandeng diketahui memiliki banyak sekali nutrisi yang baik bagi tubuh Anda, sehingga kuliner yang satu ini sangatlah menyehatkan. Bandeng presto ini dikenal memiliki daya tahan yang cukup lama sehingga cocok untuk Anda gunakan sebagai oleh-oleh dan tidak perlu takut makanan ini nantinya akan bau atau kadarluarsa.

Pendap

Pendap juga merupakan salah satu kuliner khas yang paling diminati di negara Indonesia. Kuliner yang satu ini berasal dari Bengkulu. Jadi bagi Anda yang berencana untuk bermain ke daerah Bengkulu tidak ada salahnya untuk mencoba makanan pendap yang merupakan makanan khas daerah tersebut.

Pendap merupakan campuran dari parutan kelapa dengan rempah-rempah tertentu. Makanan ini terasa sangat gurih di lidah. Makanan ini memang mirip seperti pepes di daerah Sunda yang juga tak kalah terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Bika ambon

Dari namanya mungkin Anda akan menebak bahwa makanan ini merupakan kuliner khas dari daerah Ambon. Namun sayangnya tebakan Anda tersebut salah, karena memang makanan ini berasal dari daerah Medan provinsi Sumatera barat.

Bagi masyarakat Indonesia, makanan ini biasanya dijadikan sebagai makanan cemilan. Bika memiliki tekstur yang begitu lembut dan kenyal. Aromanya yang sangat wangi serta rasanya yang begitu manis membuat makanan ini banyak diminati.

Baca juga: Makanan Termahal di Seluruh Dunia

Bagi Anda yang suka sekali ngemil, maka tidak ada salahnya untuk mencoba makanan ini. Anda bisa menemukan Bika Ambon di toko-toko yang menjual roti ataupun pusat oleh-oleh.

Empek-empek palembang

Kuliner selanjutnya yang juga paling diminati di Indonesia yaitu empek-empek. Empek-empek ini berasal dari wilayah Palembang, namun karena rasanya yang begitu lezat makanan ini juga sangat digemari oleh masyarakat di luar daerah Palembang.

Oleh karena itulah makanan ini juga banyak dijual di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Empek-empek berbahan dasar ikan yang nantinya akan dicampur dengan tepung kanji ataupun tepung sagu. Kuah dari empek-empek ini terasa begitu nikmat dan juga lezat.

Itulah tadi beberapa kuliner khas dari Indonesia yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Bagi Anda yang belum pernah mencoba salah satu kuliner tersebut, maka tidak ada salahnya Anda untuk mencoba. Terutama bagi Anda para pemburu kuliner dengan cita rasa yang nikmat serta aroma masakan yang khas daerah-daerah Indonesia.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer