BerandaJajanan Berbahan Ketan yang Enak

Jajanan Berbahan Ketan yang Enak

Berbagai jenis makanan jajanan berbahan ketan yang enak dan cukup populer dikalangan masyarakat saat ini sudah banyak tersedia, salah satunya adalah kue basah berbahan ketan.

Dalam hal ini, tidak sedikit jajanan yang digunakan untuk keperluan acara formal terbuat dari bahan dasar ketan.

Makananberbahan ketan

Ini disebabkan karena ketan memiliki rasa yang enak dan nikmat. Tidak heran jika ketan ini merupakan bahan dasar dari berbagai jenis kue basah. 

Berikut akan kami jelaskan mengenai beberaoa jenis jajanan yang terbuat dari ketan, diantaranya meliputi :

Apa Saja Jenis Mkaanan yang Terbuat dari Bahan Ketan ?

Jajanan Lemper

Lemper merupakan jajanan berbahan ketan yang enak dan populer di indonesia.

Lemper ini dikenal sebagai kue basah yang biasa digunakan di acara – acara tertentu, seperti acara hajatan, hantaran, ataupun disebut dengan jajanan tradisional.

Kue ini terbuat dari bahan dasar ketan yang dilengkapi dengan bahan lainnya seperti, kelapa yang sudah dibumbui, ketan, garam, daun pandan, dan daun pisang sebagai wadahnya.

Karena itulah tidak heran jika banyak dari sebagian orang yang menyukai makanan ini. Karena lemper adalah makanan yang memiliki rasa yang enak, lezat dan nikmat.

Jajanan Semar Mendem

Semar mendem adalah jenis kue yang bentuknya hampir sama dengan lemper, hanya saja semar mendem tidak menggunakan penutup seperti jajanan lemper yang diwadahi atau ditutupi oleh daun pisang. 

Semar mendem itu sendiri merupakan kue basah yang memiliki cita rasa enak, gurih dan cukup mengenyangkan.

Namun sayangnya, kue yang satu ini cukup langka dan tidak mudah dijumpai.

Karena itulah Anda bisa membuatnya sendiri dirumah jika ingin menikmati jajanan semar mendem ini, yang mana kue ini terbuat dari bahan dasar ketan dan dilengkapi dengan bahan lainnya seperti santan, daun salam, serai, dan garam.

Bagi Anda yang ingin membuat jajanan semar mendem ini, maka Anda harus mempersiapkan bahan – bahan yang sudah kami cantumkan di atas.

Wajik

Jajanan berbahan ketan selanjutnya yang sangat populer dikalangan masyarakat adalah wajik. Ini adalah kue basah yang memiliki rasa manis dan tampilannya juga menarik.

Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bentuk yang Anda inginkan. Biasanya kue ini dihidangkan setiap ada acara, seperti pernikahan, hajatan dan acara lainnya.

Sementara pembuatannya juga cukup mudah, karena jajanan ini terbuat dari bahan ketan, gula merah, daun pandan, dan bahan – bahan lainnya yang berkaitan.

Dengan rasa yang manis, nikmat dan mudah pembuatannya. Tidak heran jika wajik dikenal sebagai jajanan yang disukai oleh banyak orang.

Lupis Ketan

olahan makanan dari buah

Sesuai dengan namanya, bahwa lupis ketan ini terbuat dari bahan ketan yang sering dikonsumsi oleh orang – orang.

Ini adalah jajanan yang tak kalah populernya dibandingkan beberapa jenis kue basah di atas. Selain rasanya yang enak,  pembuatannya juga mudah.

Sehingga membuat seseorang tidak bosan untuk menikmati jajanan lupis ketan ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati kue ini, namun tak ingin membelinya.

Anda dapat membuatnya sendiri dirumah, yang mana lapis ketan ini hanya terbuat dari beras ketan yang dilengkapi dengan bahan lainnya seperti daun pandan, gula putih, gula merah, dan kelapa yang diparut.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kemi jelaskan mengenai jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar ketan.

Terima kasih untuk Anda yang sudah berkunjung ke situs kami, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat .

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer