BerandaHukum Investasi Syariah di Reksadana Menurut MUI

Hukum Investasi Syariah di Reksadana Menurut MUI

Hukum Investasi Syariah di Reksadana Menurut MUI – Negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia adalah Indonesia.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan umat muslim adalah investasi halal atau haram. Masyarakat muslim biasanya lebih memilih emas sebagai sarana investasi.

Namun, untuk investasi reksadana, Anda tidak perlu meragukan lagi.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Investasi

Karena dalam hal ini telah hadir Reksadana Syariah yang cocok sekali untuk kalian para kaum muslim.

Masyarakat muslim tak perlu khawatir untuk kaum muslim yang diperkuat oleh fatwa dari MUI yang berisi tentang investasi Reksadana dewan syari’ah nasional majelis ulama Indonesia.

MUI telah memperbolehkan masyarakat muslim untuk berinvestasi di reksadana.

Sekedar wawasan bahwa reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari investor.

Akad Wakalah dan Mudharabah

Pada prinsip pengelolaan dalam reksadana syariah, manager investasi hanya membeli produk syariah yang telah terdaftar dalam Daftar Efek Syariah sementara untuk reksadana sendiri.

Secara konvensional bebas membeli produk yang diterbitkan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Jika Anda masih bingung mengapa reksadana syariah itu halal, maka Anda perlu membaca artikel ini lebih lanjut.

Pemberian mandat atau pelimpahan kekuasaan disebut dengan wakalah.

Di sini investor mempercayai dana yang dikelola oleh manager investasi untuk melakukan kegiatan investasi yang telah disepakati dan sesuai dengan yang telah tertera di prospektus reksadana.

Baca juga: Jenis-jenis Investasi di Pasar Modal

Sedangkan mudharabah merupakan suatu pemberian harta untuk dikelola dengan ketentuan keuntungan yang diperoleh dan dibagi sesuai syarat.

Mudharabah sendiri harus memenuhi syarat – syarat yang telah disepakati oleh kedua belah pihak tersebut, sedangkan untuk kerugian ditanggung oleh pemilik modal itu sendiri.

Sementara hal yang terdapat di investasi reksadana syariah adalah proses pemberian, yaitu hasil investasi yang diberikan harus melakukan pemisahan pendapat antara haram atau halal. Karena ini merupakan masalah nafkah yang akan dikonsumsi.

Bagaimana Melakukan Investasi di Reksadana Syariah ?

Reksadana Syariah

Hukum investasi syariah Reksadana syariah dari saham berupa dividen, Rights dan Capitan gain sedang dari obligasi dan pasar uang hanya berupa bagi hasil sesuai dengan prinsip syariah.

Investasi syariah Reksadana dengan bantuan robot bersama bibit.

Selain itu, Reksadana syariah juga menawarkan manager investasi yang bertanggung jawab terhadap produk syariah yang terdaftar dalam DES atau Daftar Efek Syariah.

Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir untuk kaum muslim yang bingung hendak berinvestasi di mana, kaum muslim tetap bisa berinvestasi di reksadana syariah.

Yaitu aplikasi yang menawarkan tabungan dan dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

MUI telah meresmikan reksadana syariah di ranah nasionalisme, dan telah terbukti halal untuk diikuti setiap muslim yang ada di Indonesia.

Baca juga: Tips Sukses Investasi Saham Bagi Kaum Milenial

Dalam kurun waktu satu tahun ini, Reksadana syariah seperti mandiri pasar uang syariah ekstra dapat memberi keuntungan hingga mencapai sebesar 6%, maka alangkah lebih baiknya untuk berinvestasi jangka panjang. Karena modal yang dikeluarkan juga sangat kecil, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Risiko yang timbul karena menurunnya harga aset di suatu portofolio reksadana adalah berkurangnya NAB.

Faktor yang dapat menyebabkan penurunan harga aset dalam suatu portofolio reksadana adalah penurunan kinerja emiten atau perusahaan.

Baca juga: Tips Meningkatkan Saham Paling Jitu

Sedangkan manager yang tidak bertanggung jawab atau keadaan pasar modal yang tiba – tiba turun atau terkena gerusan pasar modal, hal ini tentu sangat menggangu penjualan saham para pemilik reksadana syariah karena tentunya pemilik akan merugi karena hal tersebut.

Daftar AJAIB Investasi DISINI

ajaib investasi
Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer