BerandaGejala Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya

Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya

Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya- Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia, dimana organ ini terdiri dari kumpulan otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi untama dari jantung untuk mengedarkan darah berisi oksigen ke seluruh tubuh.

penyakit jantung
penyakit jantung

Tak hanya itu, jantung juga akan mengedarkan darah yang berisi segala macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Menjaga kesehatan jantung adalah hal penting yang harus dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa tidak sedikit orang di Indonesia saat ini terdeteksi penyakit jantung.

Baca juga: Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan dan Rambut

Penyakit ini bisa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, mengonsumsi rokok berlebihan, jarang berolahraga, dan lain sebagainya. Gejala yang akan dialami oleh penderita penyakit jantung juga terdiri dari berbagai jenis gejala mengancam kesehatan tubuh. Adapun gejala tersebut, sebagai berikut :

Apa Saja Gejala yang Dialami Oleh Penderita Penyakit Jantung?

Rasa Nyeri pada Lengan

Gejala penyakit jantung yang pertama adalah merasakan nyeri yang menyebar pada lengan. Rasa nyeri pada lengan yang dialami oleh penderita gagal jantung ini dimulai dari dada. Tidak sedikit penderita jantung yang mengalami gejala ini. Sehhingga pihak kesehatan mengungkapkan bahwa sebagian besar yang mengalami nyeri pada lengan ternyata terdeteksi serangan jantung.

Pusing Tak Henti – henti

Gejala kedua yang dialami oleh penderita penyakit jantung adalah pusing yang tak kunjung henti. Pusing merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh seseorang. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti lelah, aktivitas berlebihan, dan banyak pikiran. Perlu diketahui bahwa pusing juga tidak bisa diabaikan.

Karena jika Anda merasa pusing dan tiba-tiba merasa tidak stabil atau Anda juga mengalami ketidaknyamanan di dada atau sesak napas, maka segera melakukan pemeriksaan secara medis. Hal ini bisa terjadi kemungkinan tekanan darah Anda turun akibat jantung Anda tidak dapat memompa sebagaimana mestinya.

Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan merupakan salah satu gejala yang dialmi oleh penderita jantung. Kemungkinan besar, sakit tenggorokan terjadi disebabkan oleh beberapa masalah seperti flu, otot, atau masalah sinus.

Namun jika Anda mengalami nyeri atau tekanan di bagian tengah dada yang menyebar hingga ke tenggorokan atau di bagian rahang. Sebaiknya waspada dan lebih berhati – hati, setidaknya melakukan pemeriksaan secara medis.

Peneliti menunjukkan bahwa kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda serangan jantung. Sebab, tidak sedikit orang yang terdeteksi serangan jantung mengalami sakit tenggorokan atau sakit dibagian rahang.

Apakah yang Dimaksud dengan Keringat?

Berkeringat

Keringat merupakan cairan tubuh alami yang dikeluarkan oleh tubuh manusia. Keringat sendiri diartikan sebagai cairan yang memiliki kandungan garam, air dan lemak. Biasanya keringat dikeluarkan setelah melakukan aktivitas apapun.

Sehingga banyak yang beranggapan bahwa seseorang yang mengeluarkan keringat akibat bereaktivitas dapat membuang racun dari tubuh, menurunkan setres, menurunkankan risiko batu ginjal, dan meningkatkan kecantikan kulit.

Bisa dikatakan bahwa keringat yang keluar akibat bereaktivitas sangat baik bagi tubuh. Namun perlu diketahui bahwa ada pula yang mengeluarkan keringat adalah salah satu gejala penyakit berbahaya, seperti serangan jantung.

Keringat yang dikenal sebagai gejala penyakit jantung adalah berkeringat dingin tanpa alasan yang jelas. Biasanya kondisi ini terjadi secara bersamaan dengan gejala lainnya.

Batuk Panjang

Gejala penyakit jantung selanjutnya yang dialami oleh penderita adalah batuk yang tak kunjung henti atau disebut dengan batuk panjang. Batuk merupakan salah satu penyakit biasa yang dialami oleh seseorang.

Batuk ini biasanya terjadi bersamaan dengan penyakit biasa lainnya seperti flu dan pusing. Sehingga, hampir dari semua orang beranggapan bahwa batuk adalah penyakit biasa yang tidak membahayakan.

Namun, jika Anda mengalami batuk yang tidak wajar, seperti batuk panjang yang tak henti – henti. Sebaiknya kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan secara medis. Sebab, telah ditunjukkan oleh peneliti bahwa batuk panjang dikenal sebagai salah satu gejala dari penyakit jantung.

Dalam kebanyakan kasus, seseorang yang menderita serangan jantung  mengalami batuk yang berlangsung lama dan mengeluarkan lendir berwarna putih atau merah muda (pink).  Hal ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh, sehingga menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru.

Mudah Lelah

Mudah lelah merupakan gejala ke enam yang di alami oleh penderita serangan jantung. Lelah dikenal suatu masalah yang biasanya dirasakan oleh hampir setiap orang. Penyebab utama lelah pada seseorang adalah melakukan aktivitas yang berlebihan.

Bisa dikatakan bahwa seseorang yang selesai bereaktivitas tentunya merasakan lelah. Namun jika rasa lelah yang dirasakan terlalu berlebihan. Sebaiknya berhati – hatilah dan pastikan rasa lelah tersebut tidak terabaikan.

Beberapa peneliti menunjukkan bahwa rasa lelah yang berlebihan tanpa adanya alasan yang jelas adalah salah satu gejala terjadinya penyakit jantung. Gejala ini biasanya dirasakan hampir setiap hari, bahkan terkadang selama berhari-hari.

Detak Jantung Tidak Teratur

Gejala penyakit jantung yang terakhir adalah detak jantung tidak teratur. Jantung yang merupakan organ tubuh dan berfungsi untuk memompa darah ke seleruh tubuh tidak akan bekerja secara optimal. Kondisi ini akan terjadi pada seseorang yang terkena serangan jantung.

Dalam beberapa kasus, kondisi ini disebabkan oleh sesuatu yang mudah diperbaiki, seperti terlalu banyak kafein atau kurang tidur. Sedangkan dalam kasus lainnya menunjukkan bahwa hal ini bisa menandakan kondisi yang disebut fibrilasi atrium yang membutuhkan perawatan.

Jadi, apabila Anda merasakan gejala ini, datangi dokter dan lakukan pemeriksaan secara medis. Oleh sebab itu, jika Anda merasakan kondisi ini. Menjaga dengan mengontrol kesehatan adalah solusi tepat yang bisa dilakukan.

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Jantung?

Dari beberapa gejala penyakit jantung yang sudah kami jelaskan di atas, tentunya Anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar terutama bagi seseorang yang menderita penyakit jantung ingin tau bagaimana cara mengatasi penyakit tersebut.

Anda beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala yang dialami oleh penderita serangan jantung. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, sebagai berikut :

Olahraga Secara Teratur

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit jantung adalah melakukan olahraga secara rutin. Olahraga merupakan salag satu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Tips Gaya Hidup Sehat Bagi Remaja

Melakukan olahraga secara teratur akan memperoleh beberapa manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang bisa diperoleh adalah mengendalikan kadar gula darah, menjaga berat badan yang idel, dan meredakan sakit pada punggung.

Sedangkan manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan jantung dann meningkatkan sirkulasi. Sehingga bagi Anda yang mengalami gejala atau menderita penyakit jantung akan teratasi dengan melakukan olahraga teratur.

Hindari alkohol

Cara mengatasi terjadinya penyakit jantung yang ke dua adalah menghindari alkohol atau minuman yang mengnadung alkohol. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa alkohol ini sangat berbahaya dan mengancam kesehatan tubuh.

Penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi minuman yang terlalu banyak mengandung alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Selain itu, ini juga menambah kalori ekstra yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Keduanya hal tersebut sama – sama meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mengatasi penyakit jantung, sebaiknya hindari minuman yang berbau alkohol.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan – makanan sehat adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit jantung. Yang dimaksut dengan makanan sehat disini adalah makanan yang kaya nutrisi dan makanan yang mengandung protein seperti makanan tinggi natrium, dan gula. Salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah buah – buahan dan sayuran.

Baca juga: Jenis Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan

Baca juga: Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kedua jenis makanan ini dipercaya memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat pada buah atau pun sayuran dipercaya mampu membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Kedua hal tersebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Tidur yang Cukup

Cara ke empat yang bisa dilakukan untuk mengatasi terjadinya serangan jantung adalah tidur yang cukup. Sebab, seseorang yang kekurangan tidur risiko meningkatkan tekanan darah tinggi, diabetes dan mengalami obesitas.

Dari ketiga hal tersebut merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit jantung. Jika Anda ingin mengatasinya, pastikan tidur yang cukup dalam waktu kurang lebih 8 hingga 9 jam tidur setiap malam.

Baca Juga : 7 Jenis Tanaman Herbal Bermanfaat untuk Kesehatan

Kontrol Tekanan Darah

Mengontrol tekanan darah adalah cara ke lima yang perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit jantung. Dalam beberapa kasus, seseorang yang mengalami darah tinggi ternyata terdeteksi menderita serangan jantung.

Sehingga dapat dikatakan bahwa tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Penting untuk mengontrol tekanan darah secara teratur, setidaknya setahun sekali bagi orang dewasa. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

Hindari Rokok

Menghindari rokok adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, baik wanita, pria, anak, remaja, maupun dewasa. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah Anda, sehingga membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung.

Bahaya rokok tidak hanya berlaku pada perokok aktif saja. Akan tetapi, perokok pasif lebih berbahaya jika mereka menghirup asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok aktif. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, mengatasi dari berbagai penyakit berbahaya termasuk serangan jantung. Sosulsi tepat yang perlu dilakukan adalah menghindari rokok.

Pertahankan Berat Badan yang Ideal

Selain dari beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi munculnya penyakit jantung adalah mempertahankan berat badan yang ideal. Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau disebut dengan orang yang mengalami obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Hal ini disebabkan karena sebagian besar dari mereka yang mengalami obesitas terkait dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya, termasuk trigliserida darah tinggi, kadar kolesterol, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Penyebab Kanker Payudara pada Wanita dan Cara Mencegahnya

Mengontrol berat badan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Adapun cara tersebut seperti, jaga pola makan, jaga pola tidur, melakukan olahraga secara rutin, mengonsumsi makanan sehat dan menghindari kandungan lemak yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai gejala yang dialami oleh penderita serangan jantung, dan bagaimana cara mengatasinya. Dari cara yang sudah kami jelaskan di atas, semoga bisa di manfaatkan dengan baik, terutama bagi Anda yang menderita penyakit jantung. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer