BerandaMovieReview Film Korea What Happened to Mr Cha?

Review Film Korea What Happened to Mr Cha?

Film yang memiliki premis unik dan jarang ditemui dalam film yang sejenis adalah film Korea What Happened to Mr Cha.

Baca juga: Sinopsis Film Terbaik, Membuat Netizen Tertarik

Uniknya film yang baru tayang di Netflix akhir 2021 ini memiliki karakter utama yang dibintangi oleh dirinya sendiri, yaitu seorang aktor serial TV dan film terkenal di Korea Selatan. Premis di film ini amat jarang ditemukan di film Korea dengan genre yang sama, karena begitu unik.

Bagaimana Cuplikan Tentang Film Korea What Happened to Mr Cha ?

Cuplikan Cerita What Happened to Mr Cha

Mr. Cha adalah aktor serial TV dan film yang terkenal di Korea Selatan, Mr. Cha mulai menua walau dirinya merasa masih bisa bersaing dengan bintang papan atas Korea seperti Choi Min-Sik atau Lee Byung-Hun. Mr. Cha merasa fisiknya masih bagus dan wajahnya masih good looking, dan masih menjadi bintang iklan Apparel olahraga.

Namun ada yang tak disadari oleh Mr. Cha yaitu kebintangannya yang meredup.  Di dalam film Korea What Happened to Mr Chadijelaskan bahwa Mr Cha adalah artis papan atas yang selama 25 tahun menjadi bintang.

Baca juga: Review Film Korea Minari

Mr Cha sendiri masih merasa jadi bintang terkenal, karena sebagian orang masih mengingat dirinya dan ciri khasnya dalam film lawas terdahulu. Namun sekarang tak ada orang yang mengenal dirinya. Mr Cha memiliki manager yaitu A-ram (Cho Dal-hwan) yang masih muda.

A-ram adalah manager Mr Cha yang berusaha untuk tidak mengatakan sesuatu yang buruk di depan Mr Cha. Tiba esok hari, Mr Cha mengetes Apparel yang dia iklankan dengan pergi hiking bersama anjingnya.

Dalam perjalanan Mr Cha bertemu fans dan berfoto dengannya, tak lama kemudian, Mr Cha tercebur di kubangan karena salah melompat. Akhirnya dia mencari tempat untuk membersihkan dirinya.

Sampailah Mr Cha ke bangunan yang ternyata mau dirobohkan, setelah masuk ke kamar mandi dan menyalakan shower Mr Cha melepas bajunya yang kotor. Setelah itu sekolah runtuh dengan Mr Cha di dalamnya.

Di sinilah keunikan dan menariknya film What Happened to Mr Cha, kejadian runtuhnya gedung sekolah memicu polemik panjang yang kalau kita pikir lucu jika terjadi pada orang lain. Ketika kejadian tersebut berlangsung.

Baca juga: Review Tentang Drama Korea The World of The Married

Mr Cha malah memikirkan dirinya yang tengah telanjang, terjebak di dalam reruntuhan bangunan. Mr Cha khawatir dirinya akan disorot media dalam keadaan telanjang, dia juga khawatir hal tersebut berdampak pada karirnya nanti.

Dalam sebuah metafora yang secara perlahan datang menghampiri dirinya, kehancuran karir Mr Cha menghampiri. Karena Mr Cha merasa tak sanggup, dia menelepon managernya. Peran A-ram di sini menjadi sangat penting karena dia berusaha setengah mati menyelamatkan Mr Cha tanpa orang lain tahu bahwa di lokasi tersebut Mr Cha kecelakaan.

Akhirnya muncul visualisasi unik yang ditunjukkan di paruh kedua film saat Mr Cha mulai lemas dan Mr Cha mulai terkena delirium yang menyebabkan dia berhalusinasi.

Premis Film Korea What Happened to Mr Cha

Premis yang terdapat di film ini mengingatkan kita akan film ‘JCVD’ yang diperankan Jean dengan cukup baik. Terdapat kemiripan walau film JCVD berada di versi terbaik dibanding film ini, kredit yang lebih ditunjukkan oleh manager Mr Cha.

Baca juga: Review Drama Korea Vincenzo, Menceritakan Tentang Mafia

Peran manager sangat krusial dalam mengubah alur cerita dan menbuat situasi tak terlalu kaku akibat image dari Cha In-Pyo yang terlalu over-acting. Perlu diakui bahwa film Korea What Happened to Mr Cha memiliki ide yang amat baik dengan menggabungkan fiksi dan non-fiksi sekaligus.

Walau naskah dan eksekusi dari film ini amat lemah, film ini ingin melucu namun kita tak mendapat momen tersebut hingga akhirnya jadi garing sendiri melihatnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer