BerandaJenis Dana Pensiun Untuk Masa Tua

Jenis Dana Pensiun Untuk Masa Tua

Saat ini banyak sekali para pekerja ataupun para pencari kerja yang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang mana perusahaan tersebut memberikan jaminan berupa Dana pensiun.

Mereka tidak hanya memikirkan bagaimana untuk mendapatkan penghasilan dalam waktu bekerja saja, tapi juga berharap bisa mendapatkan penghasilan berupa dana pensiun setelah mereka tidak bekerja lagi.

Terutama setelah menginjak usia tua, yang mana mereka sudah tidak mampu lagi untuk bekerja.

Baca juga: Manfaat Financial Technology Bagi Masyarakat

Tahukah anda bahwa pemberian pensiun kepada karyawan tak hanya memberi kepastian penghasilan dimasa depan, tapi juga turut serta memberikan motivasi kepada para karyawan agar lebih giat lagi dalam bekerja.

Dengan adanya program jasa pensiun bagi para karyawan, maka mereka akan merasa aman, terlebih bagi mereka yang mempunyai pemikiran bahwa ketika berada di usia pensiun sudah tidak bisa produktif lagi.

Dan untuk mereka yang masih mampu produktif juga bisa memberi motivasi bahwasanya jasa mereka masih dihargai oleh perusahaannya.

Apa yang di Maksud Dana Pensiun Itu?

Pengertian Dana Pensiun

Perlu diketahui bahwa dana pensiun merupakan hak seseorang agar mendapatkan penghasilan setelah bekerja bertahun-tahun dan telah masuk usia pensiun / adanya penyebab lain sesuai dengan perjanjian yang sudah ditetapkan.

Dana pensiun biasanya diberikan dalam bentuk uang, mengenai banyaknya uang yang di dapat mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan.

Dalam memberikan dan pensiun tersebut, pastinya ada perusahaan yang menanganinya yaitu perusahaan dana pensiun.

Secara umum perusahaan tersebut memungut dana dari masyarakat pada peserta pensiun yang sesuai dengan perjanjian.

Baca juga: Resiko dalam Investasi Obligasi yang Harus Diwaspadai

Yang artinya dana tersebut dikelola oleh suatu lembaga tertentu dan untuk pemungutan dana di dapat dari pendapatan para karyawan di perusahaan tersebut.

Lalu membayar dana itu kembali yang berbentuk dan pensiun dengan jangka waktu  yang sudah ditentukan sebelumnya oleh kedua belah pihak.

Yang dimaksud perjanjian disini yaitu diberikannya dana ketika karyawan tersebut telah masuk usia pensiun atau karena ada hal lain yang membuat mereka  berhak untuk mendapatkan dana tersebut.

Baca juga: Jenis-Jenis Pekerjaan Paling Menjanjikan di Bidang Jasa Keuangan

Jadi tugas perusahaan dana pensiun yaitu mengumpulkan dana dari iuran yang telah dipotong melalui pendapatan karyawan yang bekerja di suatu perusahaan.

Lalu iuran ini di investasikan lagi dalam berbagai kegiatan usaha yang dapat memberikan keuntungan.

Pensiun ternyata juga mempunyai beberapa jenis.

Secara umum jenis pensiun yang bisa dipilih oleh karyawan yang akan masuk dalam waktu pensiun, yaitu jenis-jenis ya adalah sebagai berikut :

Apa Saja Jenis – Jenis Pensiun ?

Pensiun Normal

Pensiun normal adalah jenis pensiun yang akan diberikan pada karyawan yang umurnya sudah memasuki masa pensiun yang telah ditetapkan perusahaan.

Contohnya yaitu, rata-rata untuk usia pensiun yang ada di Indonesia adalah bagi mereka yang sudah berusia 55 tahun sampai 60 tahun di profesi tertentu.

Pensiun Dipercepat

Jenis pensiun yang satu ini khusus untuk kondisi tertentu, misalnya dikarenakan adanya pengurangan pegawai pada perusahaan tertentu.

Maka dari itu masa pensiun karyawan tersebut jadi dipercepat.

Pensiun Ditunda

Pensiun jenis ini adalah pensiuan yang diberikan pada para karyawan yang meminta untuk pensiun sendiri, tetapi usianya belum memasuki syarat untuk pensiun.

Untuk hal ini karyawan yang mengajukan pensiun sendiri tersebut bisa keluar dari jabatannya dengan menyandang gelar pensiun akan tetapi dana pensiun nya baru akan dibayar ketika sudah masuk dalam usia pensiun.

Pensiun Cacat

Pensiun cacat merupakan pensiun yang diberikan bukan karena sebab usianya sudah masuk dalam kategori pensiun, tapi karena disebabkan karyawan tersebut mengalami kecelakaan hingga dianggap tak mampu lagi untuk bekerja.

Untuk dana pensiun nya biasanya dihitung dengan berdasarkan formula manfaat dari pensiun normal yang mana masa kerja dianggap seolah-olah sudah masuk usia pensiun normal.

Apa Saja Jenis-jenis Dana Pensiun ?

Setelah mengetahui tentang jenis-jenis dari pensiun, untuk pembahasan selanjutnya yaitu kita akan membahas mengenai jenis-jenis dari dana pensiun itu sendiri.

Menurut UU No. 11 pada tahun 1992, dana pensiun memiliki tiga jenis, diantaranya yaitu :

Dana Pensiun Pemberi Kerja

Dana pensiun pemberi kerja merupakan salah satu jenis dana pensiun yang dibentuk oleh orang maupun badan yang mempekerjakan karyawan, dia sebagai pendiri perusahaan akan menyelenggarakan program pensiun iuran pasti atau program pensiun manfaat pasti, yang akan diberikan kepada sebagian bahkan seluruh karyawannya sebagai peserta pensiun dan juga yang menimbulkan kewajiban kepada pemberi kerja.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Dana pensiun yang satu ini merupakan sebuah dana pensiun pemberi kerja dengan adanya iuran pasti, dengan iuran yang dilakukan hanya dari pemberi kerja di dasarkan dari keuntungan pemberi kerja.

Dana pensiun ini merupakan sebuah dana pensiun yang biasanya dibentuk oleh perusahaan  asuransi jiwa atau bank dengan tujuan untuk menyelenggarakan program pensiun iuran pasti kepada perorangan, baik kepada karyawan atau pekerja mandiri yang tak termasuk pemberi kerja.

Apa Saja Manfaat Dana Pensiun ?

Setelah membahas tentang pengertian, jenis-jenis pensiun, dan jenis-jenis dana pensiun. Berikutnya kita akan membahas tentang manfaat dari dana pensiun tersebut.

Karena pastinya setiap sesuatu pasti ada manfaatnya masing-masing, seperti dana pensiun ini misalnya.

Dana pensiun memiliki banyak manfaat bagi si penerimanya, baik itu bagi karyawan ataupun lembaga pengelolanya.

Manfaat yang akan diperoleh bisa anda lihat dari dua pihak atau tiga pihak yang terlibat.

Baca juga: Stabil Finansial Ditengah Pandemi Covid 19

Apabila hanya dua pihak berarti antara si pemberi kerja dengan si karyawan itu sendiri.

Sedangkan apabila tiga pihak, yaitu si pemberi kerja, karyawan, serta lembaga pengelola dana pensiun tersebut.

Yang mana masing-masing pihak mempunyai tujuan sendiri.

Dana pensiun mempunyai manfaat masing-masing yang berbeda untuk setiap pihak, berikut ini merupakan beberapa manfaat dari dana pensiun bagi setiap pihak yang terlibat didalamnya, yaitu :

Bagi Perusahaan

Dengan adanya dana pensiun maka akan memberikan rasa aman bagi karyawan yang sudah lama mengabdi di perusahaan tempat dia bekerja, mereka akan merasa tenang dan tidak akan bingung tentang masa yang akan datang / masa pensiun.

Juga diharapkan bisa meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan serta bisa meningkatkan motivasi kerja.

Manfaat lainnya untuk perusahaan yaitu bisa meningkatkan citra perusahaan dalam penilaian pemerintah dan masyarakat umum.

Bagi Karyawan

Manfaat dana pensiun untuk karyawan yang mendapatkan pensiunan yaitu, bisa memperoleh jaminan terhadap masa pensiun dikarenakan masih tetap mempunyai penghasilan.

Juga bisa memberikan rasa aman serta dapat meningkatkan motivasi dalam bekerja.

Bagi Penyelenggara Dana Pensiun

Manfaat dana pensiun yang terakhir yaitu bagi pengelola dana pensiun itu sendiri.

Mereka yang terlibat akan mendapatkan keuntungan, karena iuran dari dana pensiun bisa dikategorikan ke dalam kegiatan investasi.

Manfaat lainnya yang akan di dapat oleh pihak penyelengga yaitu bisa membantu dalam proses penyelenggaraan program dari pemerintah.

Dan yang terakhir yaitu sebagai bentuk bakti sosial kepada peserta dana pensiun.

Bentuk terima kasih kepada mereka yang sudah mau mengabdi di perusahaan tersebut.

Daftar AJAIB Investasi DISINI

ajaib investasi
Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer