BerandaTeknoCara Screenshot di PC Paling Lengkap

Cara Screenshot di PC Paling Lengkap

Cara Screenshot di PC Paling Lengkap – Cara mengambil screenshot sudah saya tulis di artikel lain sebelumnya, yaitu screenshot website satu halaman penuh dan screenshot tanpa keyboard.

Artikel ini juga membahas hal yang sama, namun cara mengambil screenshot untuk PC. Lantas, bagaimana cara mengambil screenshot di PC?

Kali ini saya memberikan penjelasan tentang berbagai teknik screenshot. Mulailah dengan cara mengambil screenshot di laptop, komputer, dan terutama PC Windows

cara untuk mengambil screenshot atau print screen, dan setiap perangkat memiliki cara yang berbeda.

Baca juga: Cara Membuat Bingkai Di Word

Tapi jangan khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan mengulas semuanya secara utuh. Ini sebenarnya sangat komprehensif.

Sebelumnya bagi yang belum tahu apa itu screenshot, seperti ini. Screen capture adalah cara untuk mengambil gambar dari layar komputer atau PC atau laptop.

Tujuannya adalah menggunakan tangkapan layar sesuai kebutuhan.

Bagaimana cara mengambil screenshot di PC atau laptop ?

Ada beberapa metode untuk mengambil screenshot di PC atau komputer.

Gunakan Kunci PrtSc

Semua laptop dan keyboard PC harus memiliki tombol Print Screen atau PrtScr. Beberapa laptop memiliki tombol Prt Sc, seperti laptop HP Pavillion. Namun tetap memiliki fungsi yang sama.

Tangkapan layar pertama sangat sederhana, cukup tekan tombol PrtScr, dan kemudian kita bisa mendapatkan tangkapan layar. Kemudian tempel di mana saja (Word, Paint, Photoshop, dll.).

Gunakan tombol kombinasi Alt + PrtScr

Kombinasi tombol selanjutnya adalah Alt + PrtScr, namun pada beberapa laptop menggunakan Alt + Fn + PrtScr. Fungsinya sama dengan nomor 1.

Kemudian paste saja ke aplikasi apapun untuk menyimpan gambar, seperti Ms Word, Paint atau Photoshop.

Gunakan kombinasi Windows Key + PrtScr Kombinasi

Kombinasi tombol ketiga ini jauh lebih sederhana daripada metode sebelumnya. Artinya, tekan tombol Windows + PrtScr secara bersamaan.

Setelah menekan, layar akan berkedip satu kali, menunjukkan bahwa tangkapan layar berhasil dan gambar disimpan secara otomatis.

Pada Windows 10, gambar disimpan di direktori C: Pictures -> Screenshots (folder tangkapan layar).

Gunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S

Ini adalah cara menggunakan tombol terakhir. Yaitu dengan menekan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Ingat, ditekan-tekan, ya.

Kemudian akan muncul layar hitam, kursor akan berubah menjadi tanda plus (+), dan di bagian atas layar akan ada kotak kecil berisi pilihan jenis screenshot.

Baca juga: Cara Mengatur Margin Di Word

Selanjutnya tinggal pilih bagian yang ingin diambil screenshotnya.

Hasilnya akan secara otomatis ditampilkan di layar atau di jendela pengeditan potong dan sketsa. (Foto). Terakhir, teman-teman bisa menyimpan atau menyalin.

Gunakan aplikasi Snipping Tool

Saya sepenuhnya membahas alat Snipping di artikel lain. Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows, pertama kali diperkenalkan pada versi Windows Vista.

Bagi orang yang tombol PrtScr keyboardnya rusak, menggunakan aplikasi ini bisa menjadi solusinya. Karena masih bisa digunakan dengan bantuan mouse.

Aplikasi Snipping Tool tidak perlu diinstall karena sudah ada di setiap komputer Windows dan bisa langsung digunakan.

Cara menggunakan, pertama buka aplikasi screenshot tool, cari aplikasi search. Kemudian klik Baru. Atau Anda dapat memilih jenis tangkapan layar pada menu “Mode”.

Setelah mengklik Baru, tanda plus (+) akan muncul di kursor. Pilih bagian yang akan kita screenshot.

Kemudian gambar akan secara otomatis masuk ke jendela pengeditan alat tangkapan layar. Anda kemudian dapat menyimpan atau menyalin untuk menyalin ke aplikasi lain.

Gunakan aplikasi Lightshot

Cara ini membutuhkan bantuan software tambahan yaitu lightshot. Pastikan komputer sudah terinstall, jika belum silahkan download dulu aplikasinya disini.

Setelah proses instalasi selesai, ikon Lightshot akan muncul di taskbar. Klik ikon ini dan layar akan redup.

Baca juga: Cara Menampilkan Ruler Di Word

Setelah itu, gunakan kursor atau mouse untuk memilih area yang akan diambil screenshot. Maka akan ada hasilnya, bagian yang cerah. Kemudian klik ikon simpan untuk menyimpan. Screenshot akan disimpan di folder Document -> Lightshot.

Gunakan aplikasi Fireshot

Kelemahan menggunakan tombol atau alat screenshot untuk mengambil screenshot adalah tidak bisa full screen atau long screen (full page). Ini seperti tangkapan layar penuh halaman situs web dari header hingga footer.

Fireshot hanya bisa dipasang di browser seperti mozilla atau google chrome karena merupakan plug-in atau ekstensi.

Fireshot fleksibel dan mudah digunakan. Mulailah dengan area formulir bebas, persegi panjang, jendela aktif saja, atau layar penuh.

Baca juga: Cara Membuat Background Ms Word

Saya telah membuat tutorial cara menggunakan Fireshot, mulai dari instalasi hingga menyimpan screenshot.

Sekarang adalah tahun dari semua cara untuk mengambil tangkapan layar di PC, bukan? Berbagai metode yang disebutkan di atas dapat diadopsi sesuai kebutuhan.

Namun, cara menggunakan tombol adalah yang paling mudah. Namun jika ada masalah pada tombolnya, maka Anda bisa menggunakan cara alternatif screenshot lainnya, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Photo by Josh Sorenson from Pexels

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer