BerandaCara Menampilkan Ruler Di Word

Cara Menampilkan Ruler Di Word

Cara menampilkan ruler di Word tentu sangat penting bagi Anda, terutama bagi Anda yang terbiasa menggunakan fitur ini saat membuat atau mengedit dokumen melalui Microsoft Word.

Oleh karena itu, dokumen yang dibuat atau diedit menjadi lebih dapat ditampilkan. Secara default, fitur ini sudah tersedia dan dapat digunakan di Microsoft Word.

Baca juga: Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

Namun, tidak jarang orang secara tidak sengaja menghapus fitur ini di halaman Word. Kemudian sulit untuk mengembalikannya.

Jika Anda mengalami situasi yang sama, jangan khawatir, karena penulis akan memberi tahu Anda cara melakukannya.

Bagaimana cara mudah menampilkan penggaris di Word ?

Microsoft Word memiliki beragam fungsi dan fitur, fungsi yang lengkap, dan layak untuk Anda percayai.

Anda juga harus sering menggunakan Microsoft Word untuk keperluan sekolah, universitas, atau pekerjaan.

Salah satu fitur yang dibutuhkan banyak orang adalah fungsi penggaris. Namun bagaimana jika fungsi penggaris ini tiba-tiba menghilang sewaktu-waktu? Jangan khawatir, caranya adalah sebagai berikut.

Pertama, buka program Microsoft Word di PC yang Anda gunakan.

Kedua, pada lembar kerja nanti akan muncul fungsi penggaris.

Ketiga, pilih tampilan area fungsional.

Keempat, periksa opsi penggaris.

Kelima, setelah memeriksa penggaris, fungsi penggaris digital secara otomatis akan muncul di lembar kerja Microsoft Word.

Cara menampilkan penggaris di Word 2010 sama seperti di Word 2013 dan 2016

Tidak hanya dapat ditampilkan dan disembunyikan, Anda juga dapat mengatur fungsi penggaris agar ukuran yang tercantum memenuhi standar ukuran nasional, yaitu sentimeter (cm).

Bagaimana cara mengubah penggaris pengukuran di Word

Setelah mengetahui cara memanggil penggaris di Word dan Word 2010 dan 2016, jika Anda ingin menggunakan fitur ini, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah jarak atau ukuran antar angka.

Biasanya fungsi penggaris ini menggunakan inci sebagai ukurannya, sehingga tidak sesuai dengan ukuran (cm) yang biasa kita gunakan.

Pertama, buka program Microsoft Word di laptop yang Anda gunakan.

Kedua, setelah lembar kerja muncul, klik file pada pita. Kemudian, pilih salah satu opsi.

Ketiga, itu akan muncul di opsi Word. Di jendela ini, pilih bagian lanjutan di tab kiri dan gulir ke bawah ke kanan.

Baca juga: Cara Membuat Background Ms Word

Keempat, cari unit untuk menampilkan pengukuran di bagian “Tampilan”. Fungsi dari bagian ini adalah untuk mengatur ukuran Microsoft Word Ruler.

Kelima, ubah ukuran inci dengan mengklik kotak dan memilih unit yang ingin Anda gunakan. Beberapa opsi ukuran yang dapat Anda gunakan termasuk sentimeter, milimeter, pound, dan pica.

Keenam, jika anda sudah memilih ukuran yang sesuai kemudian anda klik ok.

Jika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah ini, satuan pengukuran di penggaris akan berubah secara otomatis. Sangat mudah, bukan?

Anda tidak perlu mengubah ukuran dari sentimeter ke inci, karena Anda dapat menyesuaikan ukuran pada fungsi penggaris sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Komponen dan fungsi penggaris di Word

Mengetahui cara memanggil penggaris di Word 2013, 2016 dan 2010 tidak cukup. Anda perlu memahami beberapa bagian penting untuk mengoptimalkan penggunaan fungsi penggaris.

Satu hal yang perlu Anda ketahui tentang fitur ini adalah indentasi, yang merupakan batasan paragraf. Jadi, lekukan ini juga memiliki empat bagian yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Baris pertama menjorok, yaitu bagian kiri, yang berbentuk segitiga ke bawah. Fungsi indentasi baris pertama adalah untuk mengatur posisi kiri baris pertama paragraf.

Lekukan gantung, yaitu bagian segitiga ke atas di sisi kiri. Fungsi indentasi gantung adalah untuk mengatur posisi kiri baris kedua paragraf dan seterusnya.

Lekukan kiri yang merupakan bagian kiri berbentuk kotak, bercampur dengan lekukan gantung. Fungsi indentasi kiri adalah untuk mengatur batas kiri paragraf.

Lekukan kanan, bagian segitiga di sebelah kanan, sejajar dengan lekukan yang menjorok dan memiliki bentuk yang sama. Fungsi indentasi kanan adalah untuk mengatur batas kanan paragraf.

Cara mengatur lekukan di Word

Jika Anda menggunakan fungsi penggaris, kemungkinan besar Anda juga akan menggunakan lekukan.

Pengatur lekukan ini sebenarnya tidak sulit, karena Anda hanya perlu memindahkannya sesuai ukuran yang Anda inginkan.

Selain itu, ada beberapa pengaturan khusus untuk mengatur lekukan. Berikut adalah cara membuat indentasi paragraf pertama yang menjorok.

Pertama, arahkan mouse ke baris pertama lekukan.

Kedua, klik dan tahan, lalu geser ke kanan. Misalnya, bergerak hingga 2 cm dari margin.

Ketiga, obalah untuk mulai mengetik, huruf pertama paragraf adalah 2cm setelah baris pertama menjorok

Baca juga: Cara Membuat Kop Surat Di Word

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur indentasi melalui pengaturan paragraf. Pada menu pengaturan paragraf, Anda dapat mengatur jarak antar paragraf sebagai berikut.

Pertama, klik simbol ikon di sudut kiri atas batas grup menu paragraf pada pita tab Beranda. Anda juga dapat mengklik kanan paragraf dan memilih paragraf.

Kedua, jendela pengaturan paragraf akan muncul.

Ketiga, pada bagian lekukan terdapat pengaturan kiri dan kanan yang bisa Anda isi sesuai kebutuhan. Ada juga opsi tarik-turun khusus. Pilihannya adalah baris pertama dan hang.

Keempat, klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Memahami seluk beluk fungsi penggaris sangat penting bagi orang yang ingin menata dokumen Microsoft Word dengan cara ini.

Dari cara memanggil penggaris di word 2016, 2013, 2010, hingga bagian lekukan.

Pasalnya, ada banyak cara untuk mengatur fungsi penggaris, sehingga Anda perlu menemukan metode yang paling sederhana dan efektif.

Seberapa mudah? Bahkan pemula dapat menampilkan dan menggunakan fungsi ini. Bagian yang terdapat pada penggaris tidak sulit untuk Anda edit.

Sekarang Anda dapat membuat atau mengedit dokumen dengan lebih baik, dan Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Hasilnya, dokumen menjadi lebih bersih dan nyaman untuk dibaca. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda, terima kasih.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer