BerandaTravelCara Memulai Bisnis Travel bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Travel bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Travel bagi Pemula – Di zaman modern saat ini, traveling sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat metropolitan di negara kita Indonesia, baik untuk anak muda atau orang tua.

Setiap orang memiliki tujuan masing – masing ketika melakukan traveling.

Ada yang ingin liburun agar meredakan stress, untuk belanja barang – barang mewah, wisata kuliner, hingga untuk sekedar mencari pengalaman baru.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Jasa Travel Wisata

Hal tersebut memicu agen bisnis travel semakin meluas di Indonesia. Jika anda tertarik untuk memulai bisnis travel.

Maka anda bisa menyimak pembahasan yang akan kami jelaskan mengenai cara untuk memulai bisnis travel bagi pemula.

Adapun cara – cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis adalah sebagai berikut :

Bagaimana Cara  yang Dapat Dilakukan untuk Memulai Bisnis Travel Bagi Pemula ?

Lakukan Riset tentang Bisnis Travel

Untuk memulai bisnis travel anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai bisnis travel.

Jadi sebaiknya anda harus memperdalam pengetahuan anda tentang bisnis travel. Anda dapat melakukan riset melalui internet, atau membaca buku tentang traveling.

Baca juga: Wajib Dikunjungi! Inilah Deretan Tempat Wisata Terbaik yang Ada di Bali

Riset dilakukan agar anda bisa melakukan komparasi terhadap kompetitor, dan melihat peluang yang ada agar dapat menentukan konsep brand yang nanti akan anda bangun.

Menentukan Tujuan Wisata

Apabila anda ingin memulai bisnis travel, anda harus menentukan tujuan wisata yang akan anda tawarkan di bisnis anda.

Pilihlah tujuan wisata yang telah anda kenal dengan baik, seperti di kota tempat anda tinggal, atau di tempat yang sering anda kunjungi, baik di dalam atau di luar negeri.

Baca juga: Inilah Deretan Tempat Wisata di Bandung yang Sedang Viral

Sementara hal yang harus anda perhatikan yaitu, kenali tujuan wisata dengan sebaik mungkin karena anda nantinya perlu membuat database di semua destinasi wisata yang akan anda masukkan di dalam itinerary.

Ciptakan Brand yang Menjual

Sama halnya dengan jenis bisnis lainnya, bisnis travel juga perlu merancang konsep brand. Merk atau brand seperti nama, desain, lambang, tanda, dan istilah, dengan tujuan agar dapat mengidentifikasikan barang ataupun jasa yang dijual.

Konsep brand yang dimaksud yaitu seperti nama, logo, desain, tema warna, sapaan terhadap pembeli, dan lambang-lambang yang memiliki hubungan dengan identitas brand anda.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru di Semarang yang Sedang Hits

Konsep brand sangatlah penting karenabisa menggambarkan segmen pasar anda. Terutama apabila bisnis anda berbasis online, anda perlu memperkuat konsep brand karena proses marketing bisnis online lewat media sosial.

Mendaftarkan Brand Anda Secara Resmi

Jika konsep brand anda telah matang, maka sebaiknya anda mendaftarkan brand anda kepada HKI (Hak Kekayaan Intelektual) agar anda mempunyai kuasa secara hukum atas brand bisnis travel tersebut.

Baca juga: Tips Wisata Murah di Bromo ala Backpacker, Ayo Liburan!

Apabila anda tidak mendaftarkannya di HKI, maka anda tidak memiliki kewenangan untuk menggugat jika suatu saat ada orang yang memakai nama atau logo brand travel anda.

Membuat Izin Usaha

Jika bisnis travel anda sudah semakin berkembang dengan pesat hingga menjadi cukup besar, anda jangan sampai lupa untuk membuat izin usaha.

Jangan sampai bisnis travel yang sudah anda rintis dari nol malah bermasalah denga hukum yang ada di Indonesia karena tidak memiliki izin usaha.

Baca juga: Pemula Wajib Tahu! Inilah Tips Wisata Gunung yang Aman

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan saat ingin memulai bisnis travel atau bahkan bagi yang sudah memulainya dan ingin lebih meningkatkan bisnis travelnya untuk lebih baik lagi. Demikian pembahasan yang dapat kami jelaskan dalam artikel ini. Semoga cara – cara di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer