BerandaTeknoCara Membuka Android Terkunci Akibat Lupa Pola/Pasword

Cara Membuka Android Terkunci Akibat Lupa Pola/Pasword

Sebagian dari Anda tentu pernah mengalami kejadian berupa lupa pin atau pola untuk membuka kunci smartphone Anda.

Kejadian tersebut tentunya cukup untuk membuat Anda bingung.

membuka android lupa password

Terlebih jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut akan diulas mengenai apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi smartphone yang terkunci :

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membuka Android yang terkunci?

Gunakan Fitur Forgotten Password

Cara pertama untuk membuka kunci yang bisa Anda lakukan ketika lupa sandi atau pola yaitu dengan memakai fitur lupa password.

Menggunakan fitur tersebut memungkinkan bagi Anda untuk mengganti pola ataupun password yang sebelumnya Anda lupa tanpa harus melakukan reset ponsel.

Ketika Anda telah salah memasukkan password beberapa kali, maka nantinya fitur ini akan muncul.

Anda tidak perlu melakukan reset ponsel ketika menggunakan fitur lupa password.

Di sini yang harus Anda lakukan hanyalah siapkan ponsel serta koneksi internet yang stabil.

Berikut adalah langkah-langkah dalam menggunakan fitur tersebut :

  • Anda pilih lupa password
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan akun Gmail Anda serta kata sandi untuk akun Gmail tersebut. Usahakan Anda tetap mengingat nama alamat akun Gmail serta sandi, karena proses pemulihan tidak bisa dilakukan tanpa menuliskan alamat serta sandi akun Gmail.
  • Setelah Anda berhasil menuliskan akun Gmail nantinya akan muncul jendela baru yang menampilkan pilihan untuk Anda melakukan perubahan pola, PIN ataupun password. Gunakan pola yang lebih sederhana agar Anda lebih mudah untuk mengingatnya. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman utama ponsel.

Gunakan Android Device Manager

Cara kedua yaitu dengan Anda menggunakan Android device manager.

Menggunakan cara ini terbilang amat praktis dan mudah.

Di sini yang perlu Anda persiapkan adalah ponsel Anda, komputer ataupun laptop serta koneksi internet.

Memakai Android device manager tidak mengharuskan bagi Anda untuk mereset ponsel, jadi data Anda tetap aman.

Berikut adalah cara untuk menggunakan Android device manager :

  • Anda kunjungi situs Android device manager menggunakan perangkat laptop atau komputer. Di situs tersebut Anda perlu melakukan log in. Saat Anda melakukan log in, sebaiknya Anda menggunakan akun Gmail yang serupa dengan akun di ponsel Anda.
  • Setelah berhasil melakukan log in, Anda akan melihat halaman berupa peta yang memuat lokasi dari ponsel Anda saat ini.
  • Dalam halaman nantinya juga dimuat 3 pilihan yang bisa Anda pilih, salah satunya yaitu erase, ring dan lock. Untuk mengatasi masalah Anda yang lupa password dan pola maka Anda perlu memilih lock.
  • Nantinya Anda akan ditampilkan di jendela baru. Di jendela tersebutlah Anda dapat mengubah sandi atau pola yang terdapat pada ponsel.
  • Setelah Anda selesai membuat pola, maka gunakan pola ataupun sandi tersebut untuk membuka smartphone Anda yang terkunci. Di tahap ini masalah Anda telah selesai teratasi.

Gunakan Smartphone Lain

Untuk dapat membuka smartphone yang terkunci akibat lupa sandi ataupun pola Anda bisa menggunakan perangkat smartphone lain.

Menggunakan cara ini juga terbilang mudah dan praktis. Anda juga tidak perlu menggunakan perangkat laptop taupun komputer. Berikut adalah caranya :

  • Gunakan perangkat smartphone lain tersebut untuk melakukan panggilan pada ponsel Anda.
  • Jika panggilan telah masuk dan ponsel Anda berdering, maka Anda tinggal mengangkat panggilan tersebut.
  • Pada saat proses panggilan telah berhasil dilakukan, Anda bisa memilih tombol home sehingga Anda akan mulai masuk ke bagian menu utama.
  • Selanjutnya Anda tinggal masuk kebagian pengaturan, ubahlah sendi serta pola kunci ponsel yang baru.

Gunakan ADB

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka HP akibat lupa sandi atau pola yaitu dengan menggunakan ADB.

Cara ini juga tidak memerlukan reset HP sehingga data-data penting Anda yang terdapat di smartphone tidak akan hilang dan tetap aman.

Untuk bisa menggunakan fitur ADB ini Anda perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Sambungkan ponsel Anda yang terkunci tersebut dengan perangkat komputer ataupun laptop.
  • Kemudian Anda dapat memasukkan perintah untuk dapat masuk ke dalam direktori instalasi dari ADB.
  • Setelah tahapan tersebut dilakukan, maka selanjutnya Anda masukkan perintah sebagai berikut: adb shell rm/data/system/gesture.key. kemudian Anda tekan enter pada ada keyboard laptop maupun komputer Anda.
  • Selanjutnya Anda bisa mencabut ponsel kemudian lakukan reboot pada smartphone Anda tersebut. Tunggu hingga ponsel Anda aktif kembali.
  • Nantinya layar yang terkunci akan hilang dalam ponsel. Selanjutnya Anda sudah dapat masuk ke menu pengaturan ataupun setting untuk melakukan perubahan sandi serta pola yang baru. Atau Anda juga bisa melakukan pilihan untuk meniadakan kunci.

Bagaimana menggunakan safe mode Android?

Gunakan Safe Mode Android

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Android terkunci akibat lupa password dan kata sandi yaitu dengan memakai reboot safe mode Android.

Menggunakan cara ini biasanya hanya dilakukan untuk kondisi-kondisi tertentu saja.

Biasanya kasus ini berupa ponsel Android yang tidak dapat dibuka akibat adanya aplikasi pihak ketiga.

Sekalipun Anda telah melakukan cara di atas biasanya ponsel tetap tidak akan bisa terbuka jika permasalahan yang diakibatkan oleh adanya aplikasi pihak ketiga tersebut.

Sedangkan untuk dapat mengatasi hal tersebut, maka riboot Android merupakan langkah yang paling aman jika dibandingkan Anda harus melakukan reset.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menekan tombol power of di perangkat smartphone Anda. Biasanya nanti akan muncul pilihan restart atau power off.
  • Setelah dua pilihan di atas muncul, maka Anda perlu menekan lagi tombol power di ponsel Anda sehingga pilihan untuk melakukan reboot save mode akhirnya muncul. Baru kemudian di sini Anda tekan tombol yes atau ok.
  • Nantinya smartphone Anda akan mulai melakukan proses hingga restart kembali. Setelah itu smartphone Anda akan masuk ke dalam menu safe mode.
  • Di dalam menu save mode ini Anda perlu melakukan proses uninstall terhadap aplikasi penguncian pihak ketiga yang menyebabkan smartphone Anda tidak dapat dibuka.
  • Setelah Anda melakukan uninstall aplikasi tersebut, maka selanjutnya tekan tombol restart. Anda juga bisa menekan tombol power untuk beberapa saat.
  • Proses kini telah selesai dilakukan dan perangkat android Anda sudah tidak lagi terkunci. Di sini Anda sudah bisa masuk ke smartphone Anda dan bisa mulai menggunakan pola serta password baru yang lebih mudah untuk diingat

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perangkat smartphone yang terkunci akibat lupa pin, password maupun pola.

Kejadian lupa kunci pasti pernah dialami oleh Anda dan hal tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas untuk menggunakan perangkat smartphone.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer