BerandaTeknoCara Membuat Bingkai Di Word

Cara Membuat Bingkai Di Word

Cara Membuat Bingkai Di Word – Pada artikel kemarin, penulis memberikan tutorial tentang cara menambahkan halaman ke Word.

Nah, pada artikel kali ini penulis akan memberikan petunjuk cara membuat bingkai di Word. Sejauh yang kami tahu, Bu. Word tidak hanya untuk mengetik sekarang.

Dengan menggunakan Ms. Word, Anda dapat melakukan banyak hal selain mengetik. Misalnya membuat watermark atau menggunakan frame untuk mempercantik tampilan teks.

Baca juga: Cara Mengatur Margin Di Word

Selain itu, kamu bisa menggunakan cara berikut ini untuk membuat kotak undangan, lho.

Penasaran dan ingin mencoba cara membuat bingkai dengan mudah dan indah? Langsung saja simak ulasan berikut ini pada artikel cara membuat hiasan bingkai pada Microsoft Word.

Bagaimana cara mudah membuat bingkai di Word ?

Kerangka kerja di Ms. akan dibahas secara rinci di bawah ini. Word, mulai dari pengertian dan penggunaan, cara membuat hingga cara menghapus. Simak baik-baik ya.

Pahami kerangka kerja dan tujuannya

Tentu saja, bingkai di Word berbeda dengan bingkai di foto. Madam’s Frame Word digarisbawahi di sebelah kanan, kiri dan atas teks yang kita tulis.

Anda dapat memilih batas ini pada dokumen Word sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Batas gaya putus-putus dan bergerigi.

Anda juga dapat membuat bingkai dengan gambar yang menarik dan berwarna. Untuk membuat bingkai, Anda dapat menggunakan fungsi batas artistik.

Cara membuat batas artistik

Bosan dengan bentuk bingkai yang hanya garis putus-putus atau garis biasa? Jika Anda bosan, maka Anda dapat menggunakan dan membuat batas artistik.

Seperti disebutkan sebelumnya, batas artistik lebih menarik dan unik. Jenis-jenis border artistik memang lebih menarik, seperti pohon, hati, buah-buahan, cemara dan banyak gambar lainnya.

Baca juga: Cara Menampilkan Ruler Di Word

Nah, bingkai jenis ini juga bisa digunakan sebagai bingkai undangan lho. Lihat langkah-langkah berikut untuk mempelajari cara membuat bingkai perbatasan artistik:

1. Buka teks Word di mana batas artistik akan diterapkan.

2. Selanjutnya anda bisa langsung memilih page layout, selanjutnya anda bisa langsung klik page border.

3. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan frame. Jadi, sebelum memilih gaya border, kali ini Anda bisa memilih border artistik. Di sini Anda dapat langsung memilih dan mengklik jenis batas artistik yang Anda inginkan.

4. Jika sudah menentukan jenis batas artistik, Anda bisa langsung mengkliknya.

5. Secara otomatis, bingkai yang Anda pilih akan langsung dilampirkan ke teks Word Anda.

Cara membuat batas gaya

Ini adalah jenis yang paling sederhana dan paling sederhana. Dengan menggunakan jenis ini, Anda dapat membuat bingkai dengan garis bergerigi, garis putus-putus, hitam dan putih, dll. Berikut langkah-langkahnya

1. Buka dokumen Word yang ingin Anda lampirkan bingkai.

2. Setelah itu silahkan pilih page layout dan klik page border.

3. Tampilan opsi batas atau bingkai akan muncul setelah beberapa saat. Untuk membuat batas gaya, Anda dapat langsung memilih berbagai jenis gaya batas yang Anda inginkan.

4. Sekarang, setelah Anda menentukan jenis perbatasan gaya yang Anda inginkan, klik saja

5. Selain itu, bingkai akan secara otomatis dilampirkan ke teks Word yang Anda pilih. Sangat sederhana, bukan?

Cara mengedit bingkai

Karena adanya batas halaman, Anda juga dapat mengedit bingkai yang Anda buat.

Intinya kamu bisa mengatur ketebalan, tata letak frame, bahkan kamu bisa mengedit frame menjadi efek 3D.

Baca juga: Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

Anda dapat menggunakan semua fungsi ini pada batas halaman. Uniknya, Anda juga bisa mengganti warna bingkai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Ingin mencoba mengedit bingkai? Lihat langkah-langkah berikut segera:

1. Langkah awal masih sama, kamu bisa membuka teks Word yang ingin kamu bingkai. Kemudian Anda dapat memilih tata letak halaman dan klik pada batas halaman.

2. Setelah itu, Anda dapat memilih jenis bingkai yang diinginkan. Di sini saya akan memilih jenis gaya perbatasan dan jenis garis biasa.

3. Untuk mengubah warna perbatasan, Anda dapat mengklik warna untuk langsung memilih warna yang Anda inginkan. 

4. Masih belum puas hanya mengedit warna dan ketebalan? Kemudian, Anda dapat menambahkan efek 3D ke bingkai Anda dengan mengklik 3D di sebelah kiri.

5. Perlu Anda ketahui bahwa Word memberikan efek lain selain 3D, misalnya Anda dapat memilih efek bayangan, kotak, 3D, atau kustom.

6. Bila dirasa semua pengeditan sudah cukup, Anda bisa langsung klik OK untuk menerapkan frame pada teks Word.

7. Ini adalah hasil editan framework. Bagaimana, sederhana bukan?

Cara menerapkan bingkai pada halaman tertentu

Jika Anda hanya ingin menerapkan bingkai ke halaman tertentu, Anda dapat mengeditnya langsung di bagian Terapkan ke pada batas halaman.

Anda dapat memilih untuk menerapkan bingkai ke seluruh halaman atau hanya halaman pertama. Berikut beberapa langkah untuk menerapkan frame ke halaman tertentu :

1. Buka teks Word yang akan dibingkai.

2. Pilih tata letak halaman, lalu pilih langsung batas halaman.

3. Kemudian perhatikan bagian Apply to, ada pilihan Whole, This Section (di halaman aktif saat ini), This Section-First Page Only (di halaman pertama), This Section-All kecuali First Page (semua halaman kecuali Halaman 1)

4. Pilih dan klik salah satunya sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu langsung klik “Auto”, dan itu akan langsung diterapkan sesuai pengaturan yang telah Anda buat.

Cara menghapus bingkai

Dibandingkan dengan cara membuat bingkai di dokumen Word, penghapusan pasti lebih mudah. Nah, untuk menghapusnya, mari kita lihat langkah-langkahnya berikut ini:

1. Buka teks Word berbingkai.

2. Kemudian Anda bisa langsung memilih tata letak halaman dan klik batas halaman.

3. Kemudian klik Tidak Ada di sebelah kiri

4. Bingkai akan secara otomatis dihapus dari teks Word Anda.

Itulah artikel tentang cara membuat bingkai di Word. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, sekian dari saya. Terimakasih.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer