BerandaTeknoCara Convert / Merubah PDF ke Word

Cara Convert / Merubah PDF ke Word

Cara Convert / Merubah PDF ke Word – Salah satu alasan mengapa PDF harus dikonversi ke Word adalah karena sulit untuk mengedit dalam PDF.

Meski sederhana dan praktis, terkadang format dokumen portabel atau lebih banyak orang mengenal istilah PDF, sehingga menyulitkan pengguna untuk mengeditnya.

Jika ada kesalahan ejaan, untuk mengeditnya, Anda harus mengonversinya ke format yang memungkinkan, seperti Word.

Baca juga: Begini Cara Reset Wifi Indihome

Namun, banyak pengguna tidak tahu cara mengonversi PDF ke Word. Fungsinya untuk bertukar dokumen secara digital.

Bagi yang saat ini membutuhkan cara convert PDF ke Word, bisa mengikuti langkah-langkah di artikel ini.

Pada pembahasan berikut, kami akan menjelaskan dua cara untuk mengubah PDF ke word, yang pertama adalah online, dan yang kedua offline.

Cara Convert PDF ke Word Secara Online

Harap dicatat bahwa file dokumen dalam format PDF tidak bisa begitu saja disalin dan ditempelkan ke Word.

Jika harus menulis ulang sumber data atau kutipan akan menjadi lebih sulit, mungkin lebih lama, satu-satunya cara adalah dengan mengkonversi file PDF ke Word.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengkonversi PDF ke Word tanpa aplikasi atau online.

1. pdf2doc.com

Seperti namanya, pdf2doc.com dengan jelas mengonversi format file PDF ke format Doc atau Word.

Halaman pdf2doc.com memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengonversi file format PDF ke Word dengan mudah dan bebas.

Mengubah file tidak memerlukan banyak langkah.

Anda hanya perlu memastikan bahwa perangkat yang Anda gunakan terhubung ke Internet, lalu ikuti langkah-langkah sederhana ini.

Langkah pertama                                                 

Gunakan browser di perangkat Anda untuk mengunjungi halaman pdf2doc.com dan pilih PDF ke DOC atau PDF ke DOCX.

Pertanyaan untuk memilih antara PDF ke DOC atau PDF ke DOCX tergantung pada perangkat atau versi Word.

Langkah kedua

Kemudian klik tombol unggah file atau seret dan lepas untuk memilih file PDF mana yang ingin Anda transfer ke Word. Fungsi ini dapat menyisipkan banyak file sekaligus.

Jika sudah, klik Download atau Download All untuk mulai memindahkan file PDF ke Word, dan sistem akan secara otomatis mengubahnya dan menunggu hingga selesai.

Jika Anda mengonversi PDF yang berisi banyak file ke Word, itu akan diunduh sebagai file zip.

2. smallpdf.com

Untuk mengonversi file PDF secara online, Anda dapat mengunjungi situs smallpdf.com, yang tidak hanya dapat mengonversi file ke Word.

Anda juga dapat menggunakan situs online ini untuk membagi file PDF, tetapi harap perhatikan koneksi internet yang Anda gunakan saat menggunakan situs ini.

Di bawah ini adalah langkah-langkah cara mengubah PDF ke Word online di laptop Anda melalui SmallPdf.com.

Langkah pertama

Gunakan komputer atau PC dan laptop untuk masuk ke browser, lalu buka https://smallpdf.com/id/pdf-ke-word, sebaiknya menggunakan Google Chrome.

Langkah kedua

Setelah itu, klik tombol pilih file, lalu pilih dokumen PDF yang ingin Anda ubah menjadi kata, Anda juga dapat langsung menyeret atau menyeretnya ke jendela biru sesuai dengan gambar di langkah pertama.

Langkah ketiga

Jika perlu, sesuaikan urutannya dan klik Convert to Word atau Convert pdf to Word.

Tombol Konversi ke Word terletak di bagian bawah situs web, dan Anda juga dapat mengunduh untuk menyimpan hasil edit Anda.

Catatan: Kami sebelumnya dapat mengakses Smallpdf secara gratis, tetapi jumlahnya terbatas. Namun, sekarang kami telah mencoba beberapa kali dan sudah membayar.

3. sodapdf.com

Situs ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi file PDF ke Word online adalah SodaPDF.

Untuk bisa convert atau convert PDF ke Word dengan mudah, Anda bisa mencoba Sodapdf.com. Karena caranya sangat sederhana dan mudah digunakan.

Cukup ikuti langkah-langkah dalam petunjuk di bawah ini untuk mengonversi PDF.

Langkah pertama

Gunakan browser di laptop, PC, atau Mac Anda untuk mengunjungi situs web https://www.sodapdf.com/pdf-converter/, dan Anda akan secara otomatis diarahkan ke beranda situs web.

Langkah kedua

Kemudian klik pada kolom untuk memilih file yang akan dikonversi ke Word atau drag file, Anda dapat menyisipkan beberapa file dengan rapi sekaligus.

Setelah file berhasil diimpor, Anda dapat menarik atau melepasnya ke kolom ini, lalu akan muncul opsi jenis konversi berikutnya. Pilih dari PDF ke Word.

Langkah ketiga

Tunggu proses transfer atau konversi selesai, file hasil konversi di Microsoft Word dapat langsung disimpan di perangkat komputer Anda.

4. ilovepdf.com

Cara keempat untuk mengonversi PDF ke Word online adalah dengan menggunakan llovepdf.com.

Teknologi penggunaan situs web ini hampir sama dengan tiga situs web konversi PDF pertama. Namun, ini dapat menjadi pilihan ketika Anda tidak dapat mengakses situs lain.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan ilovepdf.com untuk mengonversi pdf ke kata.

Langkah pertama

Klik link https://www.ilovepdf.com/pdf_to_word untuk menuju website tersebut, kemudian Anda akan langsung masuk ke halaman untuk convert dokumen PDF ke Word.

Langkah kedua

Klik untuk memilih file PDF atau langsung drag file ke tombol merah seperti gambar di atas. Hasilnya akan seperti tampilan berikut, lalu klik Convert to Word.

Catatan: Konversi dari PDF ke Word menggunakan Ilovepdf.com hanya dapat digunakan untuk satu file, jika ada lebih dari satu file, Anda harus membayar.

Langkah ketiga

Setelah konversi selesai, file yang diunduh akan muncul di layar, cukup klik Unduh Word dan file akan secara otomatis masuk ke komputer untuk penyimpanan.

5. Google Dokumen

Cara terakhir untuk mengkonversi PDF ke Word adalah dengan menggunakan alat yang disediakan oleh Google, yaitu Google Docs.

Sebenarnya, menggunakan Google Docs untuk mengubah PDF tidak sesederhana metode sebelumnya.

Tapi tentu saja, ini mungkin opsi yang Anda pilih untuk menyelesaikan masalah konversi dokumen.

Ikuti saja cara di bawah ini.

Langkah pertama

Klik tautan Google Documents untuk membuka situs web google docs, dan Anda akan dibawa ke halaman awal yang ditunjukkan di bawah ini.

Kemudian pilih file tersebut dengan cara klik icon folder di sebelah kanan.

Langkah kedua

Kemudian siapkan file PDF yang akan anda convert ke Word dengan cara klik menu “Upload” seperti gambar dibawah ini. Seret file ke dalam garis putus-putus.

Langkah ketiga

Setelah file diunggah, akan muncul tampilan preview dokumen, lalu pilih atau klik untuk membuka dokumen dengan Google Docs.

Langkah keempat

Selanjutnya anda akan mendapatkan tampilan file yang mirip dengan Microsoft Word, selanjutnya tinggal klik file tersebut, kemudian klik download dan pilih Microsoft Word. Maka file tersebut akan otomatis terdownload ke folder komputer kita.

Catatan: Hasil konversi menggunakan google docs cukup rapi dan tidak berantakan, namun tidak ada jaminan semua file sama, tergantung file PDFnya.

Bagaimana Convert PDF ke Word Secara Offline

Setelah memperkenalkan empat situs web yang mengubah pdf ke word online, berikut adalah cara mengubah PDF ke word secara offline.

1. Gunakan Adobe Reader

Adobe juga menyediakan aplikasi yang fungsinya untuk mengolah file PDF, termasuk mengonversinya ke format Word atau tidak mengubah formatnya.

Ini adalah salah satu fitur dari Adobe Reader, tetapi untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu menginstal dan menginstalnya di komputer atau ponsel Anda, kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Buka aplikasi Adobe Reader, dan ketika Anda mencapai halaman utama aplikasi, buka file yang ingin Anda konversi ke Word.

Setelah itu buka file tersebut, pilih Save as other options dan pilih Microsoft Word, atau Anda juga bisa memilih dokumen Word atau konten lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Gunakan Foxit Reader

Foxit Reader atau sekarang dikenal sebagai Foxit Phantom PDF adalah aplikasi yang mirip dengan Xodo.

Aplikasi ini sangat populer dan digunakan orang untuk mengonversi file PDF. Ini adalah aplikasi yang digunakan oleh banyak orang di dunia karena offline dan gratis dan dapat digunakan di iPhone.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengonversi PDF ke Word.

Masuk ke aplikasi dan pilih menu Open File pada homepage Foxit Reader, lalu pilih file PDF yang akan dikonversi ke Word.

Pilih Buka, Anda perlu menyimpan file PDF setelah muncul di aplikasi, dan mengubah format menjadi txt sebelum menyimpan.

Setelah itu buka Word, lalu tekan CTRL+O untuk membuka file txt, pilih lokasi file, dan tekan Open.

Kotak dialog untuk formulir konversi file muncul, tunggu beberapa saat, file yang dikonversi muncul, dan Anda dapat menyimpannya.

3. Gunakan UniPDF untuk Convert PDF ke Word

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak dapat menggunakan password atau password untuk mengkonversi file PDF yang dalam keadaan terproteksi atau terkunci.

Berikut beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mengonversi file PDF ke Word menggunakan UniPDF melalui Android.

Masuk ke aplikasi, ubah format Word ke .doc di pengaturan, lalu simpan. Kemudian pilih menu Tambah dan temukan file PDF yang ingin Anda konversi.

Jika sudah ketemu, pilih “Convert” dan tunggu proses convert file PDF ke Word sampai selesai.

Jika berhasil akan muncul notifikasi “conversion complete” Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih jalur untuk membuka file output, kemudian pilih OK.

4. Gunakan Nitro PDF

Nitro Reader digunakan untuk membuat dan mengedit file PDF, termasuk konversi ke Word, tetapi pengguna aplikasi ini akan dikenakan biaya.

Namun pihak developer menyediakan versi trial, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu kemudian berlangganan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Unduh pembaca nitro, Anda dapat menggunakannya secara gratis selama 14 hari, tetapi Anda harus berlangganan setelahnya.

Buka aplikasi dan pilih file yang ingin Anda konversi ke Word. Untuk kenyamanan, pindahkan dulu ke folder.

Pilih menu Convert to Word dan tunggu sampai seluruh proses selesai, atau bisa langsung pilih Save As untuk menyimpan.

Artikel ini telah menjelaskan cara convert PDF ke Word sepenuhnya secara online dan offline.

Anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Saya pribadi lebih suka menggunakan yang online.

Semua metode ini dapat berubah sewaktu-waktu, karena situs web yang menyediakan fitur tersebut dapat berubah, dan aplikasi yang Anda gunakan juga dapat berubah

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer