Beranda8 Istilah dalam Crypto Formal Hingga Kekinian

8 Istilah dalam Crypto Formal Hingga Kekinian

Seiring perkembangan dunia trading, istilah dalam crypto makin bertambah. Tentu hal ini menantang para trader pemula untuk bisa memahami istilah.

Demi memudahkan kegiatan transaksi dengan aset kripto. 

Selama trading kripto, istilah di bawah ini akan sering Anda jumpai. Baik dalam diskusi komunitas, maupun di dalam platform trading.

Oleh karena itu, wajib tahu dan paham artinya. Sebelum mengulas lebih jauh, yuk simak pengertian trading cryptocurrency, di sini.

Pengertian Trading Cryptocurrency

Cryptocurrency berasal dari dua suku kata yaitu crypto dan currency. Artinya, mata uang digital yang mengandung kode tertentu. 

Meskipun tidak memiliki bentuk fisik, kripto bisa digunakan untuk pembayaran peer-to-peer di beberapa perusahaan.

Nantinya segala transaksi akan tercatat, di dalam sistem dengan keamanan tinggi yaitu blockchain.

Sementara pengertian crypto trading adalah kegiatan jual beli aset kripto yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Seperti Bitcoin, Ethereum, dan Binance Coin.  Dalam praktiknya, Anda membutuhkan akun untuk menyimpan coin di wallet atau dompet digital.

Nah, berikut deretan istilah formal hingga kekinian seputar crypto, terangkum di bawah.

Istilah-Istilah dalam Crypto

Penting bagi trader pemula, memahami arti dari istilah populer seputar kripto. Sebab, jika hanya sebatas tahu, maka bisa salah ketika mengambil keputusan.

Dampaknya, bisa merugikan keuangan pribadi. 

Misalnya, jika pasar tengah mengalami bearish alias harga koin menurun. Namun, Anda justru membeli karena salah memahami arti bearish secara harfiah.

Maka hasilnya, tentu mengalami kerugian.

1. Blockchain

Dahulu blockchain hanya familiar bagi seorang IT. Namun perkembangan fintech yang makin luas, membuat istilah ini makin dikenal masyarakat.

Terutama Anda yang ikut trading kripto. Blockchain adalah tempat penyimpanan dan pencatatan transaksi aset kripto. Bisa dikatakan bahwa blockchain adalah database.

2. Dump dan Pump

Dua istilah dalam trading kripto berikutnya adalah dump dan pump. Umumnya untuk menunjukkan, bahwa harga koin tengah dinaikkan dan diturunkan oleh pemegang kripto. Trik ini termasuk ke dalam manupulasi.

3. Staking dan Scalping

Jangan mengaku sebagai trader berpengalaman, kalau belum tahu teknik trading satu ini. Melansir dari VOI, staking merupakan teknik trading untuk meraih pendapatan pasif dari bunga. Melalui proses validasi transaksi di dalam blockchain

Pasif income ditempuh dengan cara menutup atau mengunci koin di dompet digital. Namun, perlu diingat, bahwa tidak semua wallet, menggunakan algoritma proof of stake.

Sementara pengertian dari scalping adalah trading untuk mendapatkan cuan atau penghasilan sedikit demi sedikit. 

4. Bearish dan Bullish Market

Bagi Anda yang pernah investasi atau trading saham, tentu familiar dengan istilah ini. Berasal dari kata bear untuk bearish, menunjukkan bahwa market tengah di posisi turun. Sebaliknya, bullish untuk bull menunjukkan harga mengalami kenaikan. 

5. Bid dan Ask

Istilah dalam crypto sering ditemukan di platform trading yaitu Bid dan ask. Umumnya, jika Anda ingin membeli aset kripto, maka perhatikan ask atau nilai beli mata uang.

Sementara, jika ingin menjual koin, perhatikan Bid atau nilai jual mata uang kripto. 

6. Withdraw

WD atau withdraw merujuk pada proses penarikkan uang, dari rekening pemegang akun crypto. Selain kripto, istilah ini populer di forex dan saham. 

7. Altcoin

Pemegang aset kripto biasanya memiliki alternatif coin. Jika Anda memegang Bitcoin, maka altcoinnya bisa berupa Ethereum dan Binance Coin.

Aset kripto lainnya merupakan penyempurna dari fitur yang kurang lengkap di Bitcoin. 

8. Serok

Istilah serok dalam cryptocurrency kerap disebut, ketika trader membeli kripto dalam jumlah banyak ketika indeks harga menurun. 

Sudah tahu istilah dalam crypto, bukan. Semoga Anda tambah bersemangat dalam trading aset kripto. 

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer