Beranda7 Jenis Tanaman Herbal Bermanfaat untuk Kesehatan

7 Jenis Tanaman Herbal Bermanfaat untuk Kesehatan

7 Jenis Tanaman Herbal Bermanfaat untuk Kesehatan- Kesehatan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Memiliki tubuh sehat membuat seseorang dapat melakukan aktivitas yang di inginkan. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjaga pola tidur, olahraga teratur, menjaga pola makan dan lain sebagainya.

Namun bagi Anda yang mudah terserang penyakit, seperti demam, flu, dan penyakit lainnya. Solusi tepat yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah menggunakan tanaman herbal sebagai obat alami.

Baca juga: Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan dan Rambut

Tanaman herbal merupakan salah satu jenis tanaman yang terdiri dari tumbuhannya seperti batang, buah, daun, akar-akar, dan umbi-umbian. Tanaman ini digunakan sebagai obat herbal, atau bahan untuk pembuatan obat.

Tidak sedikit orang yang menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan penyakit. Selain tanpa adanya efek samping, menggunakan obat herbal juga dilakukan dengan mudah. Adapun jenis tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, sebagai berikut :

Apa Saja jenis Tanaman Herbal?

Kunyit

Jenis tanaman herbal pertama yang berguna untuk kesehatan adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan oleh seseorang sebagai bahan masakan. Kunyit sendiri adalah tanaman yang memiliki warna rona jingga dan dipercaya memiliki khasiat antikanker. Ini berfungsi untuk mencegah mutasi DNA. Kegunaan lain dari kunyit adalah meredakan rasa ketidaknyamanan pada tubuh.

Jahe

Jenis tanaman herbal selanjutnya yang bermanfaat untuk kesehatan adalah Jahe. Tanaman jenis ini juga populer dikalangan masyarakat. Selain digunakan sebagai bahan masakan, jahe juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu.

Jahe dikenal sebagai tanaman yang sama seperti kunyit, sama – sama tumbuhan rimpang yang tumbuh di bawah tanah. Tanaman jenis ini memiliki kandungan berbagai senyawa yang sangat bermanfaat dan baik bagi tubuh.

Baca juga: Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan pada jahe berfungsi untuk mengobati berbagai penyakit seperti mual, pilek, migrain, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, peneliti mengatakan bahwa akar ini dapat mengurangi risiko pembentukan gumpalan darah. Sehingga bisa dipercaya bahwa jahe adalah tanaman yang berguna untuk mengatasi penyakit secara alami.

Biji rami

Biji rami juga dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat baik untuk kesehatan. Biji rami itu sendiri adalah bahan yang tersedia sebagai minyak, dimana biji rami lebih aman di bandingkan dengan suplemen makanan lainnya.

Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang berperan untuk membantu mencegah kanker usus besar. Kemampuan lain yang dimiliki oleh biji rami adalah menurunkan tekanan darah. Bisa dikatakan bahwa dengan mengkonsumsi biji rami juga dapat membantu mengurangi obesitas.

Temulawak

Tanaman herbal selanjutnya yang juga dikenal sebagai obat manjur adalah Temulawak. Temulawak adalah jenis tumbuhan obat yang berasal dari Negara Indonesia, khususnya dipulau jawa dan menyebar ke wilayah – wilayah lainnya. Mengapa Temulawak disebut dengan obat manjur?

Telah ditemukan oleh para ahli bahwa terdapat kandungan pada temulawak, seperti lemak, protein, kalium, kalsium, serat dan karbohidrat. Dari kandungan tersebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut adalah mengatasi kanker, kolestrol, peradangan, meningkatkan nafsu makan, menatasi maag dan memperlancar pencernaan.

Mengatasi penyakit menggunakan Temulawak bisa dilakukan dengan cara menjadikan Temulawak sebagai meinuman. Caranya adalah Anda bisa merebus temulawak mencampurkannya dengan beberapa bahan alami seperti kunyit asam, sereh bidara, dan masih banyak lainnya.

Bunga Kamomil

Kamomil merupakan salah satu bunga yang dikenal sebagai tanaman herbal. Tidak sedikit orang yang menyukai jenis tanaman ini. Selain memiliki warna yang cantik, bunga ini juga digunakan sebagai ramuan atau obat.

Telah ditemukan oleh seorang peneliti bahwa chamomile memiliki senyawa aktif yang berperan untuk mengobati beragam penyakit yang menyerang pada tubuh. Seperti gangguan emosional, sakit diare, dan terjadinya kram yang berhubungan dengan sindrom pramenstruasi (PMS), serta rasa nyeri yang terkait dengan osteoartritis.

Apakah Manfaat dari Esensial Levender untuk Tubuh?

Esensi Lavender

Selain Kamomil, terdapat pula tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu tanaman tersebut adalah Esensial Lavender. Penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli menegaskan bahwa lavender dapat memengaruhi suasana hati dan kinerja kognitif secara langsung. 

Kemungkinan besar telah direkomendasikan agar Anda menggunakan minyak esensial lavender pada saat mengalami kecemasan. Bunga lavender dengan warna ungu aromatik ini memiliki posisi yang cukup kuat, sehingga berfokus pada kemampuan anti-kecemasannya. Mengatasi kecemasan dengan menggunakan Esensial Lavender dilakukan dengan cara mengencerkan minya, lalu oleskan ke kulit.

Bunga Echinacea

Echinacea merupakan tanaman herbal ke enam yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Echinacea adalah bunga cantik yang juga disukai oleh banyak orang. Bunga jenis ini juga digunakan sebagai obat dalam bentuk minuman seperti teh dan jus.

Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh bunga Echinacea ini, salah satunya adalah gejala flu. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari bunga ini adalah mencegah kanker, meningkatkan kekuatan sistem imun, obat anti peradangan, meredakan nyeri dan masih banyak manfaat lainnya.

Ekstrak Biji anggur

Tanaman lain yang dikenal sebagai tanaman herbal adalah Ekstrak Biji anggur. Biji anggur dikenal sebagai tanaman herbal yang diperkaya dengan antioksidan, termasuk kandungan antosianin,  oligomeric proanthocyanidin complex (OPC), asam fenolik, dan flavonoid

Ekstrak biji anggur sangat populer karena dipercaya sebagai salah satu sumber proanthocyanidins dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan kandungan tersebut tanaman ini memiliki manfaat kesehatan yang manjur, salah satunya adalah mengurangi gejala sirkulasi yang buruk di pembuluh darah kaki.

Baca juga: Penyebab Kanker Payudara pada Wanita dan Cara Mencegahnya

Ekstrak biji anggur biasanya tersedia beragam macam varian, seperti berbentuk tablet atau kapsul dan cairan. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak biji anggur secara rutin memiliki dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker di tubuh.

Elderberry

Selain beberapa tanamanan herbal yang sudahdijelaskan di atas, ternyata  Elderberry juga merupakan tanaman berbunga yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan obat. Tanaman Elderberry ini memiliki berbagai jenis kandungan yang sangat baik bagi tubuh.

Beberapa kandungan tersebut adalah vitamin A, vitamin B, Vitamin C, tannin, kalsium, fosfor, flafonoid, dan gula. Tidak heran jika tanaman berbunga ini dikenal sebagai obat tradisional.

Sebab, dengan beragam kandungan yang dimilikinya dapat meredakan berbagai penyakit, seperti flu, infeksi virus, sakit gigi, pilek, sakit kepala, sambelit, dan sakit saraf. Sementara beberapa penelitian juga berpendapat bahwa terdapat pula kandungan pada tanaman elderberry yaitu sifat antioksidan, antivirus, dan antimikroba.

Sehingga tanaman ini di anggap sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan beragam penyakit. Manfaat lain yang bisa diperoleh dari dari Elderberry adalah menjaga kesehatan mata, mengobati penyakit diabetes, memperlancar pencernaan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai 7 jenis tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer