BerandaKuliner6 Makanan Sehat dan Bergizi Serta Khasiatnya Bagi Tubuh

6 Makanan Sehat dan Bergizi Serta Khasiatnya Bagi Tubuh

6 Makanan Sehat dan Bergizi Serta Khasiatnya Bagi Tubuh– Setiap hari, makanan yang Anda konsumsi sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Organ dalam tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik.

makanan sehat
makanan sehat

Dengan demikian, Anda akan dapat beraktivitas dengan lancar tanpa terganggu oleh kondisi tubuh yang tidak fit. Meski demikian, tak sedikit orang yang masih bingung menentukan pilihan makanan sehat dan bergizi serta berkhasiat bagi tubuh.

Baca juga: Jenis Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan

Padahal, masih banyak makanan alternatif yang bisa dikonsumsi bergantian setiap hari. Berikut Ini Merupakan Beberapa contoh makanan yang sehat dan bergizi serta khasiatnya bagi tubuh :

Apa Saja Makanan Sehat dan Bergizi Serta Khasiatnya Bagi Tubuh ?

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki tekstur lembut dan tumbuh di iklim yang hangat. Alpukat disebut sebagai satu-satunya buah yang menyediakan sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

Khasiatnya bagi tubuh yaitu :

  • meningkatkan pencernaan
  • mengurangi risiko depresi
  • Mencegah kanker

Mungkin Anda belum tahu bahwa buah alpukat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular karena kandungan serat yang menyehatkan di dalamnya. Selain itu, makan alpukat juga bermanfaat untuk memenuhi 41% kebutuhan folat harian.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau bercabang dengan kuncup bunga ungu atau lebih umum berwarna hijau. Brokoli merupakan silangan dengan kembang kol, kubis dan kangkung. Sayuran ini dapat dimakan mentah atau dimasak.

Baca juga: Jenis Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan

Sayuran yang kaya nutrisi ini memang menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang nyata. Brokoli mengandung sumber serat dan protein yang baik, dan mengandung zat besi, kalium, kalsium, selenium dan magnesium serta vitamin A, C, E, K dan berbagai vitamin B termasuk asam folat.

Khasiat Brokoli :

  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi brokoli secara teratur da menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dengan mengurangi jumlah kolesterol pada tubuh. Sebuah studi juga menemukan bahwa memperbanyak sayuran dalam makanan, terutama sayuran cruciferous seperti brokoli, dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Baik Untuk Tulang

Vitamin k dalam brokoli juga baik untuk tulang, menjaga tulang tetap sehat, kuat, meningkatkan kepadatan mineral pada tulang, serta mengurangi tingkat patah tulang pada orang yang menderita osteoporosis.

  • Baik Untuk Kesehatan Mata

Brokoli mengandung karotenoid tertentu yang disebut lutein dan zeaxanthin. Dalam sebuah penelitian mengatakan dapat menurunkan risiko gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula dan Rabun senja.

  • Mengurangi Resiko Kanker

Komponen utama brokoli adalah fitokimia yang dikenal sebagai sulforaphane, yang juga memberi sedikit rasa pahit pada brokoli. Penelitian telah menunjukkan bahwa sulforaphane berperan untuk meningkatkan detoksifikasi racun di udara, seperti asap rokok, dan dapat membantu mengurangi resiko kanker tertentu.

Pisang

Pisang merupakan buah yang menjadi pilihan banyak orang, dikarenakan mudah sekali di dapatkan. Selain itu juga rasanya yang enak, bisa dimakan langsung juga bisa diolah dengan berbagai jenis olahan.

Baca juga: Kuliner Khas Jawa Timur Beserta Cara Pembuatannya

Khasiat Pisang :

  • Kaya Nutrisi

Pisang mengandung vitamin, mineral, serat, dan gula. Pisang merupakan buah yang tidak mengandung lemak / kolesterol. Pisang juga kaya akan vitamin B6, folat, vitamin C, magnesium, kalium, dan karbohidrat. Dengan mengkonsumsi satu buah pisang cukup untuk membuat perut kenyang dalam waktu yang lama.

  • Kaya Akan Magnesium & Potasium

Buah ini kaya akan magnesium & potasium, pisang membantu dalam menjaga tekanan darah agar tetap optimal, menjaga jantung terlindungi dan juga meningkatkan kesehatan tulang.

  • Melindungi Lapisan Perut

Pisang dapat melawan pembentukan asam karena memiliki efek antasid dan juga melindungi lapisan perut dari bisul. Pisang juga melindungi perut dari bakteri buruk yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

  • Mengatasi diare

Pisang adalah obat rumahan yang baik untuk penderita diare. Diare dapat membuat tubuh dehidrasi dan menghilangkan beberapa elektrolit penting. Pisang membantu memulihkan nutrisi yang hilang.

  • Membangkitkan Energi

Buah pisang sangat cocok di makan terutama setelah latihan aerobik yang cukup berat. Karena buah ini mengandung gula sederhana yang memberikan energi instan, dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh otot setelah berolahraga.

  • Menyembuhkan penyakit kulit

Lapisan putih di dalam kulit pisang dikenal sebagai obat untuk mengobati psoriasis, jerawat, dan kondisi kulit lainnya. Kulit pisang juga diketahui terbukti memiliki efek dalam mengobati kutil dan luka bakar ringan.

  • Memutihkan gigi

Bagian dalam kulit pisang dipercaya dapat memutihkan gigi kuning secara efektif dan murah. Menggosok perlahan bagian dalam kulit pisang selama kurang lebih 2 menit akan memberikan efek putih dan gigi cerah yang diinginkan.

Tomat

Tomat merupakan buah yang juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Meskipun tumbuh sebagai buah, tetapi umumnya dimakan dan disajikan seperti sayuran. Tomat mengandung vitamin K, vitamin C, Folat, dan kalium. Buah ini biasanya berwarna merah saat matang. Terlebih lagi, ada banyak tomat dengan bentuk dan rasa yang berbeda.

Baca juga: Makanan Termahal di Seluruh Dunia

Apa Saja Khasiat yang Terkandung dalam Buah Tomat ?

Berikut merupakan beberapa khasiat dari buah tomat :

  • Kesehatan jantung

Penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Study menunjukkan bahwa likopen dalam tomat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Tomat juga bermanfaat melawan peradangan dan penanda stres oksidatif.

  • Pencegahan kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali yang menyebar di luar batas normalnya, seringkali menyerang bagian dari tubuh. Studi observasi telah mengemukakan bahwa tomat dapat mencega hterjadinya kanker prostat, paru-paru, dan kanker perut.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa karotenoid yang tinggi dalam buah tomat dapat melindungi dari kanker payudara pada wanita. Sangat dipercaya bahwa buah tomat sangat berperan penting untuk pencegahan kanker.

  • Kesehatan kulit

Tomat dianggap bermanfaat untuk kesehatan kulit . Makanan berbahan dasar tomat yang kaya likopen dan senyawa nabati lainnya dapat melindungi dari sengatan sinar matahari. Mengkonsumsi buah tomat sangat baik untuk kesehatan kulit anda.

Menurut sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi 1,3 ons (40 gram) saus tomat dengan kandungan 16 mg likopen dicampur minyak zaitun, setiap hari selama 10 minggu dapat mengurangi sekitar 40% lebih sedikit luka bakar akibat sinar matahari.

Baca Juga : 13 Jenis Kuliner yang Wajib Dicoba

Yogurt

Yogurt merupakan minuman dengan tekstur setengah padat yang terbuat dari susu yang difermentasi. Yogurt menjadi minuman yang sangat populer di penjuru dunia. Banyak sekali khasiat yang ada dalam yogurt.

Khasiat Yogurt :

  • Menurunkan Berat Badan

Yogurt menjadi solusi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara efektif. Yogurt dianggap sebagai menu sehat yang bisa membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan lemak di dalam tubuh akan diolah menjadi feses, sehingga akan keluar saat buang air besar (BAB).

Yogurt memiliki manfaat untuk mengatasi lemak jahat karenamengandung mineral dan senyawa. Selain itu, yogurt bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga dapat Anda tidak mudah lapar dalam waktu cepat.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Yoghurt rendah gula atau bebas lemak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menemukan bahwa asupan lemak dari produk susu utuh atau fermentasi dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga bermanfaat untuk melindungi jantung.

Yogurt bisa menurunkan risiko penyakit jantung berbahaya dan mencegah stroke. Namun, Anda perlu mengonsumsi yogurt tanpa rasa atau pemanis buatan untuk hasil yang maksimal.

  • Menguatkan Tulang

Tidak kalah dengan susu murni, yogurt juga mengandung kalsium yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang menjadi bagian penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang manusia.  Yogurt mengandung vitamin D dan kalsium yang mampu menjaga kekuatan tulang pada anak-anak, dewasa, serta lansia.

Kedua bahan tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga membantu menjaga kepadatan tulang dan memperkuat tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi yogurt secara rutin dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

  • Mencegah tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi yogurt tidak akan berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Namun, tidak semua kemasan yogurt bisa berfungsi maksimal.

Anda wajib mengonsumsi yogurt yang rendah lemak, karena mengandung kalium yang dapat membersihkan kelebihan natrium dari tubuh. Natrium merupakan mineral yang berperan dalam meningkatkan tekanan darah dan umumnya terdapat pada makanan yang mengandung garam tinggi.

  • Menjaga kesehatan miss v

Yogurt mengandung bakteri Lactobacillus yang dapat membantu menjaga kestabilan pH atau tingkat keasaman di area intim atau vagina wanita. Bakteri probiotik dalam yogurt juga bisa membantu mengurangi resiko infeksi jamur dan bisa pula membunuh jamur. Dan dipercaya dapat mencegah infeksi pada miss v yang biasa dialami wanita yang menderita diabetes.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Orang-orang menjadikan telur sebagai makanan yang paling dibutuhkan dalam sehari-hari. Banyak makanan olahan menggunakan telur. Telur juga bisa diolah dengan berbagai teknik, seperti menggoreng dan merebus. Tak heran jika banyak orang yang menyukai telur.

Baca juga: 13 Jenis Kuliner yang Wajib Dicoba

Khasiat Telur :

  • Bagi Mata

Telur sebenarnya mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan antioksidan yang berperan penting dalam kesehatan mata. Hal ini terutama diperlukan untuk orang yang lebih tua, di mana ada penurunan kemampuan melihat. Telur mengandung antioksidan kuat yang dapat menjaga kesehatan retina mata, sehingga kesehatan mata tetap terjaga meski sudah tua.

  • Bagi Otak

Telur mengandung choline yang merupakan zat yang sangat penting dan biasanya dikelompokkan dalam vitamin B. Kolin dapat membantu menjaga kesehatan otak karena dibutuhkan untuk membangun membran sel dan membantu produksi molekul sinyal di otak.

  • Bagi Otot

Telur mengandung asam amino esensial dalam jumlah yang cukup. Asam amino merupakan senyawa penyusun protein yang sangat diperlukan untuk semua bentuk perkembangan sel yang terjadi di dalam tubuh, baik yang bekerja untuk keperluan struktural maupun fungsional.

Telur mengandung protein yang mana berkhasiat untuk membantu otot bekerja dengan baik dan juga dapat meningkatkan massa otot. Satu telur berukuran besar mengandung 6 gram protein yang terdiri dari asam amino esensial dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer