BerandaFinansial6 Cara Investasi Saham Jangka Panjang

6 Cara Investasi Saham Jangka Panjang

6 Cara Investasi Saham Jangka Panjang Yang Layak Dicoba – Apakah saat ini kamu ingin mencoba berinvestasi saham? Jika iya, strategi apa yang akan kamu lakuikan jika nanti investasi saham jangka Panjang dilakukan? Saham adalah salah satu instrument investasi yang menawarkan hasil besar.

Baca juga: Rekomendasi 4 Investasi Saham Syariah Terbaik

Maka dari itu tak heran jika banyak orang akhirnya memutuskan untuk berinvestasi pada instrument saham. Tapi sayangnya, banyak pemula tidak mengetahui strategi apa yang harus diterapkan saat berinvestasi saham.

Maka dari itu, simak cara investasi saham berikut ini yang bisa dilakukan dalam jangka Panjang.

Cara Investasi Saham Jangka Panjang

1. Value Investing

Cara pertama untuk kamu yang ingin berinvestasi saham dalam jangka panjang adalah value investing. Cara ini dilakukan dengan membeli saham sesuai perhitungan nilai wajar sebuah saham yang dibandingkan dengan harga yang diperdangkan melalui pasar.

Apabila harga sama lebih rendah dibanding nilai wajarnya, maka investor akan membeli saham tersebut. Cara ini bisa diibaratkan dengan orang-orang yang membeli pakaian di musim panas tapi pakaian yang dibeli adalah untuk musim dingin.

2. Growth Investing

Selain value investing, cara investasi saham jangka panjang selanjutnya adalah growth investing. Jadi untuk cara yang satu ini, strategi investasi dilakukan di saham yang pertumbuhan labarnya sangat cepat.

Baca juga: Panduan Lengkap Investasi Saham untuk Pemula

Biasanya growth investor akan membeli saham dengan prospek laba yang bagus. Jadi jika ada perusahaan yang konsisten dalam mencatat peningkatan labanya, maka growth investor akan tertarik untuk membeli saham di perusahaan tersebut.

3. Income Investing

Strategi ketiga untuk kamu yang ingin melakukan investasi saham dalam jangka panjang adalah income investing. Untuk cara satu ini biasanya investor lebih tertarik dengan keuntungan yang sifatnya cashflow dibandingkan capital gain.

Dan investasi saham dengan tipe ini sangat cocok untuk investor yang memerlukan uang dengan cara bertahap misalnya uang pensiun dimana para investor akan hidup dari uang dividen.

4. Random Walk Investing

Random Walk Investing merupakan sebuah teori yang mengatakan bahwa harga pasar saham akan berevolusi dengan acak tanpa bisa diprediksi. Ini didasarkan atas asumsi dimana pergerakan saham selalu efisien di pasar modal.

Investor yang tertarik menggunakan strategi ini akan menganggap jika harga saham akan bergerak apabila ada informasi baru terkait perubahan fundamental dalam sebuah perusahaan.

Baca juga: Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik 2021

Informasi ini biasanya datang dengan system acak dan membuat harga saham berubah dan bergerak secara acak. Oleh seba itu, sepertinya akan menjadi sebuah hal yang sia-sia apabila memprediksi atau meramal harga saham.

5. Dollar Cost Averaging

Untuk strategi investasi saham jangka panjang yang kelima ada Dollar Cost Averaging. Jadi dalam strategi ini, investor harus berinvestasi secara rutin misalnya di setiap bulannya dengan jumlah yang sama tanpa perduli dengan harga sahamnya.

Jika kamu menerapkan strategi ini, artinya kamu harus menanamkan uang dalam jumlah yang sama dan teratur. Strategi ini cukup

menguntungkan sebab investor dapat membeli saham dengan jumlah lebih sedikit ketika harga naik dan membeli banyak ketika harga turun.

6. Diversification Among Stocks

Dan strategi terakhir yang bisa diterapkan apabila ingin melakukan investasi saham jangka panjang adalah diversification among stocks. Jadi perlu diketahui untuk strategi ini bisa diunakan guna mengurangi risiko dalam berinvestasi.

Baca juga: Tips Investasi Bibit untuk Pemula, Cepet Dapat Cuan

Investor dapat mengurangi risiko tanpa harus mengorbankan banyak peluang misalnya dengan melakukan investasi di berbagai saham. Jadi strategi ini dapat diistilahkan dengan jangan meletakkan semua telur di satu keranjang yang sama.

Daftar AJAIB Investasi DISINI

ajaib investasi
Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer