Beranda5 Cara Memilih Dompet Bitcoin Aman Terpercaya

5 Cara Memilih Dompet Bitcoin Aman Terpercaya

Ada banyak cara menyimpan cryptocurrency, salah satunya menggunakan dompet digital. Namun sudahkah Anda tahu, cara memilih dompet bitcoin aman dan terpercaya?

Aset kripto yang telah dibeli perlu disimpan sebaik mungkin, agar menghasilkan keuntungan di masa mendatang.

Apabila alamat cryptocurrency dan kunci pribadi alias private key hilang, maka cuan yang dihasilkan Bitcoin tidak dapat Anda akses. 

Kasus semacam ini rentan terjadi, seperti yang menimpa Programmer asal Jerman. Stefan Thomas mengalami kerugian mencapai 3,1 triliun karena kehilangan private key. 

Oleh karena itu, demi menjaga keamanan kripto, Anda dapat menggunakan jasa dari pihak lain. Cek tips memilih dompet digital terbaik, di sini.

Bagaimana Cara Memilih Dompet Digital untuk Kripto ?

Sebagian pemilik kripto kerap menyimpan alamat dan kunci pribadi menggunakan cara konvensional.

Kode khusus dicetak di kertas lalu diletakkan di dalam kotak deposit, agar aman. Namun, cara konvensional memiliki kekurangan pada saat transaksi. 

Anda perlu mengeluarkan kertas berisi private key untuk bertransaksi menggunakan bitcoin.

Alternatif lain yang bisa dipilih yaitu menyimpan di dompet digital. Memilih dompet untuk aset kripto perlu mempertimbangkan segala aspek.

1. Pertimbangan Keamanan Wallet

Keamanan dompet digital jadi pertimbangan utama, sebelum Anda memasukkan kripto dan kode private key. Dompet digital termasuk jenis hot wallet yang selalu terhubung dengan smartphone, internet, dan laptop. 

Tentu saja, tanpa keamanan tingkat tinggi, kode dapat diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan kerugian besar. 

2. Layanan Pengguna

Perusahaan penyedia dompet digital yang baik, memfasilitasi pengguna dengan layanan konsultasi atau customer care.

Jika dalam masa penggunaan terjadi masalah, Anda dapat menghubungi pihak perusahaan. Baik melalui telepon, email, faximile, dan situs tertentu.

3. Fasilitas Pencadangan

Risiko lupa sandi dapat dialami oleh siapapun. Ada baiknya, penyedia layanan bitcoin wallet menghadirkan fitur backup atau pencadangan.

Jika Anda ingin mengakses dompet digital tetapi lupa private key, maka bisa menggunakan sandi lain untuk membantu memulihkan. 

4. Pertimbangkan Teknologi yang Digunakan

Teknologi memadai sangat berperan penting, menjaga keamanan aset kripto dan kunci pribadi yang disimpan.

Perusahaan dengan teknologi terbatas bahkan minim rentan mengalami kendala sehingga merugikan pengguna di masa mendatang.

Oleh karena itu, pertimbangkan background perusahaan melalui ulasan pengguna. 

Anda dapat melihat respon pengguna, setelah menggunakan bitcoin wallet. Ulasan mengandung respon positif jadi pertanda bahwa pengguna merasakan kepuasan saat menggunakan layanan yang diberikan. 

5. Menyediakan Berbagai Pilihan Transaksi

Kehadiran dompet digital harus membantu pemilik mata uang kripto saat bertransaksi. Demi mendapatkan keuntungan, Anda perlu cepat melakukan transaksi. 

Sebaliknya, jika dompet digital hanya menyediakan satu pilihan transaksi dan bermasalah, maka Anda akan kehilangan momentum mendapatkan harga sesuai.

Apa Saja Jenis-Jenis Dompet Bitcoin ?

Dompet bitcoin akan mengakses kunci publik dan privat milik Anda untuk membantu transaksi.

Jenis dompet juga bervariasi, jadi memudahkan pengguna memilih mana paling sesuai kebutuhan. Berikut deretan jenis dan cara kerjanya. 

  1. Hot Wallet adalah dompet yang terhubung dengan perangkat internet. Penggunaannya sangat cepat untuk memproses transaksi pengguna karena selalu online. 
  2. Cold wallet merupakan cara penyimpanan kode privat menggunakan kertas yang disimpan di dalam kotak deposit.
  3. Dompet seluler dirancang dalam bentuk aplikasi smartphone.
  4. Desktop wallet khusus untuk Anda yang sering bertransaksi kripto melalui komputer atau laptop pribadi. 

Itulah deretan tips, mengenai cara memilih dompet bitcoin untuk menyimpan aset kripto hingga private key. Perlindungan terhadap aset kripto jadi salah satu upaya meraih keuntungan di masa mendatang. 

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer