BerandaKuliner13 Jenis Kuliner yang Wajib Dicoba

13 Jenis Kuliner yang Wajib Dicoba

Setiap negara memiliki keragaman budaya yang berbeda-beda dengan ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan jenis makanan di suatu negara, dimana masing-masing negara memiliki cita rasa yang unik.

Bahkan tak jarang beberapa makanan tersebut sukses mendunia karena memiliki rasa yang enak dan unik. Di Indonesia, selain dikenal memiliki kekayaan keanekaragaman budaya, juga sering disebut sebagai surganya kuliner. Berbagai macam menu olahan makanan Indonesia tersedia di nusantara ini.

Baca juga: Es Campur Pak Bejo

Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa makanan khas Indonesia sudah terkenal hingga mancanegara karena rasanya yang enak dan menggugah selera. Berbagai macam makanan khas Indonesia masih bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini kami bagikan beberapa rekomendasi wisata kuliner yang wajib anda coba :

Apa Saja Jenis Kuliner yang Bisa Dicoba?

Soto Kesawan

Wisata kuliner yang satu ini sangatlah terkenal, yaitu soto kesawan. Kuliner ini berasal dari kota Medan. Soto jenis ini berbeda dengan sajian Soto Kuah pada yang umumnya.

Baca jga: Kenikmatan Brownies Honabelle yang Fenomenal

Soto Kesawan memiliki cita rasa yang gurih lengkap dengan tambahan udang di dalamnya. Udang yang biasa digunakan adalah udang galah yang ukurannya cukup besar. Dalam penyajiannya biasanya udang digoreng dulu baru dimasukkan ke dalam sop.

Mie Gomak

Buat kalian yang berasal dari kota medan pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan seperti mie gomak, sajian mie khas Medan yang bentuknya seperti mie berukuran besar dan biasanya disajikan dengan sambal lontong atau dengan sambal kacang.

Bihun Bebek

Kuliner satu ini hanya bisa anda temui di Medan. Yang unik dari sajian ini adalah kuahnya yang berasal dari kuah daging dan tulang bebek. Dilengkapi dengan irisan bebek rebus,bawang putih cincang, sawi dan bihun, bihun bebek merupakan pilihan yang cocok untuk sarapan yang mengenyangkan.

Lontong Balap

Kota Surabaya memiliki banyak kuliner legendaris yang wajib dicoba. Salah satu yang menjadi andalan adalah Lontong balap. Lontong balap ini terdiri dari makanan seperti lontong, tauge, lentho, tahu goreng, bawang goreng, kecap, dan sambal.

Nasi Tutug Oncom

Bandung terkenal dengan kuliner tradisional hingga modern yang merupakan hasil kreatifitas masyarakatnya. Misalnya nasi tutug oncom yaitu nasi olahan yang dibakar dengan bumbu oncom dan disajikan dengan lalapan, sambal, dan ayam goreng.

Rendang

Rendang adalah salah satu makanan nusantara terpopuler di dunia. Sedangkan makanan jenis ini berasal dari tanah Minangkabau yang dinobatkan sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia.

Baca juga: Burger Mbah Dinar, Burger Fenomenal di Jogja

Sedangkan rendang dihasilkan dari proses pemasakan dengan suhu rendah dalam waktu lama. Bumbu utama yang digunakan dalam memasak rendang antara lain daging sapi, santan, cabai, dan rempah-rempah. Makanan jenis ini memiliki rasa yang gurih dan enak membuat makanan ini masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia.

Nasi Goreng

Makanan nusantara yang beberapa kali tercatat sebagai makanan terlezat di dunia adalah nasi goreng. Makanan berbahan dasar nasi yang digoreng dengan tambahan berbagai bumbu ini memiliki rasa yang sangat enak.

Secara umum, nasi goreng biasanya dimasak dengan berbagai macam bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, asam jawa, kecap manis, dan bumbu pelengkap lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, nasi goreng memiliki rasa yang semakin banyak, antara lain nasi goreng ayam, ikan asin, telur, dan banyak lagi varian rasa lainnya.

Baca juga: Roti Gembong Gembul, Roti Berbagai Varian Rasa Nikmat

Selain itu, nasi goreng juga sering disebut sebagai makanan nusantara sejati. Pasalnya, nasi goreng dibuat dengan cara yang sederhana, sehingga bisa dinikmati semua kalangan. Nasi goreng kini juga banyak ditemui di berbagai tempat, seperti warung, penjual kaki lima pinggir jalan, hingga restoran.

Semur

Menu makanan nusantara yang tidak boleh dilewatkan adalah semur. Makanan berbahan dasar daging dengan kuah coklat ini sering kita jumpai saat lebaran. Rasanya yang gurih dan enak membuat makanan nusantara ini sangat digemari masyarakat. Seringkali semur disajikan dengan ketupat atau nasi hangat. Dengan campuran tahu, tempe, dan telur membuat semur semakin nikmat.

Bagaimana Cara Membuat Ayam Opor?

Opor Ayam

Makanan nusantara yang memiliki rasa yang enak adalah opor ayam. Jenis makanan ini terbuat dari bahan ayam yang diolah menggunakan santan ini sangat populer di Indonesia. Biasanya opor ayam disajikan dengan ketupat dan berbagai jenis sayuran.

Baca juga: 6 Makanan Sehat dan Bergizi Serta Khasiatnya Bagi Tubuh

Cara membuat opor ayam cukup mudah yaitu dengan merebusnya dengan bumbu santan. Setelah itu tambahkan menggunakan bumbu lain seperti kencur dan serai. Rasanya yang gurih dan enak membuat opor ayam sering disajikan saat lebaran.

Gudeg

Makanan nusantara yang tidak kalah enak yang wajib dicoba selanjutnya adalah yang hangat. Sedangkan makanan jenis ini adalah salah satu jenis kuliner tradisional dari yogyakarta yang cukup populer di indonesia.

Gudeg dikenal sebagai makanan yang memiliki rasa yang manis dan gurih. Sehingga membuat makanan legendaris ini sangat digemari semua kalangan. Selain memiliki rasa yang enak, harga seporsi warm juga cukup terjangkau.

Baca juga: Jenis Kuliner yang Paling Banyak Diminati di Indonesia

Bahan dasar membuat hangat umumnya menggunakan nangka muda. Meski begitu, saat ini banyak ditemukan gudeg dengan bahan dasar lainnya, seperti manggar, buah salak hingga jamur. Pada saat penyajian biasanya hangat dilengkapi dengan ayam, telur, dan nasi putih.

Nasi Pecel

Nasi pecel merupakan makanan khas nusantara yang masih eksis hingga saat ini. Makanan dengan bahan dasar daun urap dicampur sambal kacang, umumnya disajikan dengan lauk pauk yang bermacam-macam.

Baca juga: Makanan Termahal di Seluruh Dunia

Seperti tempe, tahu, telur goreng, sate telur puyuh, dan ayam goreng. Rasanya yang gurih dan manis membuat sego pecel digemari semua kalangan. Makanan nusantara ini mudah ditemukan. Di berbagai daerah.

Pempek

Salah satu makanan yang menggugah selera nusantara adalah pempek. Makanan berbahan dasar ikan, tepung, dan sagu ini biasanya disajikan dengan cuka kental yang enak dan menggugah selera. Sedangkan makanan jenis ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah Sumatera Selatan.

Seiring berjalannya waktu, kini kita bisa menemukan berbagai jenis dan variasi pempek, seperti pempek lenjer, pempek kapal selam, dan lain sebagainya. Jika Anda berkunjung ke Palembang, Anda harus meluangkan waktu untuk menikmati kelezatan yang istimewa ini.

Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan salah satu makanan nusantara yang sangat digemari masyarakat. Nasi kuning terbuat dari bahan nasi putih yang diolah menggunakan bahan alami yaitu kunyit, menjadikan nasi kuning memiliki cita rasa yang enak dan digemari semua kalangan.

Secara umum, nasi kuning digunakan sebagai tumpeng pada acara-acara tertentu. Seperti acara pernikahan, ulang tahun, peresmian, dan lain sebagainya. Kuliner yang satu ini juga sering disajikan dengan beberapa topping, sambal, ketimun, tomat, telur, dan tempe. Beberapa topping ini cocok untuk dikonsumsi bersama nasi kuning. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer